home ×
Talks

5 Tips Mengembangkan Toko Online di E-Commerce

20 November 2020 By
5 Tips Mengembangkan Toko Online di E-Commerce
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Dampak pandemi virus corona (Covid-19) telah menyentuh hampir seluruh sektor industri, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk bisa bertahan dan berkembang, UMKM perlu melakukan transformasi digital.

Setelah mampu beralih dari offline ke online, UMKM perlu mempertahankan dan mengembangkan toko mereka di e-commerce atau platform digital lainnya. Nah, dalam Uzone Talks bertema UMKM Go Digital, Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia menyampaikan beberapa tips mengembangkan toko online. Berikut tipsnya.

Halaman produk yang menarik

Pelaku UMKM perlu memastikan halaman produk mereka tampil menarik. Di platform digital, halaman produk ibarat etalase bagi penjual untuk memajang barang dagangan mereka.

“Kalau di Tokopedia misalnya, baik dari tokonya, deskripsinya, terus dari tampilan pilihan menunya, dan variasinya, itu mesti dipertimbangkan dengan halaman produk yang menarik,” ujar Ekhel.

Layanan pengiriman yang lengkap

Salah satu sisi menarik dari berjualan di platform digital, yaitu layanan pengirimannya sudah lengkap. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dan disesuaikan dengan produk-produk mereka.

"Kalau misalnya produknya tidak tahan lama, akhirnya harus yang instan, bisa disesuaikan,” tutur Ekhel.

Lakukan pemasaran

Pemasaran juga merupakan faktor penting dalam berjualan secara online. Para pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka media sosial, tapi tetap melakukan transaksi di platform digital demi keamanan.

Kemasan produk

“Bagaimanapun juga, kesan pertama yang paling menggoda. Kemasan produk jangan lupa, pastikan yang menarik, itu penting sekali,” ujar Ekhel.

Para pelaku UMKM perlu mengemas produk dengan bagus, rapi dan bisa ditambahkan kartu ucapan atau cerita di balik UMKM itu sendiri.

Pelayanan yang berkesan

Dengan memberikan layanan yang berkesan, para pelaku UMKM bisa mendapatkan umpan balik yang positif dari pelanggan. “Jadi bisa dikasih ulasan yang bagus, secara tidak langsung memupuk reputasi brand itu sendiri di platform online tersebut,” ungkap Ekhel.

VIDEO: Samsung Galaxy M51 vs Vivo V20, Perang HP Rp5 Jutaan!

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article