Digilife

5 Tips 'Kabur' Sejenak dari WhatsApp Selama Cuti Liburan

  • 28 December 2021
  • Bagikan :
    5 Tips 'Kabur' Sejenak dari WhatsApp Selama Cuti Liburan Ilustrasi foto: Dimitri Karastelev/Unsplash

    Uzone.id - Cuti akhir tahun menjadi waktu bagi para pekerja untuk keluar sejenak dari sibuknya pekerjaan. Maka tak heran jika pekerja tidak ingin berhubungan dengan pesan yang berkaitan dengan urusan kantor.

    Tapi, meski sedang cuti, grup kantor atau rekan kerja di WhatsApp kadang ngeyel ingin menghubungi kalian soal urusan pekerjaan. Meski bisa dengan cara mengabaikan pesan mereka, tapi ada notifikasi pesan soal kerjaan saja sering bikin kesal.

    Apalagi WhatsApp, kalian tahu sendiri, aplikasi ini menjadi pusat dari segala pusat komunikasi dan koordinasi berbau kerjaan. Dikit-dikit WhatsApp, baik itu chat pribadi dan di grup, maupun panggilan suara atau video call sekalipun.

    Baca juga: Cara Balas Email Otomatis Pas Cuti Tahun Baru

    Nah, beberapa tips ini sepertinya perlu dilakukan agar teman kantor gak menghubungi kalian di WhatsApp soal pekerjaan di saat cuti.

    Pasang Foto Profil ‘SEDANG CUTI’

    Cara ini cukup ampuh ‘mengingatkan’ orang-orang agar mengurungkan niatnya ketika ingin mengirim pesan soal kantor.

    Cukup pasang foto profil dengan tulisan ‘CUTI’ atau ‘Day Off’ atau lainnya, kalian sudah memberikan peringatan kepada rekan kerja untuk tidak menghubungi kalian terkait urusan pekerjaan.

    SAYA SEDANG CUTI (2)

    Bikin Status ‘Sedang Cuti’ Setiap Hari

    Mungkin tak semua orang sering melihat foto profil di WhatsApp karena sudah ada nama kontak sebagai identitas, tapi kebanyakan pengguna sering melihat status orang lain di WhatsApp.

    Cara ini bisa kalian lakukan untuk mengingatkan rekan kerja bahwa kalian sedang menikmati masa-masa cuti.

    Selama periode cuti, kalian bisa membuat status di WhatsApp yang berisi informasi bahwa kalian cuti dan tak ingin diganggu oleh urusan pekerjaan dari hari pertama hingga hari terakhir cuti.

    Baca juga: WhatsApp Sediakan Fitur Preview Pesan Suara, Begini Caranya

    Agar terlihat oleh semua kontak, pastikan kalian mengubah dulu Privasi Status menjadi Kontak Saya. kalian bisa membuat status ini di pagi hari pada waktu masuk kerja.

    Kirim pesan broadcast

    Sebelum rekan kantor mengirim kalian pesan terkait urusan kantor, kalian bisa lebih dulu mengirim pesan ke mereka bahwa kalian sedang cuti.

    Tak perlu mengirim pesan satu persatu, cukup menggunakan fitur Pesan Siaran/Broadcast, kalian bisa mengirim satu pesan ke kontak tertentu secara bersamaan dan memberi tahu mereka bahwa kalian sedang cuti bekerja.

    Mute dan matikan notifikasi WhatsApp

    Selanjutnya, kalian bisa membisukan notifikasi grup pekerjaan atau rekan kerja yang lain dengan menggunakan fitur ‘Mute’ untuk 8 jam, satu minggu hingga selamanya.

    Atau kalian bisa membisukan notifikasi WhatsApp secara keseluruhan dengan membuka Pengaturan, kemudian ke Aplikasi, buka Daftar Aplikasi, pilih WhatsApp, lalu klik Notifikasi lalu nonaktifkan semua pemberitahuan.

    Uninstall aplikasi

    Ini adalah cara paling akhir kalau kalian benar-benar ingin terbebas dari dunia per-WhatsApp-an. Agak ekstrem memang, tapi kalau niat banget terhindar dari orang-orang yang sering 'mengganggu' di WhatsApp, opsi ini sangat mungkin dilakukan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini