Digilife

7 Aplikasi yang Bikin Urusan Invoice jadi Lebih Mudah

  • 18 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Invoicing  adalah pekerjaan yang cukup kompleks, namun menjadi sebuah inti dari pengambilan keputusan perusahaan. Sebenarnya kehadiran Invoice ini adalah perkembangan dari faktur. Dan hampir seluruh perusahaan pasti menggunakannya sebagai salah satu bukti pembayaran atau pembelian. Dalam dunia bisnis skala manapun, invoice akan selalu memegang peranan penting.

    Namun dalam kenyataannya masih banyak sekali perusahaan yang kemudian kesulitan untuk menyelesaikan invoice dengan tepat dan cepat. Cara-cara konvensional seringkali dilakukan oleh banyak pelaku bisnis maupun pengelola perusahaan.

    Kendati tindakan konvensional tersebut sudah jelas sangat memakan waktu, tenaga maupun budget. Karena ketidaktahuan kemudian para pelaku bisnis tersebut melakukan penyelesaian invoice secara konvensional.

    Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menjadi digital asisten untuk keperluan invoicing ini. Namun sebelum kita beralih ke arah tersebut, terlebih dahulu mari perdalam setiap kendala maupun arti dari invoice dan seberapa pentingnya hal tersebut.

    Agar Anda kemudian dapat menentukan dengan lebih mudah, aplikasi mana yang paling tepat untuk mendongkrak performa perusahaan.

    Apa Itu Invoicing dan Kendala Mengatasinya Secara Konvensional

    Invoice secara general bisa dipahami sebagai faktur penagihan untuk berbagai jenis keperluan perusahaan ataupun bisnis. Pembayaran gaji maupun pembelian juga biasanya menggunakan invoice. Maka dari itu banyak pemegang perusahaan mengambil keputusan berdasarkan data tagihan tersebut. Masalahnya adalah menyelesaikan data ini bukanlah hal yang mudah.

    Apalagi ketika kemudian ada beberapa kendala macet dan lain sebagainya. Kendala-kendala ini akan menyebabkan terhambatnya juga proses penyelesaian invoice. Sehingga pada akhirnya pihak perusahaan tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Tentu ini bukanlah sebuah berita yang baik. Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan berbagai jenis aplikasi yang dapat menyelesaikan invoice dengan baik.

    Kenali beberapa hambatan yang akan Anda alami ketika mengurusi invoice sebelum lebih jauh menentukan pilihan aplikasi mana yang akan dipakai. Inilah beberapa point hambatan yang kemudian sering dialami saat mengurusi invoice.

    • Penggunaan waktu yang sering sekali molor dari jadwal. Berkas invoice yang menumpuk, serta tugas yang cenderung kompleks. Menjadi alasan kenapa orang yang mengerjakan invoicing seringkali membutuhkan waktu yang banyak. Apalagi jika kemudian alat-alat pendukungnya masih sangat terbatas. Sudah pasti hasil akhirnya akan sangat memakan waktu kerja.
    • Hubungan lainnya dengan memakan waktu lama adalah biaya yang harus dikeluarkan semakin tinggi. Ini bukanlah sebuah hal sepele, karena jika kejadian ini terus terjadi. Bisa-bisa pengeluaran perusahaan hanya akan berfokus kepada proses penyelesaian invoice saja. Dan untuk kepentingan lainnya semakin terpotong.
    • Sulitnya mencari data-data invoice adalah alasan lainnya kenapa proses pengerjaannya cukup lama. Bagaimanapun penggunaan invoice itu tidak hanya berfokus pada satu tujuan saja. Melainkan banyak sekali fungsinya, sehingga sudah dapat dipastikan berkas datanya akan sangat menumpuk. Jika menggunakan penyimpanan komputer akan memakan space hardware. Kemudian jika disimpan secara fisik akan sangat menyita tempat.

    Dari tiga point tersebut bisa didapatkan informasi kendala yang sangat mengganggu ketika Anda melakukan pengerjaan invoice. Dan ketiga alasan utama itu jugalah yang menjadi alasan kuat kenapa menggunakan aplikasi invoice akan sangat penting dan membantu. Jika Anda sudah  mengetahui inti permasalahan saat melakukan pekerjaan ini. Maka sekaranglah saatnya untuk memilih satu dari 7 aplikasi di bawah ini sebagai asisten digital Anda.

