icon-category Technology

7 Fitur Paling Ditunggu di Android 10

  • 09 Sep 2019 WIB
Bagikan :

(Foto: dok. Cnet)

Uzone.id -- Hooray! Akhirnya sistem operasi Android terbaru, Android 10, resmi dirilis. Meski baru tersedia untuk ponsel Pixel, ada beberapa hal yang layak ditunggu, nih.

Jangan uring-uringan dulu ya gaes kalau ponsel kalian belum dapat pembaruan ke Android 10. 

Mumpung masih ada waktu nungguin OS baru ini beneran digulir ke ponsel-ponsel Android mainstream seperti Samsung, Oppo, dan lain sebagainya, simak dulu ragam fitur Android 10 di bawah ini.

Baca juga: Android 10 Dirilis untuk Pixel, Ponsel Lain Harap Sabar

Psst, siapa tahu beberapa di antaranya yang selama ini kamu dambakan banget.

1. Dark Mode

Google memperbarui beberapa hal di fitur Dark Mode yang dinantikan ini. Kalau di versi sebelumnya, OS Android punya menu dan layar yang bisa diatur jadi gelap, tanpa memengaruhi aplikasi di dalamnya.

Nah, Dark Mode kali ini bisa membuat tampilan aplikasi ponsel jadi serba gelap juga, gaes

(dok. MobileSyrup)

 

2. Smart Reply

Fitur ini mempermudah aktivitas chatting pengguna, seperti menyajikan suggestion teks hingga otomatis membuka Google Maps ketika teman kita memberikan keterangan alamat. Jadi, semuanya serba makin pintar dan praktis gitu.

3. Emoji baru!

Rasanya hampir semua orang suka emoji untuk berkomunikasi agar ekspresi kita semakin tersampaikan dan menambah kedekatan. 

Google telah menyiapkan pasukan 65 emoji baru yang akan hadir di Android 10, seperti berang-berang, stetoskop, hingga ikon pasangan dengan ragam gender dan ras.

Baca juga: Alasan Google Setop Pakai Nama Dessert untuk Android

4. Kontrol privasi

Kelemahan Android selama ini dikenal rentan disusupi virus jahat. Nah, Android 10 akan menempatkan semua izin otorisasi aplikasi di satu tempat, sehingga pengguna lebih mudah mengontrol aplikasi mana saja yang bisa melacak data lokasi, membaca kalender, dan lain-lain.

5. Focus Mode

Di Android 10 ada fitur menarik bernama Focus Mode, gunanya untuk menghentikan masuknya notifikasi dalam waktu tertentu dari sejumlah aplikasi pilihan.

Misalnya, kamu merasa Instagram benar-benar mengganggu produktivitas banget padahal kamu lagi melakukan pekerjaan di Google Docs. Kamu bisa pakai Focus Mode ini agar gak ada lagi notifikasi dari Instagram sampai malam agar hidup kamu lebih tentram.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Kebagian Android 10

6. Family Controls

Sesuai namanya, fitur ini dinantikan oleh pengguna orang tua yang punya anak. Biasanya, mereka khawatir dengan kebiasaan anak yang keseringan main gadget.

Android 10 dibekali “Family Link” yang memungkinkan orang tua pakai ponsel mereka untuk mengendalikan waktu bermain para anak dengan gadget-nya. Tak cuma waktu aja, tapi juga memantau aplikasi apa saja yang dipakai, dan melacak lokasi ponsel si anak.

7. Live Caption

Jika pengguna mengaktifkan fitur ini saat memutar video, maka secara otomatis OS akan menerjemahkan audio atau suara dari video menjadi tulisan teks secara real-time. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna tuli agar lebih nyaman saat nonton video.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini