icon-category Health

6 Bahan Alami Hilangkan Jerawat Punggung dalam Sekejap

  • 15 Apr 2018 WIB
Bagikan :

Jerawat tak hanya muncul di wajah, tapi juga di punggung. Meski beda tempat, mereka sama-sama mengganggu.

Masalah kulit ini memang sering terjadi pada sebagian wanita dan pria, biasanya karena keringat dan minyak yang berlebihan serta akibat bakteri yang terjebak dipori-pori.

Jerawat punggung tidak muncul tiba-tiba, melainkan ada beberapa faktor, seperti ketidakseimbangan hormon atau makanan yang dikonsumsi.

Nah, untuk menghilangkan musuh di punggung ini, kamu tak bisa samakan dengan jerawat di wajah. Agar lebih mudah, berikut solusi dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

1. Lemon dan Gula

Lemon membantu mengeringkan peradangan pada jerawat, membuka pori-pori yang tersumbat, serta mencerahkan kulit kusam. Kamu cukup pakai potong lemon atau iris dan tutup punggung dengan lemon.

Kemudian, gosok bahu selama 2-3 menit sampai butiran gula larut dengan sempurna. Biarkan lima menit, setelah itu bersihkan.

2. Cuka sari Apel

Campurkan cuka sari apel dan air lalu minum, karena cuka sari apel mengandung asam laktat dan asam malat. Ini membantu mengobati jerawat dipunggung.

3. Oat Meal

Dilansir Boldsky, oatmeal bersifat anti-radang yang efektif membantu menyingkirkan jerawat dengan mengurangi peradangan. Campur 1 sendok makan bubuk oatmeal dan yogurt tawar dengan 1 sedok teh bubuk kunyit.

Pakai ini secara merata biarkan hingga kering, lalu gosok secara memutar selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan lakukan seminggu sekali.

4. Kunyit

Obat kuno ini mampu membunuh bakteri di punggun yang menyebabkan jerawat. Kamu cukup campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit air atau minyak kelapa hingga rata dan biarkan selama satu jam.

Cuci bersih dengan air hangat serta lakukan satu atau dua kali dalam seminggu.

5. Tomat

Buah kaya vitamin dan mineral ini baik untuk kulit dan mengurangi peradangan jerawat. Ambil satu iris tomat kemudian tumbuk dengan mencampur 1 sendok madu, taruh bahan ini selama 15-20 menit seperti masker lalu cuci dengan air.

6. Aloe Vera

Aloe Vera sifatnya astringent dan antijamur sehingga membantu penyembuhan kerutan di bahu lebih cepat. Penggunaannya mudah setelah mandi ambil satu sendok gel lidah buaya, balurkan di bahu.

Tak perlu dicuci atau bisa juga mencampurkan aloe vera dengan air lemon dan satu sendok teh madu. Tunggu selama 15 menit dan cuci dengan air hangat. (eko)

Laporan: Ferra Ferdiana

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : jerawat punggung 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini