icon-category Digilife

5 Tips Tersembunyi di Zoom, Biar Meeting Makin Lancar

  • 29 Jun 2021 WIB
Bagikan :
5 Tips Tersembunyi di Zoom, Biar Meeting Makin Lancar

Uzone.idPenggunaan video call untuk online meeting ataupun online class terus meningkat akibat pandemi yang terus berlangsung. Zoom menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan sebagai sarana untuk sekolah online maupun work from home.

Untuk itu, baru-baru ini Zoom telah menerapkan serangkaian peningkatan di platformnya agar pengguna semakin nyaman dan tertarik menggunakan aplikasi ini. Berikut beberapa fitur praktis yang mungkin bisa dicoba saat melakukan video call.

Beralih ke tampilan Gallery View

Zoom biasanya akan secara otomatis menampilkan layar pembicara ketika panggilan berisi lebih dari 2 orang. Agar semakin menarik, pengguna bisa beralih ke layar yang menampilkan semua peserta meeting sekaligus.

Tampilan ini bernama Gallery view. Pengguna bisa menggunakannya di aplikasi Zoom di komputer dengan cara arahkan mouse untuk membuka toolbar, kemudian klik tombol View di sudut kanan atas lalu pilih Gallery. Di smartphone, pengguna tinggal menggeser layar dari kiri ke kanan untuk mengubah ke mode Gallery View.

Gallery View ini bisa menampilkan hingga 49 peserta, tapi bisa saja berbeda tergantung pada perangkat yang digunakan. Jika peserta lebih dari 49, biasanya Zoom akan membuat beberapa halaman tampilan peserta.

Melewati Limit Periode 40 Menit

Zoom memberlakukan batasan durasi hingga 40 menit agar para pengguna beralih ke versi premium. Tapi, video call one-on-one tak terpengaruh oleh batasan durasi ini. Jika kalian masih ingin menggunakan video call lebih lama tanpa bayar, kalian bisa membuat jadwal lain, tapi ini agak merepotkan.

Cara lainnya, host meeting bisa mengakhiri meeting dengan menekan End/Akhiri, kemudian Leave Meeting (bukan Leave Meeting for All) saat countdown timer dimulai. Nah pada saat ini, semua peserta dapat bergabung kembali pada meeting ini tanpa membuat link baru dengan cara mengklik link undangan awal, lalu periode 40 menit akan kembali dimulai.

Aktifkan Enkripsi End-to-End

Zoom sekarang memberikan kemampuan untuk melindungi panggilan menggunakan enkripsi End-to-end, enkripsi ini akan mencegah siapapun mengetahui isi percakapan pengguna. Karena fitur ini dinonaktifkan secara default, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Caranya, masuk ke zoom.us dan klik Akun Saya > Pengaturan. Kemudian, scroll ke tulisan “Izinkan penggunaan enkripsi end-to-end” dan klik tombol untuk mengaktifkannya. Di bawah jenis Enkripsi Default, pilih enkripsi End-to-end lalu tekan Simpan.

Kuasai Pintasan Keyboard Zoom

Pengguna sepertinya harus mempelajari beberapa perintah keyboard Zoom agar tak usah menggunakan menu di layar ketika ingin menyelesaikan sesuatu. Berikut adalah beberapa pintasan praktis untuk membantu pengguna ketika menggunakan Zoom.

Rekam panggilan untuk mulai rekaman lokal (yang bisa disimpan di device pengguna) klik Command(⌘)+Shift+R untuk Zoom di Mac, dan Alt+R untuk Windows.

Berbagi Screen dengan peserta lain klik Command(⌘)+Shift+S di Mac, atau Alt+Shift+S di Windows.

Untuk mengirim undangan cepat, pengguna bisa melakukannya dengan cara Command(⌘)+I di Mac, dan klik Alt+I di Windows.

Bisukan audio dengan menekan Command(⌘)+Shift+A di Mac, dan Alt+A di Windows.

Aktifkan atau Nonaktifkan video dapat dilakukan dengan cara klik Command(⌘)+Shift+V  di Mac, dan Alt+V di Windows.

Ubah Background Video

Jika pengguna tidak ingin menampilkan tempat dimana mereka melakukan meeting, pengguna bisa menggunakan latar belakang berbeda sehingga tempat asli tidak diketahui peserta lain. Background bisa diganti dengan warna solid atau gambar kesukaan pengguna.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke portal web Zoom, lalu dari menu navigasi, klik Setting. Setelah itu, di tab Meeting, pilih Virtual Background, kemudian pastikan fitur tersebut diaktifkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini