5 Tips Traveling Aman ke Lampung, Apa Saja?

12 October 2018 by
5 Tips Traveling Aman ke Lampung, Apa Saja?

Lampung kerap kali diasosiasikan sebagai kota yang tidak ramah turis padahal kota tempat bernaungnya Taman Nasional Way Kambas ini punya berbagai destinasi wisata yang menarik.

Bagi kamu yang ingin traveling ke Lampung, ternyata ada beberapa cara, lho, yang bisa kamu lakukan agar senantiasa aman. Rizal (23), pria asal Lampung yang saat ini bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta membocorkan tipsnya. 

Untuk itu, kali ini kumparanTRAVEL telah merangkum lima tips penting agar travelingmu di Lampung semakin menyenangkan. 

Penasaran, simak artikel berikut, ya!

1. Berkata Tegas

Saat traveling di Lampung, biasakan untuk berbicara dengan tegas dan tidak bertele-tele. Walaupun kamu sedang dalam keadaan gugup, jangan sampai dirimu terlihat bingung.

Katakan, "Ya" jika iya, dan "Tidak" saat tidak. Sehingga penduduk setempat mengerti dengan benar yang kamu maksudkan. Menurut cerita Rizal, masyarakat Lampung tidak suka dengan orang yang tidak tegas.

"Jadi misalnya kalau di tempat wisata ditawarin sesuatu atau di pantai ditawarin sewa kapal, kamu bilang iya kalau berminat, dan kalau enggak minat, kamu bisa langsung tolak dari awal," katanya. 

2. Lebih Baik Tidak Pakai Helm

Di beberapa kawasan tertentu, sebaiknya kamu menghindari penggunaan helm saat berkendara menggunakan motor. Cara ini dapat menghindarkan kamu dari niat jahat orang lain, walaupun sebenarnya berbahaya dari segi keselamatan berkendara.

Karena pada umumnya penduduk Lampung hanya menggunakan helm di kawasan jalan nasional untuk menghindari tilang. 

Mengenakan helm sepanjang waktu hanya akan memperlihatkan pada orang banyak bahwa kamu adalah pendatang baru di kota bersemboyan Sai Bumi Ruwa Jurai ini. 

3. Jaga Pandangan dan Tatapan Mata

Masyarakat Lampung juga manusia, mereka memiliki perawakan yang sama dengan masyarakat Indonesia lainnya. Oleh sebab itu, saat traveling jangan pernah memandang mereka secara lekat dari atas ke bawah.

Memandang dengan cara tersebut hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan. Karena pandangan itu memperlihatkan gesture menantang dan tidak suka bagi penduduk Lampung. 

4. 'Mengaku' Punya Saudara di Lampung

Untuk alasan keamanan, apabila kamu ditanyai oleh warga lokal yang tidak dikenal saat traveling, sebaiknya kamu 'mengaku' memiliki saudara di Lampung. Sehingga nantinya kamu tidak sepenuhnya dianggap sebagai pendatang. 

"Sebenarnya tingkat kejahatan, sih, enggak tinggi. Tapi niat jahat ini bisa muncul kalau kamu bukan warga lokal. Biasanya kalau wisatawan, sih, dipalakin duit," tutur Rizal. 

5. Jangan Gunakan Pakaian Minim di Tempat yang Kurang Terkenal

Kamu mungkin sangat senang jika berkunjung ke tempat-tempat yang jarang disambangi orang lain. Apalagi jika destinasi wisata tersebut memiliki panorama indah yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

Jika kamu seorang wanita, pria yang pernah bersekolah di Purwokerto itu menyarankan untuk tidak menggunakan pakaian minim. 

"Kalau ke pantai yang terkenal pakai celana pendek atau baju tank top gitu udah wajar sih di Lampung. Tapi kalau di pantai yang kurang terkenal, jangan, deh. Karena itu biasanya masih sepi dan masih rawan," jelas Rizal lagi. 

Bagaimana, sudah yakin, kan, berpetualang ke Lampung?

Apa Reaksi Anda ?

Love
80%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
10%

Kaget

Sad
10%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
505 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mardi Lestari 15 October 2018 | 18:27:54

artikel yang sangat bermanfaat

onexcel 15 October 2018 | 18:27:51

sangat membantu dalam akan melakukan berlibur

Prabowo Ananta 15 October 2018 | 18:21:14

kok rada aneh ya..yg di recomended tin..

adam Lesmana 15 October 2018 | 18:15:58

lampung banyak begal😢,kasian yang dibegal

Rendy Firmansyah 15 October 2018 | 17:43:08

bahaya juga yah kalau ke lampung gak tau aturannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top