icon-category Technology

6 Tips Rawat Earphone Biar Awet

  • 04 Sep 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi. Foto: rupixen/Unsplash)

    Uzone.id -- Dari sekian banyak aksesori teknologi, earphone termasuk yang gampang rusak. Kebanyakan gara-gara kelalaian pengguna, setuju gak?

    Pasti pernah dong mengeluh, “perasaan baru beli minggu lalu, udah rusak aja!?!” saat sudah siap mendengarkan lagu favorit tapi ternyata gak ada suara yang keluar. Mau bagaimanapun, merawat earphone memang gampang-gampang susah. Butuh perhatian khusus, kayak menjaga jodoh gitu…

    Ada beberapa tips sederhana yang gak cuma layak diingat-ingat doang, tapi juga patut dilakukan kalau pengin earphone kalian awet gak gampang rusak.

    1. Jangan tarik kabelnya

    Ini kebiasaan yang mungkin tanpa disadari sering dilakukan. Saat mau melepas kabel earphone yang mencolok ke ponsel atau pemutar lagu, yang ditarik colokan atau konektornya, bukan kabelnya.

    Baca juga: Tips Kirim Foto via WhatsApp Tanpa Pecah

    2. Jangan taro di lantai

    Gak ada alasan yang gimana-gimana sih, ya kalau ditaro di lantai, cenderung gampang keinjek atau ketendang, dan lain sebagainya. Lebih baik disimpan di tempat wajar seperti laci, meja, atau masukkan ke tempatnya.

    3. Gulung kabelnya

    Biasakan gulung kabel earphone supaya gak kusut. Kalau kabel sudah kusut, lambat laun bisa terlepas koneksi di dalamnya dan rusak.

    4. Simpan di case atau tempat khusus

    Daripada diletakkan sembarangan, lebih baik pakai case atau tempat khusus untuk menyimpan earphone kesayangan kamu itu agar gak cepat rusak.

    Baca juga: Tips Charging Ponsel Biar Baterai Gak Cepat Rusak

    5. Jangan sampai kena air

    Sama halnya seperti perangkat elektronik, earphone dan air gak seharusnya ‘berteman’. Kalau tiba-tiba tercelup, harus buru-buru angkat dan keringkan.

    6. Jangan dibawa tidur

    Pasti pernah ‘kan, ketiduran saat sedang mengenakan earphone? Kalau bisa kebiasaan ini ditinggali karena selain bisa merusak pendengaran, earphone bisa bengkok atau patah saat kita pindah posisi tidur.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini