home ×
Gadget

7 Fitur Kunci Laptop Gaming yang Bikin Makin Seru

08 July 2020 By
7 Fitur Kunci Laptop Gaming yang Bikin Makin Seru
Share
Share
Share

Uzone.id - Saat memiliki waktu yang luang, salah satu cara menyenangkan untuk mengatasinya adalah bermain game. Supaya lebih lega dan mengasyikkan, bermain game di komputer bisa dipilih. Karena PC tidak bisa dibawa ke mana saja, laptop lebih disarankan ya. Tapi bukan sembarang laptop lho, ada spesifikasi tersendiri yang perlu dipenuhi supaya bermain game bisa puas tanpa gangguan yang berarti atau istilahnya nge-lag.

Dilansir dari Leskompi, ada beragam game baru bermunculan dibarengi dengan visual yang apik dan terkesan nyata akan terasa sangat berat jika dijalankan di laptop berspesifikasi rendah. Maka dari itulah, laptop gaming perlu memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk bisa mengimbanginya. Berikut ada beberapa spesifikasi untuk laptop gaming yang perlu kamu perhatikan.

  1. Prosesor Handal

Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan saat mencari laptop gaming adalah prosesor. Seperti yang disebutkan sebelumnya, game-game terbaru sangatlah berat dengan resolusi tinggi. Maka dari itulah perlu “otak” untuk menerjemahkannya dengan cepat ke berbagai perangkat keras. Prosesor yang handal dan spek tinggi, akan memberikan kepuasan untuk para gamers.

Rekomendasi prosesor utama untuk laptop gaming adalah Intel dan AMD. Keduanya sangat direkomendasikan untuk membuat game jadi lancar saat dimainkan. Prosesor Intel yang begitu handal untuk gaming adalah Intel Core-i7-8700K generasi ke-8, Intel Core i7-9700K, ke atas. Sementara untuk AMD ada AMD Ryzen 3 22006, AMD Ryzen 5 2600X, bisa juga AMD Ryzen 7 2700.

  1. RAM Kapasitas Besar

RAM kapasitas jumbo juga diperlukan. Jika memiliki dana yang lebih, laptop gaming dengan RAM 8 cukup direkomendasikan. Namun jika dana yang dimiliki tidak terlalu besar, usahakan memilih ukuran minimal RAM 4. Jangan sampai kurang, karena kerja laptop bisa ngos-ngosan. Pilihlah RAM jenis DDR3 karena banyak dipasaran, jadi nanti jika sudah memiliki dana yang cukup, bisa diupgrade ke tingkat yang lebih tinggi. Semakin besar kapasitas RAM, tambah bagus permainan bisa semakin mulus. 

  1. VGA Tingkat Tinggi

Supaya gambar bisa berkualitas bagus, pilihlah laptop gaming dengan VGA atau kartu grafis kelas atas. Semakin tinggi, maka akan tambah bagus pula gambar yang diperlihatkan. Jika diperlukan, bisa juga dipertimbangkan untuk memasang kartu grafis tambahan. Ada banyak di pasar yang menawarkan brand VGA dengan kualitas jempolan, dua di antaranya adalah AMD dan NVIDIA.

Dalam memilih VGA, jangan hanya mementingkan ukuran memorinya saja. Namun hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah seri chipsetnya. Jika sudah memilih yang terbaik, game akan tampil maksimal dengan resolusi grafis tinggi.

  1. Ruang Penyimpanan yang Lega

Laptop gaming juga perlu ruang penyimpanan yang lega. Pasalnya kebanyakan game saat ini memang didesain memiliki ukuran yang besar. Maka dari itulah, untuk berjaga-jaga selalu pilih ruang penyimpanan yang besar. Apalagi jika kamu merupakan gamers sejati dengan berbagai koleksi gamenya, tentu saja membutuhkan ruang yang lebih besar. Pilih harddisk drive dengan ukuran minimal 500GB. Namun jika memungkinkan, lebih baik yang 1TB.

  1. Baterai yang Besar dan Tahan Lama

Saat sedang bermain game, hampir semua komponen laptop bekerja keras. Karena itulah daya baterai akan mudah habis. Jangan sampai sedang asyik-asyiknya main game, baterai tiba-tiba habis. Karena memang seringkali saking asyiknya jadi tidak sadar saat baterai hampir habis. Maka dari itulah, pilih laptop gaming dengan dengan daya tahan yang lama, bisa berjam-jam tanpa perlu isi ulang.

  1. Layar Laptop Berkualitas dan Jumbo

Supaya bisa main lebih lega dan leluasa, layar laptop yang berkualitas perlu dipilih. Sebagai informasi, kualitas gambar yang akan muncul tidak hanya bergantung pada VGA saja namun juga kondisi layar. Maka dari itulah, pilih yang memiliki resolusi FHD 1920 x 1080. Sementara untuk lebar layarnya sendiri sebenarnya yang lebih besar akan memberikan kepuasan. Bentang layar 15,6 inch atau 17,3 inch sangat bagus. Namun saat dibawa-bawa akan berat. Soal besar layar, tergantung pada pilihan masing-masing ya.

  1. Audio Kualitas Jawara

Satu hal lagi spesifikasi yang perlu kamu perhatikan, yakni kualitas audio. Bayangkan saja jika game yang dimiliki sudah sangat bagus, namun audio pas-pasan, bisa sangat membosankan jadinya. Maka dari itulah perlu memilih audio kualitas jawara menambah keseruan saat main game. Tenang saja, sudah banyak pilihan laptop gaming dengan audio mencengangkan, pastikan untuk mencari informasinya sebelum membeli.

Guna menambah keseruan lagi saat bermain game, kamu bisa membeli beberapa aksesoris pendukung. Misalnya saja membeli keyboard gaming. Satu hal lagi yang mungkin bisa jadi pertimbangan, jika kamu memiliki dana ekstra, bisa pilih laptop dengan penyimpanan SSD yang memberikan kinerja yang lebih cepat.

 

 

 

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Meri 15 July 2020 | 00:19:51

cocok untuk yang suka banget ngegame

oki puntoro 08 July 2020 | 15:42:24

fitur apa emangnya itu yang ada dilaptop

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article