5 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga - Uzone
home ×
Travel

5 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

25 November 2019 By
5 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga
Share
Share
Share

Ilustrasi (Unsplash)

Momen akhir tahun memang menjadi waktu yang tepat bagi Anda sekeluarga untuk merencanakan liburan. Selain sebagai penyegaran pikiran setelah melewati tahun 2019, momen ini juga bisa dijadikan persiapan untuk menyambut tahun 2020 yang lebih menantang.

Berbeda dengan liburan pada periode lainnya, liburan akhir tahun memerlukan persiapan yang matang. Hal ini dikarenakan periode akhir tahun biasanya menjadi puncak liburan orang-orang kebanyakan sehingga harga-harga pun melonjak dan destinasi-destinasi wisata yang populer bisa dipastikan akan ramai dikunjungi.

Ada beberapa hal yang bisa lakukan agar bujet liburan akhir tahun ini tidak membengkak dan momen menyenangkan pun bisa dirasakan oleh Anda dan sekeluarga. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Rencanakan jauh-jauh hari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, liburan akhir tahun memerlukan persiapan yang matang. Oleh karena itu, ada baiknya rencanakan perjalanan ini dari jauh-jauh hari. Susun rencana ini mulai dari kapan waktu yang tepat untuk berangkat, destinasi yang akan dikunjungi, durasi waktu liburan, sampai berapa besar anggaran yang akan dikeluarkan.

Selain itu, Anda juga harus memesan tiket seawal mungkin. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kenaikan harga tiket pesawat menjelang akhir tahun yang bisa berakibat pada membesarnya bujet liburan. Anda bisa memulainya dengan cek harga tiket pesawat di Traveloka. Manfaatkan juga fitur Price Alerts atau Notifikasi Harga agar bisa mendapatkan penawaran harga terbaik yang bisa didapatkan untuk mencapai destinasi liburan.

  1. Pilih hari yang tepat

Rencana kedua yang perlu dilakukan adalah menentukan kapan waktu berangkat dan durasi liburannya. Hal yang harus diperhatikan adalah tanggal-tanggal yang menjadi puncak liburan. Jika berangkat bersama anggota keluarga yang cukup banyak, sebaiknya hindari tanggal-tanggal tersebut. Tujuannya adalah agar bisa lebih menikmati liburan tanpa harus berdesakan dengan banyak orang di tempat wisata.

Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa mengatur jadwal cuti lebih bijak. Jika jatah sisa cuti masih banyak tentu tidak akan menjadi masalah. Namun, jika jatah cuti Anda terbatas, pilihlah durasi liburan yang lebih banyak tanggal merahnya.

  1. Jelajahi destinasi baru

Liburan adalah saatnya mengenal dan menjelajahi tempat-tempat baru untuk menyegarkan pikiran. Bali memang selalu menjadi ide yang bagus, tapi coba bayangkan ada berapa banyak orang yang memilih Pulau Dewata sebagai tempat untuk liburan akhir tahun?

Cobalah riset sedikit tempat-tempat wisata baru yang belum begitu populer, tapi tetap memiliki daya tarik tersendiri. Masih ada begitu banyak tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga untuk liburan. Ingin sedikit saran? Coba deh kunjungi Banyuwangi akhir tahun nanti dan nikmati keindahan kota yang kaya akan wisata alamnya ini.

  1. Pilih penginapan yang murah

Sebaiknya hindari memesan hotel atau penginapan mewah, kecuali jika memang ingin menikmati fasilitas dan tidur seharian di kamar. Liburan adalah saatnya mengeksplorasi destinasi yang dikunjungi, mulai dari wisata alam, mengenal kebudayaan setempat, mencicipi kuliner lokal dan yang lainnya. Eksplorasi tersebut tidak bisa dirasakan hanya dengan rebahan di bawah selimut seharian.

Pilihlah penginapan dengan harga yang murah, tapi tetap perhatikan kenyamanan dan kebersihannya. Apalagi jika Anda liburan bersama keluarga. Anda juga bisa menyewa vila dan membagi biaya penginapan ini dengan anggota keluarga besar lainnya.

  1. Gunakan uang tunai

Percayalah, pengaturan cash flow akan lebih mudah dilakukan jika melakukan transaksi dengan cara membayar tunai. Anda juga akan lebih bisa mengontrol diri karena bisa melihat bujet yang tersisa kapan saja dan mulai berhitung saat pengeluaran terlalu banyak.

Gunakan kartu debit atau kartu kredit hanya untuk transaksi yang memang benar-benar tidak bisa menggunakan uang tunai sebagai metode pembayarannya.

Itulah lima hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran saat liburan akhir tahun. Menghemat bukan berarti liburan akhir tahun akan biasa-biasa saja tanpa meninggalkan memori yang berarti. Anda tetap bisa menemui hal-hal baru di tempat wisata nanti tanpa harus membuat dompet menipis.

 

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

18 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ly Bae 27 May 2020 | 07:11:44

tips yang sangat bermanfaat dan semoga aku bisa liburan bareng keluarga

Anisa ManaLuu 21 May 2020 | 21:47:51

tips yang sangat bermanfaat dan mudah untuk dilakukan jika ingin pergi liburan

Ly Bae 09 May 2020 | 07:38:59

tips yang sangat tepat terima kasih atas tipsnya.

Miskin aman 19 January 2020 | 14:11:41

tips yang sangat bagus untuk di lakukan nih yah

ALI YUSUF 16 January 2020 | 15:32:17

terima kasih atas tips nya sangat bermanfaat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article