home ×
Gadget

7 Cara Sederhana Merawat Ponsel Agar Awet

04 September 2020 By
7 Cara Sederhana Merawat Ponsel Agar Awet
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tidak dipungkiri, kita semua telah menjadi masyarakat yang hidup tak terlepaskan dari smartphone. Terlebih lagi, handphone dianggap sebagai perangkat penting untuk terhubung ke internet demi bisa berkomunikasi dengan mudah. Harga smartphone tidaklah murah. Apalagi saat harus memperbaiki atau bahkan menggantinya akibat kerusakan mendadak, urusan dompet jebol pun bisa jadi perkara. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena 7 cara merawat HP agar awet berikut ini bisa kamu ikuti demi menjaga ponselmu tetap dalam keadaan sehat.

1. Gunakan case pelindung

Tidak ada yang lebih buruk daripada menjatuhkan ponsel kesayanganmu dan berakibat menghancurkan layarnya. Bahkan, badan ponsel juga bisa jadi lecet atau penyok. Jika itu terjadi, tidak ada jaminan kamu selalu memperbaikinya. Oleh karena itu, lindungi handphone dengan casing. Pilihlah casing dengan ukuran yang pas agar tidak mudah terlepas. Jangan lupa juga untuk membeli casing yang berkualitas dengan material yang mampu mengurangi risiko apabila terjadi benturan.

2. Gunakan lapisan pelindung layar atau screen protector

Bicara tentang layar HP, pertimbangkan juga lapisan pelindung layar yang bagus. Sebab, screen protector dapat menjadi proteksi untuk mengurangi risiko ponsel terjatuh, hingga layar tergores atau terbentur. Dapatkan pelindung yang mudah dipasang dan berukuran cocok untuk ponsel milikmu. Pilihlah screen protector yang berkualitas agar tidak mudah mengelupas dan berumur panjang.

3. Perhatikan cara penyimpanan ponsel saat tidak digunakan

Jika tidak ingin handphone millikmu tergores, hindari meletakkan kunci di bagian tas atau saku yang sama dengan ponsel. Sebagai alternatif, pilih tas dengan kantung khusus atau gunakan sarung kain berbahan lembut untuk menyimpan ponselmu. Selain itu, jangan letakkan ponsel di tempat-tempat berbahaya, seperti di pagar atau pinggir meja agar ponsel terhindar dari risiko jatuh dan hancur berkeping-keping.

4. Jauhkan dari air dan suhu ekstrem

Pastikan kamu tidak meletakkan handphone di dekat air atau di tempat dengan temperatur ekstrem. Misalnya, saat bepergian ke pantai atau ke tepi kolam renang, jangan bawa ponsel di dalam kantong pakaian atau menyentuhnya dengan tangan yang basah. Hindari juga menggunakan ponsel di luar ruangan saat cuaca sangat terik untuk mengurangi kemungkinan overheat terjadi pada ponselmu.

5. Jaga kebersihan ponsel

Kamu mungkin tidak bisa melihat partikel debu, tetapi partikel tersebut sangat bisa masuk ke dalam smartphone milikmu meskipun sudah menggunakan casing atau pelindung layar. Gunakan kain pembersih layar yang lembut dengan pembersih layar yang sesuai untuk menyeka layar dengan lembut. Buka casing sesekali untuk membersihkan ponsel dan menghilangkan debu.

6. Perhatikan kesehatan baterai

Ikuti pedoman produsen ponsel milikmu untuk merawat baterai. Supaya baterai handphone milikmu tidak mudah bocor, pastikan kamu hanya mengisi daya ponsel sebelum benar-benar habis. Kamu juga bisa mencoba berbagai cara lain seperti, membiarkan baterai habis total sesekali, restart ponsel secara berkala, mematikan fitur saat tidak dibutuhkan (seperti data seluler saat kamu bisa menggunakan Wi-Fi dan wallpaper animasi), dan mematikan ponsel jika suhunya terlalu panas.

7. Lindungi dengan asuransi smartphone

Selain itu, kamu juga bisa membeli asuransi smartphone di Qoala sebagai salah satu cara merawat ponsel agar awet. Manfaat asuransi smartphone mencakup perlindungan layar HP dari risiko retak atau pecah, perbaikan motherboard, penggantian handphone/unit baru, layanan pesan antar (pick up and delivery), dan keamanan finansial untuk menekan pengeluaran.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena 7 cara tadi bisa kamu ikuti untuk merawat ponsel kesayanganmu dan membuatnya tetap awet untuk digunakan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
hii bro 07 September 2020 | 13:21:17

kita harus menjaga nya dengan benar apa hp ini sanagt mahal

zarkasyi hasbi 06 September 2020 | 22:54:27

hp yang sehat terdapat pengguna yg cerdas

aiya 04 September 2020 | 18:21:04

kita harus merawat ponsel supaya awet

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article