icon-category Digilife

6 Tips Screenshot di Windows 10 dan Windows 11

  • 15 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Windows 11 (dok. Windows/Unsplash)

    Uzone.id - Cara paling mudah untuk menangkap layar atau screenshot di komputer atau laptop biasanya dengan cara menggunakan tombol Print Screen. Nah, selain itu, Windows 10 dan 11 juga menawarkan alat-alat bawaan seperti Snipping Tool dan Snip & Sketch serta beberapa pintasan.

    Biasanya, pintasan di keyboard ini jadi salah satu cara praktis untuk mengambil tangkapan layar dalam sekejap.

    Di sini ada beberapa cara untuk menggunakan tool screenshot bawaan dan pintasan sehingga kalian bisa memilih cara paling mudah. Berikut beberapa cara screenshot di PC atau Laptop Windows 10 dan 11.

    1. Snip & Sketch

    Alat ini lebih mudah untuk diakses dan dibagikan. Sekarang kalian bisa menangkap screenshot dari jendela desktop kalian. 

    Cara paling mudah untuk menggunakan fitur ini adalah dengan cara menekan Windows + Shift + S. Kalian juga bisa menemukan alat Snip & Sketch di daftar menu yang bisa diakses dari tombol Start. 

    Baca juga: Tips Memulai Bisnis di Era Serba Digital

    Fitur ini sangat berguna untuk menangkap bagian layar yang ingin diambil tanpa menangkap secara keseluruhan. Setelah kalian mengambil potongan layar tersebut, hasil dari screenshot-an tersebut akan disimpan ke clipboard kalian dan akan muncul sebentar sebagai pemberitahuan di sudut kanan bawah layar kalian.

    Klik notifikasi tersebut untuk membuka tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch yang kemudian bisa diatur untuk disimpan, dianotasi, atau dibagikan.

    2. Snipping Tool

    Fitur ini sudah ada semenjak Windows versi Vesta. Fitur ini sebenarnya sudah dihilangkan dari aplikasi Start oleh Windows tapi masih bisa digunakan termasuk di Windows 11. Sebenarnya, Snipping Tool adalah fitur yang sama dengan Snip & Sketch.

    Klik tombol New untuk memulai screenshot di aplikasi ini lalu kalian bisa menangkap layar dengan berbagai macam bentuk. Sama seperti Snip biasa, fitur ini bisa digunakan dengan pintasan Windows + Shift + S.

    3. Print Screen

    Yang paling dasar adalah Print Screen, kalian tinggal menekan tombol PrtScr lalu semua layar akan terscreenshot.

    Baca juga: Tips Valentine Buat Pasangan LDR: Nobar Virtual Netflix dkk 

    Hasil tangkapan layar ini takkan secara langsung disimpan sebagai file namun akan tersimpan dan tersalin ke clipboard. Kalian perlu membuka aplikasi editing dulu seperti Paint lalu paste atau tempel screenshot di aplikasi editing dan simpan file tersebut.

    Kalian juga bisa mengatur tombol PrtScn untuk membuka alat Snip & Sketsa dengan masuk ke Settings > Ease of Access > Keyboard dan alihkan tombol PrtScn untuk membuka potongan layar menggunakan pintasan Print Screen.

    4. Tombol Windows + Print Screen

    Untuk menangkap keseluruhan layar dan secara otomatis menyimpannya, kalian bisa mengetuk tombol Windows + Print Screen.

    Layar kemudian akan redup untuk memberitahu kalian mengambil tangkapan layar, hasilnya kemudian akan tersimpan ke folder Pictures > folder Screenshot.

    5. Alt + Print Screen

    Untuk mengambil tangkapan layar secara cepat, gunakan Alt + Print Screen. Pintasan ini akan mengambil layar jendela yang aktif dan menyalinnya ke clipboard. Kalian harus membuka aplikasi editing gambar untuk menyimpannya.

    6. Game Bar

    Kalian bisa menggunakan Game Bar untuk mengambil tangkapan layar saat bermain game. Tinggal tekan Windows + tombol G untuk membuka Game Bar.

    Dari sini, kalian bisa mengklik tombol screenshot di bar ini menggunakan pintasan Windows + Alt + Print Screen untuk mengambil tangkapan penuh.

    Kalian juga bisa merekam video dan suara menggunakan menu Capture di Game Bar ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini