Digilife

6 Tips Menghapus Data Pribadi di Internet

  • 11 October 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi foto: Sergey/Unsplash

    Uzone.id - Menghapus data dan informasi pribadi dari internet tidak semudah yang dibayangkan. Pada dasarnya, apa yang telah masuk ke Internet tidak sepenuhnya bisa dihilangkan.

    Warga internet tidak akan bisa ‘sepenuhnya’ menghapus jejak mereka dari internet. Oleh karena itu, penting untuk tidak sembarang memasukkan data dan informasi pribadi ke dunia maya.

    Tapi, ada beberapa cara untuk meminimalkan jejak digital pengguna, cara ini bisa menurunkan kemungkinan data pribadi ditemukan pihak lain. Tapi perlu diingat, menghapus informasi kalian juga bisa berdampak negatif saat para pemberi kerja mencoba untuk berkomunikasi dengan kalian:

    Berikut 6 cara untuk meminimalisir jejak digital dan menghapus informasi pribadi di Internet.

    Hapus atau nonaktifkan akun belanja, media sosial, dan layanan web

    Pertama, mulai dengan platform sosial media dan layanan-layanan yang pernah kalian gunakan. Contohnya, akun Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan akun sosial media lama yang memakai data pribadi kalian. Jangan lupa hapus akun-akun di platform belanja online, situs-situs edukasi dan situs lainnya yang pernah kalian akses.

    Untuk menghapusnya, kalian bisa membuka pengaturan dan menonaktifkan atau menghapus akun dengan cara menekan ‘deactivate, remove, delete or close account’. 

    Jika ada akun yang tak bisa dihapus, kalian bisa mengubah informasi dan data diri dalam akun tersebut dengan informasi palsu mengenai kalian.

    Hapus data dari situs koleksi data

    Ada beberapa perusahaan yang bekerja dengan cara mengumpulkan informasi pribadi dari orang-orang di Internet, termasuk kalian. Mereka disebut sebagai ‘data broker’ dan salah satu dari situs-situs mereka adalah Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder, dan masih banyak lagi.

    Data broker ini biasanya mengumpulkan data-data, termasuk data pribadi dan kemudian menjual data tersebut ke pihak-pihak yang tertarik, biasanya digunakan untuk mengirim iklan dan menjual barang.

    Kalian tinggal menuliskan nama dan informasi mengenai kalian di situs tersebut lalu minta mereka untuk menghapus data kalian. Tapi, prosedur penghapusan ini cukup menyusahkan, termasuk melibatkan dokumen fisik.

    Baca juga: Cara Pakai Stiker Add Yours, Berbalas Foto di Instagram Stories

    Penghapusan data-data dari data broker ini juga akan menghapus kalian dari hasil pencarian Google dan semakin menyusahkan orang lain untuk menemukan kalian.

    Hapus data langsung dari situs web

    Pertama, tanyakan pada provider seluler atau perusahaan telepon yang kalian pakai untuk memastikan kalian tidak terdaftar secara online. Jika terdaftar, minta mereka untuk menghapus nama kalian.

    Jika kalian ingin menghapus postingan di forum atau blog lama kalian, kalian bisa menghubungi webmaster situs tersebut satu persatu. Kalian bisa melihat kontak mereka di bagian Tentang Kami atau Kontak situs. Kalian juga bisa mengunjungi www.whois.com dan tulis nama domain untuk menemukan pihak yang ingin kalian hubungi.

    Sayangnya, operator situs web pribadi tidak memiliki kewajiban untuk menghapus postingan pengguna. Bersikap sopanlah saat menghubungi situs-situs tersebut dan katakan alasan kalian.

    Minta bantuan hukum Google 

    Jika ada pihak yang mencantumkan data pribadi milik kalian seperti nomor KTP, KK atau nomor rekening bank, kalian bisa mengirim permintaan penghapusan (legal removal request) ke pihak Google untuk menghapusnya.

    Kalian bisa menggunakan kekuatan hukum Google untuk menghapus informasi pribadi dari situs-situs bandel. Namun penghapusan ini membutuhkan waktu cukup lama, dan tidak menjamin akan selalu berhasil. Tapi, kalian patut mencobanya ketika berada dalam situasi ini.

    Hapus pencarian kedaluarsa

    Adakalanya saat informasi kalian telah berubah di sebuah situs namun Google masih menunjukkan URL dari informasi sebelumnya. Ini artinya, halaman versi sebelumnya masih tersimpan dalam cache server Google.

    Kalian bisa masukkan URL tersebut ke situs Google untuk memperbarui servernya lalu hapus hasil pencarian di cache sehingga kalian tidak dikaitkan lagi dengan halaman tersebut.

    Meski tidak semua cara ini akan berhasil, tapi kalian patut mencobanya untuk menghilangkan jejak digital kalian sebanyak mungkin.

    Hapus akun email

    Langkah terakhir adalah menghapus akun email kalian. Masuk ke akun email kalian dan temukan opsi untuk menghapus atau menutup akun. beberapa akun akan tetap terbuka dalam waktu tertentu, Berjaga-jaga Jika kalian ingin mengaktifkannya kembali.

    Alamat email diperlukan untuk menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya,  jadi pastikan ini adalah langkah yang terakhir.

    Langkah-langkah di atas membutuhkan proses yang cukup lama jadi butuh kesabaran  untuk melakukan tahapan-tahapan tersebut. Kalian juga mungkin harus menerima jika ada beberapa data yang tidak bisa dihapus dari internet.