home ×
Digilife

7 Fitur YouTube Shorts yang Belum Kamu Tahu

14 July 2021 By
7 Fitur YouTube Shorts yang Belum Kamu Tahu
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Fitur video pendek mirip bikinan YouTube ‘Shorts’ kini sudah hadir di 100 negara di dunia, termasuk Indonesia. Meski masih dalam bentuk Beta, fitur ini sudah bisa dinikmati beberapa penggunanya.

Video pendek ini mirip dengan TikTok dan Reels dari Instagram, bedanya fitur ini ada dalam platform YouTube. Untuk menggunakan video pendek milik YouTube ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut

Masuk ke YouTube, lalu klik tombol (+) atau Create yang ada di layar utama bagian bawah. Pilih ‘Create a Short’, lalu kalian sudah bisa membuat video pendek Shorts dengan opsi dua durasi berbeda, 15 detik dan 60 detik.

Fitur-fitur yang hadir di video pendek Shorts tak jauh berbeda dengan apa yang ada di video pendek platform lain, fitur tersebut mencakup pilihan musik, teks, filter, speed, timer serta timeline untuk mengatur kapan teks akan muncul.

Berikut beberapa tips seru dalam menggunakan fitur YouTube Short di ponsel kalian

Rekam beberapa klip berbeda dalam satu video

Shorts memungkinkan kalian untuk merekam beberapa klip dalam satu video dengan durasi 15 detik hingga 60 detik. Saat merekam, kalian bisa memperhatikan durasi bagian klip di bagian atas layar.

Jika video yang direkam tidak sesuai dengan yang diinginkan, kalian bisa merekam ulang dengan mengklik X untuk menghapus keseluruhan klip, atau panah mundur untuk merekam ulang bagian sebelumnya.

Masukkan musik pilihan ke video Shorts dengan fitur Add Music

Salah satu yang jadi sorotan dalam video Shorts adalah katalog musiknya yang cukup beragam dengan berbagai bahasa. Jadi, kalian bisa menyesuaikan tema video pada musik yang kalian pilih untuk membuat video lebih sempurna.

Untuk menambahkan musik, klik ‘Add Music/Tambahkan Musik’ pada bagian atas layar, lalu pilih musik sesuai keinginan. Kalian juga bisa mencari musik yang diinginkan secara mudah di bilah pencarian. Akan ada beberapa kategori termasuk cinta, rock, ballad, pop dan lainnya.

Setelah memilih lagu yang pas, kalian bisa mengklik panah kecil yang ada di samping track untuk menambahkan lagu ke video.

Sesuaikan musik di video pendek dengan fitur Adjust

Setelah tambahkan musik, kalian bisa menyinkronkan musik tersebut agar pas dengan video kalian. Caranya, dengan menggunakan fitur ‘Adjust/Sesuaikan’. Kalian bisa memilih bagian musik yang cocok untuk video kalian. Langkah-langkahnya, klik ‘Adjust’ lalu gunakan penggeser atau slider untuk memilih bagian yang kamu suka. Lalu, klik ‘Selesai’ setelah selesai.

Jika kalian berubah pikiran dan ingin mengganti musik yang ada, kalian bisa dengan mudah melakukannya sebelum merekam video. Caranya, klik judul musik yang ada di bagian atas layar, kemudian akan ada pop-up yang muncul dari bawah layar, klik ‘Ubah Musik’ setelah itu kalian bisa mencari musik yang kalian pilih untuk ditambahkan ke video.

Sesuaikan kecepatan video Shorts dengan fitur Speed

Untuk mempercepat atau memperlambat kecepatan clip yang direkam, kalian bisa klik tombol ‘Speed’ yang ada di sisi kanan atas layar. Kalian akan mendapatkan beberapa opsi kecepatan.

Kecepatan sangat lambat (0,3x), lambat (0,5x), normal (1x), cepat (2x) dan sangat cepat (3x). Kalian bisa memilih diantara lima opsi tersebut, kemudian klik pada opsi yang dipilih untuk menerapkannya.

Gunakan fitur Timer untuk merekam otomatis

Timer sangat berguna ketika kalian ingin membuat video tanpa harus mengendalikannya secara langsung. Kalian bisa mengatur waktu selama 3/10/20 detik untuk memulai rekaman otomatis. Caranya, klik Timer di kanan atas layar, lalu akan ada pilihan waktu 3 detik, 10 detik, dan 20 detik dalam kolom ‘Countdown/hitung mundur’.

Selain mengatur rekaman otomatis, Shorts juga menghadirkan fitur yang bisa menghentikan rekaman secara otomatis. Di bawah kolom countdown, kalian akan menemukan tulisan ‘drag to change where recording stops’, kalian bisa menggeser ke kiri atau ke kanan untuk mengatur waktu perekaman, setelah itu klik ‘Start/Mulai.’

Menambahkan Teks Video dengan fitur Text

Dengan fitur ini, kalian bisa menambahkan tulisan yang cocok untuk menarik perhatian. Caranya, setelah selesai merekam video, lanjutkan ke proses selanjutnya dan klik tombol 'Teks' di bagian bawah dan masukkan tulisan yang kalian inginkan.

Kalian juga bisa mengubah font agar tampilan lebih menarik lagi, opsi font yang tersedia adalah classic, heavy, marker, brush, dan banyak lagi. Ketika sudah memasukkan tulisan, jangan lupa klik ‘Selesai’ agar proses editing tersimpan.

Sempurnakan tampilan video dengan fitur Filter

Agar video pendek Shorts makin terlihat menarik, kalian bisa menggunakan fitur ‘Filter’ untuk memperindah tampilan video. fitur Filter akan memberikan efek dan kesan yang sesuai dengan tema video kalian, termasuk efek hitam putih yang memberikan kesan dramatis. Caranya, setelah menyelesaikan rekaman video, klik tombol ‘Filter’ yang ada di bawah layar. Kemudian pilih efek yang sesuai, klik ‘Done/Selesai’ untuk menerapkan filter tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id