icon-category Gadget

7 Hal yang Bikin Samsung Galaxy Tab S9 Ultra Layak Dibeli

  • 19 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Samsung baru saja menggulirkan Galaxy Tab S9 dalam 3 varian, Tab S9, Tab S9+ dan Tab 9 Ultra yang masing-masing dibedakan berdasarkan ukurannya. Soal jenis layar dan chipset yang digunakan ketiga identik. 

Namun dari ketiga jenis tablet itu jelas versi Ultra yang paling mencolok perhatian. Bagaimana tidak, ukuran layarnya yang sebesar 14,5 inci seakan-akan menguatkannya sebagai tablet paling besar dan paling bertenaga. Berikut adalah 5 alasan yang seolah-olah bikin Galaxy Tab S9 Ultra gak ada lawan.

1. Layar bening & besar

Layar memang salah hal yang paling diunggulkan pada seri Galaxy Tab S9, dan versi Ultra punya layar paling besar sekaligus paling bagus di antara ketiganya. 

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci. Lebih besar dari kebanyakan laptop yang digunakan oleh orang kantoran. Lebi hebatnya lagi, tablet ini punya resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel) dengan refresh rate mencapai 120 Hz. 

Dengan layar sebesar itu tentunya tablet ini bakal jadi pesaing serius iPad Pro versi tertinggi dengan layar 12,9 inci. Dan ini juga yang menjadi poin penentu para content creator, atau ilustrator ketika ingin memilih tablet. 

Layar yang besar itu juga sudah mendukung konten-konten berbasis HDR. Jadi bukan kalian yang gemar streaming film di Netflix, pasti bakal dimanjakan dengan konten visual yang disajikan. Benar-benar bening. 

alt-img 

2. Chipset super kencang

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang digunakan pada Samsung Galaxy Tab S9 Ultra bisa dibilang masih jadi chipset terkencang yang ada pada tablet Android. Ditambah lagi chip itu didukung oleh RAM 12 GB. 

Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy memiliki CPU dan GPU yang lebih tinggi dari versi biasa. Chipset ini menggunakan konfigurasi CPU yang serupa 1-core Cortex X3, 2-core Cortex A715, 2-core Cortex A710, dan 3x Cortex A510.

Namun buat clock-speed pada prime core Cortex X3, dibuat lebih tinggi mencapai 3,36 GHz daripada 3,2 GHz pada Snapdragon 8 Gen 2 standar. Begitu juga dengan GPU Adreno 740 yang dinaikkan performanya dengan clock-speed 719 MHz berbanding 680 MHz.

Dengan peningkatan itu jelas sekali melakukan multitasking di Galaxy Tab S9 Ultra bisa dipastikan tanpa kendala. Bahkan di tablet ini kalian bisa membuka hingga 4 aplikasi sekaligus secara bersamaan dalam satu layar saya. 

Seperti inilah hakekatnya sebuah tablet yang bisa dipakai multitasking dengan nyaman berkat chipset kencang dan layar yang lebar. 

 alt-img

3. Cocok buat para ilustrator

Salah satu hal menarik dari Samsung Galaxy Tab S9 Ultra adalah, sudah dilengkapi S-Pen dalam paket penjualannya. Ya, kalian tidak perlu lagi keluar uang ekstra untuk membeli pensil tersebut. 

Tapi bukan cuma menaikan value Galaxy Tab S9 Ultra itu sendiri, S-Pen tersebut ternyata juga enak sekali dipakai dan sangat fungsional. 

Dengan S-Pen di Galaxy Tab S9 Ultra kalian bisa langsung membuat catatan saat tablet dalam keadaan mati. Persis seperti yang ada pada Galaxy S23 Ultra. Fungsi ini bikin kalian bisa membuat catatan ide dengan lebih cepat tanpa harus menghidupkan tablet terlebih dahulu. 

Dipakai untuk menggambar S-Pen ini juga luar biasa enak, bisa dibilang rasanya lebih enak di Galaxy Tab S9 Ultra ini ketimbang Apple Pencil gen 2 yang biasa kami pakai di iPad Pro.

Setiap goresan direspon dengan presisi oleh layar, ditambah di ujung pensil terdapat karet yang membuat setiap goresan terasa natural. Ini yang membuat Galaxy Tab S9 Ultra cocok dipakai oleh kalian para ilustrator. 

4. Anti air

Banyak pertanyaan kenapa Samsung membuat Galaxy Tab S9 Ultra tahan air, karena siapa juga yang ingin menggambar di dalam air?

Ternyata bukan cuma itu alasannya. Dengan tablet yang tahan air kalian bisa lebih tenang, worry free istilah Samsung. Karena dengan fitur ini kalian gak perlu takut kalau misalnya dalam kondisi di outdoor yang tiba-tiba hujan, atau tanpa sengaja tablet terkena cipratan air minum yang ada di sebelahnya. 

Kemampuan tahan ini sekaligus menjadi pembeda Galaxy Tab S9 Ultra dengan tablet lain pada umumnya. Namun bukan cuma itu, berkat sertifikasi IP68 yang dimilikinya, tablet ini juga ternyata tahan serangan debu selama pemakaiannya. Selain tablet, S-Pen di Galaxy Tab S9 Ultra juga memiliki dua ketahanan tersebut. 

 alt-img

5. Maksimal buat konsumsi konten hiburan

Nonton film atau sekadar mendengarkan musik bakal beda kalau pakai Galaxy Tab S9 Ultra. Layarnya lebar, kualitasnya tajam, ditambah ada empat speaker dengan konfigurasi stereo yang sudah dituning oleh AKG. 

Untuk nonton film di layanan streaming seperti Netflix atau Disney+, kualitasnya amat baik meski film yang disaksikan dalam resolusi full HD. Karena selain kepadatan piksel layarnya yang mencapai 239 ppi, panel layar ini juga sudah mendukung konten HDR yang memang sudah marak dipakai dalam industri film. 

Selain kualitas layar dan speaker, hal lain yang bikin Galaxy Tab S9 Ultra layak disebut sebagai media hiburan berjalan adalah kapasitas baterainya yang mencapai 11.200 mAh. 

Saat kami coba untuk menonton serial The Witcher di Netflix, baterainya hanya berkurang sekitar 12% untuk dua episode pertama yang rata-rata per episodenya berdurasi 55 - 70 menit. 

 alt-img

6. Punya Samsung DeX

Samsung DeX bisa dibilang adalah satu fungsi yang jarang sekali diperbincangkan, padahal ini adalah salah satu fitur kunci di jajaran tablet Samsung. 

Samsung DeX sejatinya bukan hal baru, dan sudah diperkenalkan sejak 2017 melalui Galaxy S8. Dan hingga kini fungsi ini terus mengalami peningkatan untuk mewujudkan pengalaman menggunakan desktop dalam media portabel, sesuai dengan namanya DeX (Desktop Experience). 

Pada ponsel mungkin tidak terlalu kentara manfaatnya, tapi pada tablet, fungsi ini justru yang menjadi keunggulan Galaxy Tab S9 Ultra dibanding tablet lainnya. 

Karena berkat DeX semua aplikasi yang berjalan di tablet ini bisa disimulasikan dalam bentuk pengalaman memakai komputer. Terutama untuk aplikasi-aplikasi yang memang didesain pengoperasiannya dalam mode Portrait, seperti Instagram, TikTok dan sejenisnya. 

Pada kebanyakan tablet kalian akan merasakan pengalaman yang kurang enak ketika menggunakan kedua aplikasi di atas, tapi di Galaxy Tab S9 Ultra tampilan keduanya bisa berjalan normal meski tablet digunakan pada posisi Landscape.  

7. Dukungan konektivitas 5G

Terakhir dan tak kalah penting adalah urusan konektivitas. Buat penunjang produktivitas, seluruh seri Galaxy Tab S9 Ultra yang dijual di Indonesia sudah dilengkapi dengan dukungan koneksi internet 5G baik melalui kartu SIM fisik atau pun e-SIM. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini