Imsakiyah Ramadan 1439H

7 Sayuran dengan Pestisida Terbanyak

13 January 2018 by
7 Sayuran dengan Pestisida Terbanyak

Uzone.id - Beberapa waktu lalu, Environmental Watch Group (EWG), Amerika, merilis 12 jenis sayur dan buah yang paling banyak mengandung pestisida (dirty dozen).

Dari jumlah tersebut, tujuh diantaranya merupakan sayuran berwarna hijau. Dilansir Livestrong, Sabtu (13/1/2018), berikut daftarnya:

1. Paprika Hijau

Paprika, atau disebut juga cabai besar manis, menempati urutan teratas sayuran yang mengandung pestisida. Dari penelitian yang dilakukan, total 64 jenis pestisida ringan sampai berbahaya ditemukan dalam paprika.

2. Seledri

Dedaunan yang sering dijadikan obat ini ternyata mengandung 94,1 persen pestisida, dimana 79,8 persen diantaranya terkontaminasi lebih dari satu jenis pestisida.

3. Kubis atau Daun Kol

Sebanyak 53,1 persen sampel kubis mengandung lebih dari dua jenis pestisida. Bahkan, dalam salah satu sampel yang ditemukan mengandung 10 jenis desinfektan serangga.

4. Daun Selada

Daun ini sering dijadikan lalapan oleh sebagian besar orang Indonesia. Tapi, siapa sangka, dalam satu sampel daun selada mentah mengandung 57 jenis pestisida berbeda. Sudah dicuci pun, efek pestisida tidak hilang sepenuhnya.

5. Bayam

Sayuran hijau yang sering dijadikan sayuran bening ini ternyata memiliki kandungan pestisida yang lumayan tinggi, bisa sampai 50 persen. Namun, jika dibersihkan dengan benar, efek pestisidanya bisa menghilang.

6. Buncis

Cara terbaik menyantap buncis adalah dengan cara memanggang atau merebusnya. Dalam satu sampel buncis, ditemukan 10 jenis pestisida berbeda.

7. Timun

Jenis sayur yang satu ini juga mengandung lebih dari dua jenis pestisida berbeda. Sebaiknya jangan dimakan mentah. Kalaupun ingin dijadikan lalapan, siramlah terlebih dulu dengan air soda.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
2 Comments in this article

Submit
suyanto suyanto 01 April 2018 | 14:24:21

informatif

red charlotte 27 February 2018 | 16:47:37

makasih infonya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top