icon-category Gadget

6 Manfaat Pakai Air Purifier di Rumah

  • 16 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Air Purifier (Foto: Dok Ist)

Uzone.id - Kota besar identik dengan keberadaan polusi udara. Jika tinggal di kota besar, Anda pun beresiko kesulitan mendapatkan udara bersih dan sehat.

Oleh karena itu, berbagai cara ditempuh demi menciptakan udara yang bersih dan baik bagi kesehatan tubuh setiap orang. Salah satunya, memanfaatkan perangkat Air Purifier Terbaik sebagai pemurni udara.

Udara yang bersih adalah udara yang murni tanpa campuran partikel mengganggu. Ini menjadi kebutuhan manusia. dr. Maydie Esfandiari, Sp.P, dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) mengatakan, tanda-tanda udara yang bersih adalah terasa segar ketika dihirup dan tidak terkontaminasi dengan benda asing.

"Jika menghirup udara kemudian ada yang terasa gatal di hidung, itu artinya udara tercemar benda asing," katanya

Air purifier dapat digunakan di setiap ruangan agar menghasilkan udara bersih terutama di dalam ruangan rumah. Lantas, bagaimana air purifier mampu menciptakan udara bersih dan seberapa besar manfaat menggunakan alat ini?

Air purifier adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan udara yang dihirup. Alat ini bekerja mengeluarkan udara segar dan bersih dari polusi untuk bisa dihirup dengan nyaman. Partikel alergen atau penyebab alergi pada udara dapat dihilangkan lewat proses yang ada di air purifier. 

Cara kerjanya berbeda dengan pendingin udara seperti AC Terbaik yang menghembuskan udara sejuk. Di sini, air purifier menyedot udara oleh kipas dan ditangkap oleh filter di dalam bagian air purifier.

Kemudian, filter akan menyaring udara untuk kembali disalurkan dengan kualitas udara yang lebih baik lewat penyalur di bagian depan. Udara yang keluar dari alat ini kemudian menjadi segar dan bebas dari polusi seperti debu, bakteri, kuman, hingga partikel di dalam udara yang ada sebelumnya.

Manfaat Air Purifier

Teknologi yang ada pada air purifier tentunya memberikan begitu banyak manfaat bagi setiap orang di dalamnya. Inilah sejumlah manfaat yang dihasilkan dari alat ini. 

  1. Mengurangi alergen

Untuk Anda yang mudah mengalami alergi terhadap debu dan partikel-partikel kecil lainnya di udara, maka keberadaan air purifier akan membantu Anda mengurangi alergen tersebut.

Air purifier didesain dengan filter yang bekerja untuk menangkap beragam alergen di udara, sehingga akan meringankan alergi yang Anda derita.

  1. Mengurangi gejala asma

Debu dan partikel-partikel merugikan lainnya di udara bisa memicu atau memperparah gangguan pernapasan seperti asma. Dengan air purifier, akan membantu mengurangi debu dan partikel merugikan di udara, sehingga mengurangi gejala asma dan melancarkan pernapasan. Meski demikian, penting untuk diketahui bahwa alat ini tidak dapat menggantikan penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah asma.

  1. Membunuh virus, bakteri, dan kuman

Air purifier juga dapat mengurangi virus dan bakteri di udara. Beberapa air purifier memiliki teknologi ion yang dapat memerangkap dan membunuh virus, bakteri, dan kuman yang beterbangan di udara. Dengan begitu, jumlahnya akan berkurang. Hal ini tentunya akan memberi banyak manfaat, menciptakan kualitas udara yang lebih baik.

  1. Memerangkap asap

Untuk Anda tinggal di kawasan yang rawan terkena asap pembakaran, asap rokok, hingga asap kendaraan, tentu paham betul rasanya menghirup udara yang penuh dengan asap. Nah, dengan air purifier akan membantu mengatasi problem tersebut.

Ada beberapa jenis air purifier yang memiliki filter khusus untuk menangkap dan menyaring asap di suatu ruangan. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan asap di rumah, tak ada salahnya menggunakan alat ini untuk mendapatkan udara yang lebih baik.

  1. Menghilangkan bau tidak sedap

Bau yang tidak sedap juga menjadi masalah yang dihadapi pemilik rumah. Jika dibiarkan begitu saja, maka bau ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak betah di rumah.

Air purifier dapat membantu menyaring dan menghilangkan bau tidak sedap di suatu ruangan, sehingga udara yang dihirup akan lebih bersih dan segar.

  1. Menangkap bulu halus dan ketombe hewan peliharaan

Salah satu masalah utama yang dihadapi para pemilik hewan peliharaan adalah bulu halus dan ketombe yang beterbangan di ruangan rumah. Jika dibiarkan begitu saja, akan dapat terhirup dan mengganggu pernapasan Anda.

Meski penggunaan vacuum cleaner juga mampu mengurangi bulu halus dan ketombe, namun air purifier dapat membantu memerangkap partikel-partikel tersebut dan membersihkan udara. Sehingga, Anda tak perlu lagi khawatir dengan kualitas udara di rumah Anda. 

 

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini