Sponsored
Home
/
Lifestyle

6 Tren Penggunaan THR 2019 di Indonesia Menurut Survei Snapcart

6 Tren Penggunaan THR 2019 di Indonesia Menurut Survei Snapcart
Preview
Gilang Kharisma01 June 2019
Bagikan :

Snapcart, sebuah lembaga riset berbasis aplikasi, merilis studi mengenai tren penggunaan tabungan hari raya (THR) di tahun 2019. Dalam menyusun riset ini, Snapcart melakukan survei pada seribu responden dari berbagai kategori usia dan jenis kelamin.

Survei ini berlangsung pada 16 hingga 23 April 2019, dengan mayoritas responden berasal dari Jabodetabek sebesar 53,8 persen. Tech in Asia menemukan enam fakta menarik dari riset penggunaan THR 2019 tersebut. Apa saja?

Mayoritas responden memilih menabung

Meski momen penerimaan THR identik dengan minat belanja yang melonjak, namun survei Snapcart menunjukkan bahwa 65 persen responden memilih untuk menabung uang yang mereka terima. Sementara kegiatan membelanjakan uang THR justru berada di posisi dua, dengan persentase enam puluh persen.

Selain dua hal itu, ada juga beberapa kegiatan lain yang menjadi pilihan responden setelah menerima THR. Yakni zakat dan sedekah (45 persen), investasi (35 persen), dan membeli tiket mudik (24 persen).

E-commerce jadi tempat belanja andalan

Dari 60 persen responden yang memilih untuk membelanjakan uang THR, 91 persen memilih untuk belanja lewat e-commerce. Sementara mereka yang memilih mengunjungi toko fisik sebesar 56 persen, dan yang berbelanja lewat online shop di Instagram sebesar 17 persen.

Survei tersebut juga menjelaskan alasan orang lebih memilih belanja lewat e-commerce. Di antaranya karena ada banyak promosi, gratis ongkos kirim, harga relatif lebih murah, dan pilihan produk lebih banyak.

Shopee jadi e-commerce favorit

THR 2019 | image 1
Preview

Di antara para pemain e-commerce di Indonesia, 57 persen responden dalam survei Snapcart memilih Shopee sebagai marketplace online pilihan. Tokopedia sebagai e-commerce unicorn lokal justru berada di posisi kedua dengan 19 persen. Baru setelahnya Lazada dan Bukalapak.

Rezki Yanuar selaku Country Brand Manager Shopee mengakui ada lonjakan transaksi hingga lima ratus persen pada Ramadan tahun lalu. Ia merasa pencapaian itu didukung oleh kegiatan promosi yang gencar dilakukan oleh Shopee setiap Ramadan.

Pakaian dan gawai jadi kategori yang paling diminati

Dalam hal kategori barang yang dibeli, ada perbedaan antara responden perempuan dan laki-laki. Perempuan dan ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THR untuk membeli baju, tas, sepatu dan aksesori.

Sementara laki-laki lebih tertarik untuk membeli produk digital, gawai, atau peralatan olahraga dan hobi. Selain itu, kategori bahan-bahan makanan dan perlengkapan anak juga cukup diminati selama bulan Ramadan.

Gratis ongkos kirim jadi promo paling dicari

THR 2019 | image 2
Preview

Menyambut kehadiran Ramadan dan hari raya Lebaran, banyak e-commerce memberikan tambahan item (bonus) ataupun paket spesial bagi para pelanggannya. Sayang, berdasarkan hasil survei Snapcart, kedua bentuk promosi tersebut justru kurang menarik.

Para responden justru menyukai bentuk promosi yang konvensional saat membelanjakan uang mereka. Diskon atau potongan harga menjadi yang paling dicari dengan persentase 29 persen. Setelahnya, ada cashback (19 persen), flash sale (18 persen), dan gratis biaya kirim (16 persen).

Meningkat dibanding tahun lalu

Tren positif perkembangan e-commerce juga nampak pada survei Snapcart ini. Tahun ini, jumlah pembelanjaan THR melalui e-commerce ini meningkat delapan persen di banding hasil riset yang sama pada Ramadan tahun lalu, yang baru mencapai 83 persen.

Diperkirakan peningkatan ini terjadi karena rasa percaya responden yang semakin tinggi pada e-commerce, serta alternatif metode pembayaran yang kini semakin beragam dan mudah.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post 6 Tren Penggunaan THR 2019 di Indonesia Menurut Survei Snapcart appeared first on Tech in Asia.

The post 6 Tren Penggunaan THR 2019 di Indonesia Menurut Survei Snapcart appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tags:
populerRelated Article