    7 Aplikasi Unggul yang Akan Membuat Urusan Invoice Anda Jadi Lebih Mudah

    Hentikan penderitaan dan kerugiaan Anda saat mengurusi invoice sekarang juga! Inilah ke 7 jawaban yang akan membuat progress perkembangan perusahaan jadi semakin cepat. Dengan menanggulangi setiap hambatan saat melakukan invoicing.

    1. Jurnal by Mekari

    Jurnal by Mekari menjadi pilihan utama ketika Anda ingin membuat invoicing jadi lebih mudah. Sejumlah fitur berkualitas akan menemani tugas pembuatan atau pengelolaan invoice jadi semakin terasa mudah. Jurnal sangat memahami berbagai hambatan yang telah Anda dapatkan selama melakukan tugas ini. Tidak percaya? Inilah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Jurnal.

    1. Jurnal menawarkan proses invoice yang lebih cepat. Karena Anda bisa mendapatkan pembayaran, kirim maupun mengetahui status pembayaran hanya dalam satu klik saja. Dengan begitu tidak perlu lagi harus mengoperasikan banyak opsi yang merepotkan. Seluruh informasi yang akan Anda dapatkan bisa diketahui saat itu juga.
    2. Ketahui berbagai pembayaran yang masih tertunggak dengan lebih mudah. Sistem Jurnal memungkinkan pemberian informasi pengingat ketika ada berbagai pembayaran yang masih tertunggak. Dengan begitu hambatan seperti keterlambatan pembayaran tidak akan lagi terjadi.
    3. Lelah karena harus memberikan informasi pembayaran secara berulang? Atau malah merasa malu karena harus terus mengirimkan email berulang? Jurnal akan menyelesaikan semuanya. Anda bisa membuat jadwal pengiriman invoice sesuai secara berulang tanpa harus terus melakukannya. Keringanan seperti ini akan menjadi keunggulan yang nyata saat Anda menggunakan Jurnal.

    Sejumlah keuntungan itu hanya akan Anda dapatkan ketika mempercayakan kebutuhan terkait invoicing kepada Jurnal.

    2. Zoho

    Aplikasi pengelolaan invoice yang bernama Zoho ini juga menjadi pilihan kedua ketika Anda menginginkan asisten digital. Zoho menawarkan keuntungan berupa kemudahan dalam manajemen invoice dengan adanya estimasi biaya pengeluaran serta waktu kerja para pegawai secara lebih mudah. Aplikasi ini juga bisa diakses lebih dari 5 orang pengguna, sehingga memungkinkan client untuk mengetahui proses invoice perusahaan.

    Kekurangannya dari segi integrasi melalui aplikasi Zapier lainnya mungkin menjadi sebuah kekurangan Zoho. Jadi pengguna memang harus menggunakan beberapa software yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tersebut jika ingin mengoperasikannya secara maksimal. Zoho mematok harga penggunaan bulanan mulai dari $9 setara Rp 126 ribu hingga $29 atau Rp 406 ribu.

    3. Ninja

    Tidak seperti namanya Ninja adalah salah satu aplikasi invoicing yang dapat diandalkan. Aplikasi ini memiliki keunggulan koneksi tidak terbatas untuk para penggunannya. Artinya Anda tidak perlu khawatir perihal akses yang dibutuhkan oleh para client. Ninja mematok harga pengguna pada $10 dalam kurs Rp 140 ribu hingga $44 atau Rp 616 ribu. Namun dengan bertambahnya pengguna tentu budget yang harus dikeluarkan juga semakin bertambah.

    Integrasi sistem invoice yang lebih kompleks. Memungkinkan pengguna Ninja lebih mudah, namun juga akan sedikit kebingungan nantinya. Hal yang jelas adalah aplikasi ini bisa menjadi pilihan karena manajemen sistemnya juga dapat Anda percayakan ketika hendak mengelola invoice. Namun Anda juga harus sudah bersiap dengan jumlah budget yang akan dikeluarkan bulanannya ketika menggunakan aplikasi ini.

    4. Hiveage

    Berbeda dengan kebanyakan aplikasi invoice lainnya. Hiveage menawarkan kemudahan pengelola invoice untuk para freelancers. Tentu saja aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu manajemen invoice yang lebih murah namun tetap  unggul. Pertama Hiveage bisa digunakan dengan 3 versi yang dalam 1 versinya dapat dimanfaatkan oleh tiga pengguna sekaligus.

    Sedangkan untuk versi yang lebih tinggi atau enterprise version Hiveage memungkinkan terhubung dengan lebih dari 1000 client. Harga bulanan yang harus dibayarkan tergantung juga pada banyaknya akses client yang dipakai. Dalam segi fitur Hiveage tidak begitu jauh berbeda dengan aplikasi manajemen invoice lainnya.

    5. Harvest

    Salah satu aplikasi manajemen invoice  yang juga baik adalah Harvest. Aplikasi ini menawarkan keuntungan dengan follow up waktu yang cepat. Serta keunggulan lainnya adalah akses tak terbatas bagi pengguna maupun pada bagian proyek yang sedang berjalan. Harga perbulannya adalah $12 atau sama dengan Rp 168 ribu. Kekurangan saat Anda menggunakan Harvest sebagai pilihan aplikasi manajemen invoice adalah banyaknya keterbatasan pada saat demo.

    Terutama ketika hendak melakukan perubahan pada isi invoice. Kekurangannya ini sangat terlihat dengan terbatasnya pilihan kustomisasi yang bisa Anda pilih. Tampaknya memang developer lebih menganjurkan pengguna untuk menggunakan varian berbayarnya. Sangat disayangkan karena pihak pengguna sangat terbatas ketika menggunakan versi demo atau gratisnya.

    6. FreshBooks

    Aplikasi invoicing yang juga cukup menjanjikan seperti FreshBooks, tampaknya memang bisa dijadikan pilihan. Namun memang harus ada pengorbanan besar dari segi pengeluaran bulanannya. Karena paket termurahnya saja berada di angka Rp 350 ribu atau USD25. Dan paket bulanan terlengkapnya ada di Rp 700 ribu setara $50. Jika Anda memilih aplikasi ini maka fleksibilitas manajemen invoice akan sangat terasa.

    Sayangnya karena memang dibuat eksklusif untuk kebutuhan sebuah perusahaan. Maka aplikasi multifungsi ini tidak menyediakan versi gratisnya. Artinya Anda harus sudah siap dengan budget bulanan yang harus dikeluarkan ketika hendak menggunakan aplikasi ini. Semakin tinggi biayanya maka fitur yang ditawarkannya juga sudah jelas sangat banyak.

    7. Waveapps

    Terakhir adalah Waveapps basis aplikasi manajemen invoice yang bisa Anda gunakan untuk beragam kebutuhan ini tampaknya juga masih masuk dalam kategori menjanjikan. Apalagi Wave memiliki rentetan fitur yang dapat diandalkan dan tentu saja aplikasi ini bisa Anda gunakan dalam mode demo terlebih dahulu. Sebagai pertimbangan jika ingin menggunakan fitur sepenuhnya dengan berlangganan bulanan

    Selesaikan Tugas Mengatur Invoice Sekarang Juga!

    Tidak perlu lagi berlama-lama karena beberapa aplikasi invoicing di atas sudah menawarkan sejumlah fitur yang dapat diandalkan. Terutama Jurnal by Mekari yang penuh dengan fitur-fitur unggul, plus aplikasi tersebut bisa Anda testing langsung. Dengan begitu Anda akan mengetahui kemampuannya secara langsung. Ketika sudah yakin, maka tinggal langsung memesan paket bulanan yang lebih eksklusif lagi.

    Menggunakan aplikasi yang berguna mempersingkat waktu proses atau pengerjaan invoice akan sangat berdampak bagi perusahaan. Terutama dalam segi efisien waktu ketika pekerja menyelesaikan tugas invoicenya. Tidak ada lagi hambatan berarti berkaitan langsung dengan invoice ini. Dan pekerjaan yang dulunya sangat membebani sekarang bisa dinikmati berkati Jurnal.

    Anda bisa mengkonsultasikan secara langsung dengan pihak developer terkait penggunaan Jurnal. Agar kedepannya pengguna bisa memaksimalkan penggunaannya untuk seluruh kebutuhan perusahaan. Dimana pada dasarnya fitur yang ditawarkan oleh Jurnal tidak hanya meliputi asisten dalam segi manajemen invoice saja.

    Melainkan juga masih banyak fitur-fitur yang dapat membantu Anda ketika mengurusi sebuah perusahaan. Kenali lebih dalam mengenai Jurnal dan ketika Anda sudah mengetahui kemampuan sesungguhnya. Langsung saja coba demo atau versi gratisnya sekarang juga. Agar bisa secepatnya meningkatkan produktifitas perusahaan secara general.