icon-category Lifestyle

7 Keahlian yang Perlu Anda Miliki dalam Berkarier

  • 13 Apr 2018 WIB
Bagikan :

Semakin berkembangnya zaman, semakin tinggi pula kualitas yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam mencari karyawan baru. Tak jarang, kualitas-kualitas yang dibutuhkan tersebut berbeda setiap tahunnya. Alasannya, hal ini merupakan cara perusahaan dalam menciptakan kompetisi pada setiap pelamar.

Lalu, apa kemampuan-kemampuan yang Anda butuhkan saat ini? Berikut kumparanSTYLE (kumparan.com) rangkumkan:

1. Kemampuan penyelesaian masalah

Problem solving. Untuk Anda yang pernah melamar ke berbagai perusahaan, tentunya tak asing dengan pertanyaan-pertanyaan kasus yang membuat Anda harus menjawabnya dengan penyelesaian masalah terbaik.

“Perekrut ingin mengetahui cara Anda menyelesaikan masalah secara mandiri,” jelas Vicki Salemi, ahli karier, seperti dikutip Monster. 

2. Kreativitas

Menurut survei dari World Economic Forum, kreatifitas adalah kemampuan terpenting ketiga setelah penyelesaian masalah dan pemikiran yang kritis. 

“Perekrut selalu mencari seseorang yang dapat memberikan ide-ide segar dalam menjalankan pekerjaannya,” tambah Salemi.

3. Manajemen waktu

 Demi terciptanya sebuah waktu kerja yang ‘sehat’ tentunya Anda perlu menyelesaikan tugas sesuai deadline yang diberikan. Untuk itulah, manajemen waktu sangat dibutuhkan. Seseorang yang dapat bekerja di bawah tekanan dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan baik tentunya memiliki manajemen waktu yang juga baik.

4. Public speaking dan kemampuan berpresentasi

Cara Anda berkomunikasi dan mempresentasikan pekerjaan Anda, sama pentingnya dengan pekerjaan yang Anda buat. Sehingga, dibutuhkan kemampuan presentasi yang baik agar pendengar dapat lebih memahami apa yang Anda kerjakan.

5. Bahasa Inggris

‘Excellent command/highly proficient in spoken and written English’.

Pernahkah Anda membaca persyaratan di atas? Jika Anda berselancar di situs-situs pencari pekerjaan, kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang dicari oleh perekrut. Alasannya, Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Jika Anda bepergian ke luar negeri, Bahasa Inggris ini seringkali dijadikan dasar untuk berbicara.

6. Menguasai microsoft office

Hidup di era digital ini mengharuskan Anda untuk ‘melek’ teknologi. Tak harus memahami segala software yang ada, setidaknya Anda memahami cara menggunakan Microsoft Office yang meliputi Word, Excel, dan Powerpoint. 

7. Multitasking

Untuk sebagian orang, melakukan hal secara bersamaan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, keharusan Anda untuk menyelesaikan segala tugas pada waktunya, membuat Anda ‘terpaksa’ bekerja secara multitasking. Tentunya, dengan kemampuan ini Anda dapat menilai pekerjaan mana yang menjadi prioritas.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini