icon-category Digilife

6 Fitur WhatsApp yang Wajib Dimanfaatkan Pengguna

  • 19 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Christian Wiediger/Unsplash

    Uzone.id -- Aplikasi pesan instan WhatsApp telah menjelma menjadi aplikasi ‘sejuta umat’ untuk tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat. Saking banyaknya yang pakai, WhatsApp pun tak lepas dari isu keamanan dan privasi yang dapat menentukan kenyamanan si pengguna.

    Ada beberapa rahasia keamanan dalam layanan ini yang perlu diketahui agar pengalaman menggunakan WhatsApp terasa lebih aman dan nyaman. Berikut beberapa tips privasi yang ditawarkan oleh WhatsApp untuk penggunanya.

    Buka akses pakai Face ID atau Touch ID
    Bagi pengguna iOS, salah satu keamanan ganda yang ditawarkan WhatsApp adalah memungkinkan untuk mengatur akses masuk akun WhatsApp menggunakan otentikasi Face ID atau Touch ID. Fitur keamanan ini bahkan bisa digunakan saat perangkat dalam keadaan tak terkunci.

    Caranya, masuk ke Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar > Aktifkan Memerlukan Face ID / Touch ID > Pilih durasi waktu (Segera, setelah satu menit, setelah 15 menit atau setelah satu jam).

    Baca juga: Riset: Link Berbahaya Paling Banyak Dikirim Lewat WhatsApp

    Mematikan fitur Last Seen
    Fitur ‘Last Seen’ atau Terakhir Dilihat memungkinkan pengguna untuk melihat kapan seseorang terakhir kali memeriksa WhatsApp. Tapi, terkadang kalian akan merasa risih dan merasa tidak nyaman apabila seseorang melihat kapan terakhir kali kita membuka aplikasi WhatsApp. Nah, sekarang kalian bisa mematikan fitur tersebut.

    Caranya, masuk ke Pengaturan > Akun > Privasi > Terlihat Terakhir > Beralih ke Tidak Ada.

    Sembunyikan ikon centang biru
    Tanda centang biru seringkali membuat pengguna resah dan berada dalam masalah apabila lupa membalas pesan setelah membukanya.

    Kalian tentunya bisa menonaktifkan centang biru tersebut. Tapi, perlu diperhatikan jika kalian mengaktifkan fitur ini, kalian juga takkan bisa melihat tanda centang biru dari lawan bicara kalian.

    Caranya, masuk ke Pengaturan > Akun > Privasi > Nonaktifkan Tanda Terima Baca (iOS) / Hapus Tanda Terima Dibaca (Android).

    Baca juga: Ngobrol di WhatsApp Gak Perlu Pakai Ponsel Lagi, Emang Bisa?

    Sembunyikan foto profil
    Kalian mungkin tak ingin sembarang orang melihat foto yang kalian pasang di profil kalian, terutama bagi kontak baru ataupun ketika masuk ke grup yang berisi orang-orang tak dikenal. Kalian bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat profil kalian, baik itu hanya orang-orang yang satu kontak, atau orang yang menyimpan nomor kalian.

    Caranya, masuk ke Pengaturan > Akun > Privasi > Foto Profil.

    Hentikan unduhan gambar atau video ke galeri
    Berbagi video atau foto di WhatsApp sering kali membuat galeri foto tercampur, apalagi jika orang-orang sering kali mengirim video atau foto tidak jelas. Di Android sendiri, folder untuk file WhatsApp dibuat secara otomatis, sementara di iOS, folder tersebut langsung masuk ke galeri kamera. Untuk itu, kalian bisa menghentikan file-file tersebut muncul di roll kamera.

    Caranya, masuk ke Pengaturan > Obrolan > Nonaktifkan Simpan ke Rol Kamera.

    Melihat laporan data WhatsApp
    Jika ingin melihat data apa saja yang dikumpulkan dalam WhatsApp terkait penggunanya, kalian bisa melihat bahkan mengunduh data tersebut.

    Caranya, masuk Pengaturan > Akun > Minta Info Akun > Minta Laporan.

    Udah nyobain semua belum?

    VIDEO: Uzone Talks: AI di Indonesia, Ancaman atau Harapan?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini