icon-category Health

7 Bahan Dapur yang Bisa Sembuhkan Luka: Cuka Sampai Lada Hitam

  • 08 Feb 2018 WIB
  • Bagikan :

    Sejatinya, aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan risiko luka yang disebabkan oleh hal-hal kecil. Misalnya terkena pisau saat memasak, terjatuh atau tergores benda-benda tajam lainnya.

    Meski kerap dianggap sepele, namun jika tidak segera diobati, maka luka tersebut bisa berisiko terkena infeksi dalam waktu 24-72 jam. Tak perlu khawatir, karena terdapat sederet bahan-bahan dapur yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Apa saja? 

    Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh bahan alami yang bisa sembuhkan luka seperti dilansir Boldsky:

    1. Teh Celup

    Teh celup dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Asam tannic dan zat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat membantu mempercepat pembekuan darah, sehingga pendarahan dapat segera dihentikan.

    2. Kopi

    Selain teh, kopi juga dapat menghentikan pendarahan pada luka. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengaktifkan proses protombin, sebuah proses penting dalam pembekuan darah. Hal itulah yang akan mempercepat penyembuhan luka.

    3. Cuka

    Zat astringent, suatu zat yang dapat membuat suatu jaringan mengerut yang terkandung pada cuka. Cuka akan membantu membersihkan luka dari kuman dan menggumpalkan darah pada luka kecil. Selain itu, cairan bercita rasa asam ini juga dapat menutupi arteri yang terbuka akibat sayatan benda tajam.

    4. Lada Hitam

    Lada hitam mungkin dinilai tak wajar untuk menghentikan darah pada luka, namun nyatanya bumbu dapur ini mampu bekerja cepat untuk mengentalkan darah serta menutup luka. Lada hitam juga bersifat anti-bakteri, sehingga mampu mencegah infeksi. 

    5. Tepung Terigu

    Tepung terigu dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menghentikan pendarahan pada luka. Bahan pembuat kue ini secara efektif mampu menyerap kelembaban, sehingga luka akan cepat mengering.

    6. Bubuk Cabai

    Meski terasa perih, namun bubuk cabai dapat menutup luka dengan cepat dan mempercepat proses pembekuan darah. Selain itu, sifat anti jamur dan anti-bakteri di dalamnya juga dapat mensterilkan luka. 

    7. Es Batu

    Sensasi dingin dari es batu dapat membantu menghentikan pendarahan dengan cepat. Selain itu rasa dingin tersebut juga ampuh untuk mengurangi rasa perih pada luka. Namun, jangan meletakkan es batu langsung pada luka terbuka. Sebaiknya tutup es batu dengan kain, setelah itu baru letakan pada luka dan biarkan selama beberapa menit.

    Semoga bermanfaat!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini