icon-category Digilife

6 Marketplace NFT Biar Makin Cuan, Ada Buatan Indonesia Nih

  • 14 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Pawel Czerwinski/Unsplash

    Uzone.id - Gara-gara Ghozali Ghozalu atau Ghozali Everyday, banyak orang semakin tertarik untuk mengikuti tren jualan di NFT.

    Meski butuh faktor ‘keberuntungan’ untuk mengikuti kesuksesan Ghozali yang hanya bermodal foto selfie, tak ada salahnya untuk mencoba menjajakan barang digital buatan kalian yang lain.

    Kalian bisa mencobanya dengan foto meme, video, audio, GIF, atau apapun itu yang orisinil dan memiliki daya tarik kuat. Lalu, tinggal membuatnya sebagai NFT dan menjualnya di marketplace yang sama dengan Ghozali, OpenSea.

    Baca juga: Ikuti Jejak Ghozali Everyday, Begini Cara Jual NFT di OpenSea

    Eiits! OpenSea bukan satu-satunya marketplace NFT yang bisa kalian gunakan, ada banyak tempat ‘jualan’ NFT yang bisa digunakan. Barangkali, rezeki kalian ada di marketplace lain selain OpenSea. 

    Maka dari itu, kalian perlu mengetahui beberapa marketplace lain untuk menjajakan NFT kalian, berikut diantaranya.

    TokoMall

    Marketplace NFT pertama asal Indonesia ini memiliki peran untuk mendukung para seniman, artis, kreator, dan merk-merk lokal yang ingin produk-produknya mendunia dalam bentuk NFT. Sebagai jembatan antara dunia nyata dan digital, NFT yang diluncurkan di TokoMall juga bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra resmi mereka.

    Kolektibel

    Selanjutnya, marketplace NFT lokal lainnya adalah Kolektibel. Marketplace ini dapat mengkurasi momen-momen unik di berbagai bidang seperti budaya, lifestyle, olahraga dan lainnya. 

    Pembayaran di Kolektibel bisa dilakukan lewat berbagai channel untuk memudahkan para konsumen di Indonesia, mulai dari e-wallet, toko ritel seperti Indomaret dan Alfamaret, kartu kredit/debit, dan juga transfer bank.

    Enevti

    Kemudian, ada marketplace Enevti yang memiliki konsep seperti media sosial untuk menghubungkan pembeli dan para kreator. Marketplace ini menjadi jembatan untuk menghubungkan para penggemar dan juga kreator idola mereka, mereka juga bisa membeli NFT dengan protokol pembiayaan kreator.

    Ada marketplace-marketplace lokal lain yang juga hadir untuk meramaikan tren jual-beli NFT, sebut saja Artsky yang menaungi bidang digital art, gravity, video, musik, foto, painting dan lainnya. Kemudian ada Baliola, marketplace ini merupakan hasil inkubasi Badan Ekonomi Kreatif Denpasar, lho. Ada juga Paras.id yang menggunakan uang kripto NEAR sebagai alat tukar pembeli dan pemilik NFT.

    Baca juga: Kantongi Rp12 Miliar Modal Selfie, Ghozali Menang Banyak Berkat NFT

    Sekarang, mari kita lihat beberapa marketplace yang populer di kancah global selain OpenSea.

    Axie Infinity

    Marketplace ini hanya berfokus pada aset video game dan aset-aset game lainnya. Axie Infinity sejauh ini berhasil menampung lebih dari 270 juta token di platformnya. Dengan aset kreatif nan futuristik, Axie berhasil menciptakan sambutan besar di antara komunitas game dan juga penggemar kripto.

    Axie infinity memiliki platform sendiri dimana pengguna dapat berinteraksi dan mengumpulkan barang-barang kemudian menjualnya sebagai NFT.

    Rarible

    Rarible adalah salah satu tetua dan pelopor di ruang kripto, mulai dari menghubungkan penjual dan pembeli hingga mencetak NFT. Marketplace ini masih dianggap sebagai salah satu yang berpengaruh di ruang kripto karena keberadaannya di dunia NFT.

    Baca juga: Thanks Ghozali, Akhirnya Foto Selfie Bisa Jadi Ladang Cuan

    Menggandeng berbagai usaha populer, Rarible juga menawarkan percetakan NFT yang sangat efisien, mereka juga menyambungkannya dengan platform blockchain Ethereum yang membuatnya lebih nyaman dan bisa digunakan untuk berinvestasi.

    Decentraland

    Kemudian ada Decentraland yang didasarkan pada dunia realitas virtual Metaverse. Tepatnya, Decentraland memiliki dunia terbuka yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan dunia nyata. Mereka bisa membeli aset, tanah dan barang lainnya dengan mata uang kripto. 

    Selain ketiga marketplace tersebut, ada juga beberapa marketplace global unggulan lainnya yang bisa digunakan. Salah satunya, Super Rare yang mendukung semua aset NFT mulai dari seni, musik, video, foto dan aset NFT lainnya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini