6 Influencer Ini Sudah Hasilkan Uang Miliaran Rupiah
Thanks to social media... Cukup unggah foto, membuat konten yang menarik, Da booom... seketika kamu pun bisa langsung terkenal! Kuatnya peran media sosial di kehidupan kita mampu memberikan banyak pengaruh di setiap aspek kehidupan baik positif mau negatif bagi pengikutnya.
Mengutip di www.bbc.com, sekitar tiga miliar orang, 40% populasi dunia menggunakan media sosial, dan rata-rata menghabiskan dua jam setiap hari untuk membagikan, menyukai, dan menulis cuitan.
Media sosial pun kini dijadikan paltform sebagai sumber penghasilan terbesar. Kamipun menyebutnya sebagai influencer! Tokoh sosial media pun bisa meliputi selebriti ataupun masyarakat biasa, yang dianggap memiliki konten yang menarik, pengikut yang banyak, dan mampu memberikan pengaruh terhadap dunia.
Cosmo merangkum siapa-siapa aja influencer yang mampu memberikan efek besar pada jutaan followers-nya, dan berhasil meraup penghasilan jutaan bahkan miliaran rupiah, khususnya di industri fashion, beauty, dan lifestyle!
#1. Kylie Jenner
Seluruh dunia siapa yang tidak mengenal keluarga Kardhasian ini. Apapun yang mereka unggah khususnya di Instagram, semua orang akan terpaku untuk memperhatikannya. Kylie Jenner termasuk salah satu yang mampu memberi pengaruh kuat terhadap pengikutnya. Perubahan terbesar ketika Kylie meluncurkan sebuah lipstik yang cukup inovatif dan menjadi populer serta jejaknya banyak diikuti oleh para influencer lainnya. Berkat bisnis kecantikannya yang sukses, berdasarkan laporan WWD pendapatan Kylie Cosmetics sejak diluncurkan pada November 2015 sudah mencapai $420 juta atau setara Rp5,6 triliun. Diperkirakan perusahaan tersebut akan bernilai miliaran dolar US hanya dalam lima tahun kedepan. Bahkan mengutip dari cosmopolitan.co.id ( Wow! Satu Postingan Kylie Jenner Bernilai Rp 14 Miliar ) posisi Kylie setiap postingnya dihargai $1 juta atau setara Rp14 miliar. Fantastis ya ladies!
#2. Michelle Phan
Michelle Phan yang dianggap sebagai “beauty guru” bagi YouTubers, Phan kini tak hanya menjabat sebagai influencer namun juga entrepreneur dan sudah memiliki hampir 9 juta subscribers di YouTube dan 2 juta pengikutnya di Instagram. Berawal dari hanya keisengan Phan yang ingin belajar tentang makeup dan mengunggahnya di YouTube. Selang dua tahun berlalu video Phan mendapat perhatian dari Buzzfeed, yang seketika langsung merubah hidup Phan hingga sekarang. Dimulai dari 25 cent sehari, lalu menjadi $5 sehari, hingga $25 sehari di YouTube, Phan akhirnya memutuskan untuk lebih berkonsentrasi membuat video konten di YouTube dan membangun brand dirinya. Kini Phan menjadi salah satu pendiri EM Cosmetics dan Ipsy yang dihargai hingga $500 juta atau sekitar Rp 7 triliun pada tahun 2015. Dikarenakan bisnisnya telah berkembang, kini Phan mulai berhenti memposting konten di luar dari lini kosmetik Phan.
#3. Chiara Ferragni
Konsistensi dan kecintaannya terhadap dunia fashion membuat Chiara Ferragni menjadi fashion bolgger terkaya dan berpengaruh saat ini. Berawal pada tahun 2009 silam, kesuksesan Ferragni berawal ketika ia sering membagikan foto-foto OOTD (outfit of the day) ke situs media dan merilis blog TheBlondeSalad.com, sebuah blog yang berisikan mengenai preferensi tren mode untuk generasi muda dan konten gaya hidup seperti fashion, beauty serta lifestyle. Respon positif dari pengikutnya, Ferragni akhirnya menerapkan iklan berbayar yang ingin memposting koleksinya di blog miliknya. Chiara pun mematok harga sekitar 1.000-2.000 euro atau sekitar Rp16 juta hingga Rp32 juta. Setelah media sosial Instagram mulai sukses, ia pun memanfaatkannya dengan strategi baru. Dan kini ia sudah memperoleh hampir sekitar 13 juta pengikutnya, dan sudah memiliki pendapatan sebesar $10 juta atau sekitar Rp137miliar, bahkan Chiara terpilih sebagai Most Powerful Fashion Influencer oleh Forbes.
4. Manny Gutierrez