icon-category Travel

5 Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas di Atas Kapal Pesiar

  • 07 Aug 2018 WIB
  • Bagikan :

    Bagi sebagian orang mendapatkan tidur nyenyak, apalagi ketika berwisata menjadi hal yang sulit. Banyaknya tempat yang ingin dikunjungi, hingga sedikitnya waktu untuk beristirahat menjadi beberapa alasan seseorang kesulitan tidur ketika berwisata.

    Apalagi saat wisata menggunakan kapal pesiar. Banyaknya hiburan yang didapatkan ketika berada di dalam kapal pesiar membuat orang-orang seolah tak mau memejamkan mata mereka.

    Hal ini pun diamini oleh Dr. Michael Breus, Ph.D., psikologi klinis yang juga adalah lulusan dari American Board of Sleep serta bagian dari American Academy of Sleep Medicine. Ia mengungkapkan bahwa liburan membuat orang-orang sulit untuk tidur.

    "Bahkan saat liburan pun orang Indonesia kesulitan untuk tidur dengan nyaman," ujar Dr. Michael, ketika ditemui kumparanTRAVEL di Aston Kuningan Suites, Jakarta, Selasa (7/8).

    Meskipun demikian, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, Dr. Michael memberikan tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, apalagi ketika berwisata di atas kapal pesiar. Apa saja?

    1. Kenali Waktu Tidur dan Buat Satu Jadwal Tidur

    Menetapkan jadwal tidur teratur setiap hari adalah hal yang paling penting. Hal ini akan membuatmu bangun pada waktu yang sama setiap hari. Dengan ritme yang teratur, maka tubuh kamu akan mengikuti ritme tersebut, termasuk untuk tidur.

     

    2. Biasakan untuk Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Selama 15 Menit

    Berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari selama 15 menit setiap hari dapat membantu mengatur produksi melatonin atau hormon tidur. 

     

    3. Hindari Kafein Mulai Pukul 14.00

    Mulailah untuk berhenti mengkonsumsi kafein mulai pukul 14.00 untuk tidur lebih nyenyak. Karena kafein memiliki efek sekitar 8 jam, yang berarti tingkatnya berkurang dari waktu ke waktu, tetapi masih aktif dalam sistem tubuh setelahnya.

     

    4. Latihan 20 Menit Setiap Hari

    Kamu tidak perlu berlari marathon, karena cukup melakukan latihan sederhana sehari-hari, seperti berjalan kaki atau berjalan santai pada umumnya. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

     

    5. Bersantai Sebelum Tidur

    Pilihlah kegiatan yang membuat tubuh kamu rileks atau santai, seperti mandi air hangat atau membaca buku agar lebih mudah tertidur. Jika kamu suka membaca, pilihlah buku kertas, karena buku digital memancarkan cahaya yang akan menstimulasi otak sehingga tetap terjaga.

     

    Selamat mencoba!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini