icon-category Film

5 Variety Show Korea Selatan dengan Konsep Tantangan

  • 16 Nov 2018 WIB
Bagikan :

Selain drama Korea, variety show menjadi pilihan tontonan lain, bagi para penikmat tayangan TV Korea. Variety show Korea memang selalu menghadirkan berbagai keseruan, juga gelak tawa yang bisa menghibur para penontonnya.

Di antara banyaknya variety show yang ada, beberapa tayangan mengangkat tema misi yang menantang. Artinya, program-program ini mengharuskan pengisi acaranya menyelesaikan suatu misi atau berkompetisi untuk menjadi pemenang acara.

Dalam story ini, kumparanK-Pop membahas singkat lima variety show Korea dengan tema tantangan. Dipenuhi dengan permainan-permainan seru, acara-acara ini bisa kamu jadikan alternatif tontonan selama akhir pekan, lho.

1. Running Man

Salah satu variety show Korea yang paling tenar, ‘Running Man’, adalah program stasiun televisi SBS yang mengangkat tema tantangan. Dalam acara yang tayang sejak 2010 ini, penonton akan diajak melihat kegigihan sekaligus kekonyolan para MC tetap dan juga bintang tamu acara, dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang ada.

Contoh dari tantangan 'Running Man' yang paling populer adalah permainan sobek name tag. Saat menjalani permainan ini, para pengisi acara diminta untuk menyobek name tag yang tertempel di punggung pengisi acara lainnya, supaya mereka memenangkan permainan.

Meski terdengar simpel, permainan ini tidak mudah. Para pengisi acara sering terlihat adu kekuatan dan juga adu strategi secara kocak supaya bisa menyobek name tag lawannya.

2. Busted

‘Busted’ adalah variety show yang digarap oleh penyedia jasa streaming film dan TV asal Amerika Serikat, Netflix. Acara ini ditayangkan sepanjang sepuluh episode selama pertengahan 2018 dan telah dikonfirmasi akan memiliki musim kedua pada 2019.

Dalam musim pertamanya, ‘Busted’ menghadirkan tujuh orang pengisi acara, yaitu Yoo Jae Suk, Ahn Jae Wook, Lee Kwang Soo, Kim Jong Min, Park Min Young, Sehun EXO, juga Kim Sejeong Gugudan. Ketujuh selebriti itu diminta menjadi ‘detektif’ dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ditentukan oleh tim produksi.

3. 2 Days & 1 Night

Bersama ‘Running Man’, ‘2 Days & 1 Night' termasuk variety show yang sudah lama tayang di Korea Selatan. Sejak mulai disiarkan pada 2007, program milik stasiun TV KBS ini terus mengudara, meski telah mengalami berbagai perubahan.

Dalam acara ‘2 Days & 1 Night', penonton akan dibawa melihat para pengisi acaranya mengunjungi berbagai daerah di Korea Selatan. Tak hanya itu, mereka juga akan ditantang menjalani sederet misi, demi menjadi pemenang dan menghindari hukuman.

Contoh tantangan yang pernah dilakukan para MC ‘2 Days & 1 Night' adalah ‘bok-bul-bok’, sebuah permainan adu peruntungan untuk menentukan nasib para pengisi acara. Misalnya, untuk menentukan siapa yang harus tidur di luar, atau siapa yang harus kena hukuman.

4. Infinite Challenge

Acara variety show Korea besutan MBC, ‘Infinite Challenge’, dikenal sebagai program hiburan yang populer di Korea Selatan. Sejak mulai ditayangkan pada 2006, program ini kerap mendapatkan rating tertinggi di antara program hiburan hari Minggu lainnya. Namun, sejak Maret 2018, program tersebut hiatus dan sedang digodok ulang.

Saat masih ditayangkan, program ini kerap menghadirkan hiburan lewat berbagai tantangan yang harus dilalui para pembawa acara. Salah satunya adalah ‘Infinite Challenge Song Festival’, sebuah tantangan yang diadakan tiap dua tahun sekali.

Dalam acara itu, para pengisi acara akan berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi terkenal demi memenangkan kompetisi. Para penyanyi yang pernah berkolaborasi dalam segmen ini adalah G-Dragon, Taeyang, Hyukoh, IU, juga Zion.T.

5. Master Key

‘Master Key’ adalah variety show Korea garapan SBS yang ditayangkan mulai Oktober 2017 hingga Januari 2018, sepanjang 13 episode. Acara yang mengundang berbagai tamu ini, sempat dibintangi oleh banyak penyanyi idola K-Pop tenar. Misalnya, Baekhyun EXO, Kang Daniel Wanna One, Ong Seungwoo Wanna One, Mingyu Seventeen, juga Eunwoo Astro.

Dalam acara ini, akan ada 12 pemain yang dibagi rata ke dua tim yang berbeda. Setiap pemain akan diberikan sebuah kunci. Namun, hanya 2 di antara 12 orang pemain saja yang memiliki kunci asli. Sepanjang acara, para bintang akan bersaing dalam aneka permainan untuk mendapatkan petunjuk soal siapa sebenarnya orang yang memiliki kunci asli tersebut.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini