icon-category Health

5 Tips Badan Anti Lesu Saat Puasa

  • 06 May 2019 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Bulan Ramadan yang penuh berkah akan segera tiba. Bagi umat Muslim, puasa di Bulan Ramadan merupakan ibadah yang dinanti setiap tahun. Hanya saja, pola makan saat puasa berubah drastis.

    Perubahan pola makan dalam waktu cukup lama bisa berdampak pada kesehatan tubuh, apalagi kalau menu sahur dan berbuka puasa kurang tepat. Agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat, Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK berbagi beberapa tips.

    Gizi seimbang

    Pilih hidangan sahur dengan komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Makanan yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari.

    Baca juga: Kalau ke Padang, Kunjungi 5 Wisata Alam Ini Deh

    Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama puasa. Komponen makanan yang seimbang juga dapat mengoptimalkan kondisi  tubuh yang terdiri dari; 50%-60% karbohidrat, 15%-20% protein dan 20%-25% lemak.

    Cukupi kebutuhan cairan

    Cukupi kebutuhan cairan dan zat besi saat sahur dapat membantu distribusi oksigen tetap terjaga selama berpuasa, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, tidak mudah lemas dan mudah mengantuk. Penuhi kebutuhan cairan dua liter per harinya.

    Hindari gorengan

    Untuk mengurangi rasa haus, hindari gorengan dan hidangan yang mengandung banyak garam. Makanan yang digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung.

    Baca juga: 4 Hal yang Bikin Turis Jatuh Cinta pada Shibuya

    Hindari makanan manis

    Hindari konsumsi makanan manis yg berasaal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur, karena akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh sehingga mudah menyebabkan rasa lapar. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, maka pilihlah makanan

    manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti seperti sayur, buah dan umbi-umbian.

    Tetap olahraga

    Biasakan untuk berolahraga selama puasa. Latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas lebih rendah akan membantu kebugaran tubuh selama Ramadan.

    Tags : puasa lesu bulan Ramadan 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini