Digilife

5 Tips Amankan Akun ShopeePay, Cegah Aksi Penipuan Online

  • 22 October 2021
  • Bagikan :
    5 Tips Amankan Akun ShopeePay, Cegah Aksi Penipuan Online

    Foto: Dok. Shopee

    Uzone.id - Penggunaan transaksi digital saat ini terus mengalami peningkatan. Beberapa dampak positif dari penggunaan fintech saat ini diantaranya pembayaran yang lebih aman, dapat meningkatkan produktivitas karena dilakukan secara mudah.

    Sisi positif lainnya adalah mempercepat inklusi keuangan sehingga banyak masyarakat memiliki akses pada layanan keuangan yang formal dan aman. Fintech juga dinilai dapat membantu para pelaku usaha untuk mendapat akses terhadap permodalan.

    Namun di saat  yang bersamaan, kejahatan siber juga mengancam para pengguna platform keuangan digital. Tak sedikit kasus penipuan online menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi pengguna.

    Baca juga: 6 Fakta RBT di Indonesia, Booming, Mati Suri lalu Perlahan Bangkit

    ShopeePay, sebagai salah satu platform pembayaran digital yang semakin sering digunakan masyarakat Indonesia saat ini memberikan telah memberikan sistem keamanan yang mampu meminimalisir kejahatan siber.

    Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Kamis (21/10/2021) mengatakan jika ShopeePay telah dilengkapi dengan sistem keamanan standar tinggi, seperti CS Siaga 24 Jam, Registrasi Otomatis, Tim Anti-Fraud, dan Face-Recognition.

    Selain itu, Eka juga memberikan 5 tips aman saat menggunakan ShopeePay, berikut diantaranya.

    Background Checking

    Setiap ada nomor yang menghubungi dan meminta data terkait akun keuangan, alangkah baiknya untuk melakukan background checking terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kontak tersebut merupakan nomor resmi ShopeePay atau bukan. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Get Contact dan TrueCaller.

    Gunakan password yang kuat dan jangan dibagikan

    Agar data akun ShopeePay aman dan susah dibobol oknum tak bertanggung jawab, gunakan kombinasi password yang kuat. Jangan menggunakan angka yang berurutan, angka yang sama, atau angka yang mudah ditebak seperti misalnya tanggal lahir.

    Setelah itu, pastikan hanya kalian yang mengetahui password akun tersebut, atau orang yang kalian percaya.

    Ganti PIN & Password secara berkala

    Mengganti pin dan password akun ShopeePay secara berkala bisa meningkatkan keamanan akun pengguna sehingga data-data akun tersebut pun ikut diperbarui. Jangan lupa bedakan PIN ShopeePay dengan password Shopee kalian.

    Jangan bagikan kode OTP
    Kebocoran kode OTP akan menyebabkan akun pengguna diambil alih orang lain, jadi pastikan kode tersebut tidak dibagikan dan menjadi rahasia kalian. Kode ini juga tidak boleh dibagikan kepada pihak-pihak yang mengaku dari Shopee.

    Aktifkan Fingerprint/Face Recognition

    Langkah terakhir, akun kalian akan lebih aman jika mengaktifkan sistem keamanan berlapis. Termasuk fingerprint atau face recognition. Akun kalian hanya bisa diakses oleh pemilik sidik jari atau oleh wajah pemilik. Fitur keamanan ini bisa diakses  melalui tombol pengaturan di halaman ShopeePay kalian.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini