6 Khasiat Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Bayinya

13 March 2018 by
6 Khasiat Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Bayinya

Saat sedang hamil, tubuh ibu membutuhkan banyak zat gizi penting guna mendukung kesehatan dan tumbuh kembang ibu dan bayi. Salah satu caranya didapatkan dari mengonsumsi buah-buahan. Meski pada dasarnya semua buah itu baik untuk kehamilan, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat yang didapatkan dengan makan buah naga saat hamil? Berikut penjelasannya. 

Manfaat makan buah naga saat hamil

Mungkin masih banyak ibu yang belum mengetahui manfaat mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan. Padahal, buah yang mudah ditemui di mana pun ini kaya akan zat gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan Anda serta janin dalam kandungan. Lebih jelasnya, berikut manfaat makan buah naga saat hamil.

1. Kaya akan nutrisi

Tidak kalah hebatnya dengan buah-buahan jenis lain, buah naga merupakan sumber nutrisi yang baik karena banyak mengandung vitamin C, fitokimia, protein, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh wanita selama masa kehamilan.

Vitamin B1 yang terkandung dalam buah naga juga berkhasiat untuk pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu membakar karbohidrat untuk menghasilkan energi.

2. Kaya akan serat

Selama masa kehamilan, tak jarang wanita mengeluhkan masalah pada sistem pencernaan, misalnya sembelit. Guna mengurangi masalah ini, penting bagi Anda untuk selalu mengonsumsi buah yang kaya akan serat, salah satunya buah naga.

Buah naga memiliki kandungan serat yang banyak sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam satu porsi buah naga diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat.

3. Sumber karbohidrat

Kandungan buah naga yang kaya akan sumber karbohidrat, merupakan sumber energi alami yang penting untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi. Kebutuhan karbohidrat saat sedang hamil tentu akan meningkat di mana biasanya Anda cenderung untuk mengonsumsi jenis karbohidrat yang itu-itu saja. Bila bosan, Anda bisa mengganti sumber makanannya, tapi tetap mendapatkan manfaat gizi yang sama dengan rutin mengonsumsi buah naga.

4. Sumber lemak sehat

Selama masa kehamilan, lemak tidak hanya dibutuhkan sebagai sumber energi. Lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak bayi dalam perut Anda. Satu porsi buah naga mengandung 0,1-0,6 gram lemak, yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh. Jangan khawatir, konsumsi lemak yang bersumber dari buah naga tidak akan membuat akan Anda bertambah gemuk.

Lemak yang terkandung dalam buah naga, bukan merupakan sumber lemak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi ibu dan bayi untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Konsultasi dengan dokter kandungan adalah pilihan terbaik

Ada berbagai macam jenis buah-buahan yang tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama saat masa kehamilan. Buah-buahan lain juga memiliki keistimewaan masing-masing yang tentu akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati dalam kandungan Anda.

Sering kali Anda kebingungan atau bahkan merasa cemas untuk mengonsumsi buah-buahan karena khawatir dengan efek yang ditimbulkan. Lebih baik konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan terkait buah apa yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Dengan begitu, dokter akan memberi saran dengan mempertimbangkan trimester kehamilan dan kondisi kesehatan Anda.

The post 6 Khasiat Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Bayinya appeared first on Hello Sehat.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
28 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
aznizam7 az 29 August 2018 | 21:40:49

kaus and the rest of my life and the

gy gg 28 August 2018 | 18:23:48

artikel sangat penting untuk wawasan nusantara

aco m 28 August 2018 | 15:00:11

ternyata banyak juga manfaat buah naga untuk ibu hamilbagus juga nih infonya

Hidayat Ops 28 August 2018 | 09:15:51

selamat ya atas keberhasilan nya, semoga jadi juara pertama.

Tamam Daleman 28 August 2018 | 04:22:40

yak di Indonesia ada waktu di rumah sendiri itu yang paling esa mau tidur siang

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top