icon-category Travel

6 Masjid dengan Arsitektur Indah di Asia yang Bikin Takjub

  • 10 Sep 2019 WIB
  • Bagikan :

    Masjid Biru, Istanbul, Turki. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan tempat menawan dan inspiratif yang sarat dengan sejarah dan keindahan.

    Asia memiliki beberapa masjid dengan kriteria di atas. Buat kamu yang ingin melihat masjid paling menakjubkan yang pernah dibangun, berikut rekomendasinya menurut Agoda.

     

    Masjid Biru, Istanbul, Turki

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     

    #Repost @fimvim

    A post shared by Blue Mosque TURKEY (@bluemosqueturkey) on

    Sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul yang dibangun antara tahun 1609 dan 1616, Masjid Biru adalah visi arsitektur Sultan Ahmed I dari Kesultanan Utsmaniyah (Kekaisaran Ottoman) ketika beliau baru berusia 13 tahun.

    Baca juga: Peduli Kesehatan Mental, Warganet Dunia Serukan #WorldSuicidePreventionDay

    Bangunan megah ini memiliki enam menara tinggi, tidak seperti masjid yang lebih tradisional yang hanya memiliki satu hingga empat Menara.

    Masjid Biru paling baik dikunjungi dengan tur pribadi atau kelompok kecil berpemandu guna mempelajari kekayaan sejarah masjid ini.

     

    Masjid Kul Sharif, Kazan, Rusia

    Terletak di Kazan, sebuah kota di barat daya Rusia, Masjid Kul Sharif yang menakjubkan ini dibangun kembali pada tahun 2005 dengan sentuhan modern yang nyata setelah dihancurkan pada tahun 1552.

    Dengan tiga bagian bangunan, yaitu masjid, tugu peringatan dan kantor administrasi, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa.

     

    Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

    Sebagai sebuah prestasi arsitektur yang benar-benar menakjubkan, Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terbesar di dunia, dengan kapasitas untuk 40.000 jemaah sekaligus.

    Menampilkan dinding marmer berwarna putih salju yang spektakuler, lampu kristal emas 24 karat dan karpet tenunan tangan terbesar seluas 5.630 m², masjid ini menyambut lebih dari lima juta pengunjung dalam setahun.

    Baca juga: Ramalan Bintang Kamu Pekan Ini: Capricon Bakal Ketemu Seseorang dari Masa Lalu

     

    Masjid al-Haram, Mekkah, Arab Saudi

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     

    Untitled #Makkah #Islam #iphone6plus #blackandwhite #architecture #building #tower #time

    A post shared by Mohammad Taqi Ashkanani (@mashkanani) on

    Sebagai situs ziarah haji dan umroh, Masjid al-Haram adalah masjid paling suci dalam agama Islam. Masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang dan dianggap oleh umat Muslim sebagai tempat paling suci di dunia.

     

    Masjid Agung, Xi’an, China

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     

    A post shared by Paz Padilla (@paz_padilla) on

    Masjid Agung adalah salah satu masjid tertua di Tiongkok yang didirikan pada abad ke-8. Dengan perpaduan arsitektur khas Tiongkok dan seni Islam, masjid ini adalah salah satu situs suci paling menarik di negeri ini.

    Sebagai yang pertama dari empat ibu kota kuno Tiongkok, jangan lewatkan tur untuk menjelajahi sejarah dan kisah budaya dari Xi'an.

    Baca juga: Bahas KKN Desa Penari, Mbah Mijan Ungkap Nasib Nur dan Widya Saat Ini

     

    Masjid Tokyo Camii, Jepang

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     

    モスクの、おもしろいお話 ____________ ( 4 ) 主張するミナレット モスクここにあり、と主張しているような尖塔。礼拝を呼びかけるアザーンを朗唱するため用いられる。アラビア語で「灯台」を意味するマナーラから転化した英語での呼び方で、日本では「光塔」と訳されることも。神の光があまねく行き渡りますように。 #TokyoCamii #東京ジャーミイ #Tokyomosque

    A post shared by Tokyo Camii - 東京ジャーミイ (@tokyocamii) on

    Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang, yang dibangun dengan gaya Ottoman yang megah oleh para imigran asal Turki dengan menggunakan bahan bangunan dan perabotan yang diimpor dari Turki.

    Kunjungi Pusat Budaya Turki yang terletak berdekatan dengan masjid ini atau berbelanja makanan halal di supermarket halal yang baru dibuka di sekitar area masjid.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini