home ×
Music

7 Grup K-Pop yang Tetap Sukses Meski Anggotanya Keluar

29 April 2018 By
7 Grup K-Pop yang Tetap Sukses Meski Anggotanya Keluar
Share
Share
Share
Share

Kehilangan anggota grup yang memilih untuk bersolo karier atau karena berbagai alasan adalah hal yang biasa. Namun, kehilangan anggota tak menjadi halangan bagi grup-grup ini tentu tetap melanjutkan karier mereka sebagai grup K-Pop

Para idola yang memilih keluar dari grupnya punya berbagai alasan. Entah karena mereka ingin mengejar pendidikan, bersolo karier, terpaksa mengundurkan diri karena gangguan kesehatan, atau juga memiliki masalah dengan agensi tempatnya bernaung. 

Formasi grup yang berubah tentunya akan mempengaruhi para anggota yang tersisa juga dukungan fans yang terpecah. Tetapi ada juga grup K-Pop yang mampu bertahan dan memiliki karier yang cemerlang meskipun harus kehilangan anggota.

Berikut ini tujuh grup idola yang mampu tetap mempertahankan eksistensi mereka meskipun anggotanya memilih keluar.

1. TVXQ

Tahun 2009 bisa dikatakan sebagai tahun tersulit bagi TVXQ dan para penggemarnya. Pada tahun ini tiga anggota TVXQ yaitu Jaejoong, Yoochun, dan Junsu mengajukan gugatan pembatalan kontrak dengan agensi yang membentuk mereka, SM Entertainment.

Ketiganya kemudian memutuskan hengkang dari TVXQ dan SM Entertainment pada 2010. Jaejoong Yoochun dan Junsu lalu membentuk trio bernama JYJ dibawah naungan C-JeS, sedangkan Yunho dan Changmin hingga kini tetap berkarier sebagai TVXQ dibawah SM.

2. Super Junior

Satu-satunya anggota grup yang berasal dari China, Hangeng, memilih untuk hengkang setelah menggugat SM atas kontrak yang dianggap tidak adil pada 2009. Tak hanya Hangeng, Super Junior juga harus kehilangan satu anggota lagi yaitu Kibum pada 2015 lalu. Pria kelahiran 1987 itu memilih untuk tidak melanjutkan kontraknya dengan SM Entertainment dan memilih berkarier sebagai aktor.

Meskipun telah kehilangan kedua anggotanya Super Junior tetap mampu bertahan dan berkarier di industri hiburan hingga saat ini. Super Junior menjadi salah satu grup K-Pop legenda yang mampu bertahan hingga saat ini.

3. 2PM

Sejak ditinggalkan sang leader, Park Jae-bum atau yang kini lebih dikenal dengan Jay Park, 2PM tidak memiliki seorang pemimpin. Pria kelahiran 1987 ini mengundurkan diri dari 2PM dan JYP Entertainment setelah postingan MySpace tentang ketidaksukaannya tinggal di Korea Selatan terungkap ke publik pada 2009. 

Pada tahun 2010 JYP mengumumkan secara resmi bahwa Jaebeom dihentikan secara permanen. Sejak kepergiaan Jay Park, 2PM berkarier dengan keenam anggota yang tersisa hingga saat ini. 

4. SNSD

Hengkangnya Jessica Jung dari SNSD pada 2014 masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Saat itu Jessica mengatakan ia dikeluarkan dari SNSD, sedangkan pihak SM Entertainment membantah hal itu dan mengatakan Jessica keluar karena ingin mengejar karier sebagai desainer. Berbagai spekulasi juga muncul, mulai dari konflik internal antarmember, isu pernikahannya dengan sang kekasih, juga jadwal pribadi yang terus menerus bentrok dengan SNSD.

SNSD saat itu melanjutkan karier dengan delapan anggota yang tersisa. Mereka merilis single 'Catch Me If You Can' setelah Jessica resmi hengkang dari grup. 

5. EXO

Baru dua tahun berkarier, EXO harus rela kehilangan dua anggota yaitu Kris dan Luhan pada 2014. Keduanya memutuskan untuk mengajukan gugatan kepada pihak SM Entertainment karena permasalahan kontrak kerja. Tak cukup sampai situ, setahun kemudian EXO juga kembali harus kehilangan anggota setelah Tao memutuskan untuk hengkang dari SM dan grup yang membesarkan namanya tersebut.

Kehilangan tiga anggota yang berasal dari China bukanlah hambatan bagi karier EXO. Hingga kini kesembilan anggota yang tersisa mampu bertahan dan menjadi salah satu grup K-Pop terpopuler.

 

6. Apink

Belum lama ini para penggemar Apink dibuat baper akan foto yang diunggah Eunji. Pasalnya dalam foto tersebut memperlihatkan ketiga anggota Apink Eunji, Bomi dan Chorong yang sedang menghabiskan waktu bersama Yoo-kyung, mantan anggota Apink.

Diawal debutnya pada tahun 2011 lalu Apink memiliki tujuh anggota yaitu Chorong, Bomi, Eunji, Naeun, Yoo-Kyung, Namjoo dan Hayoung. Tapi pada 2013 Yoo-kyung memutuskan meninggalkan Apink dan industri hiburan Korea Selatan karena ingin fokus melanjutkan pendidikannya saat itu.

7. Winner

Sejak tampil dalam acara 'Who is Next?' grup asuhan YG Entertainment ini memiliki formasi lima anggota yaitu Taehyun, Mino, Hoony, Yoon, dan Jinu. Winner melangsungkan debut dengan kelima anggotanya pada 2014 lalu.

Namun pada tahun 2016, sang vokalis utama, Taehyun, memutuskan keluar dari Winner dan YG Entertainment karena masalah kesehatan. Sejak itu Winner berubah formasi menjadi grup dengan empat orang. Mereka mengusung konsep angka empat saat melangsungkan comeback. Meskipun tidak bersama lagi, Taehyun diketahui tetap menjalin hubungan yang baik dengan anggota Winner.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id