7 Tips Hindari Salah Kostum Saat Traveling Menggunakan Pesawat

09 November 2018 by
7 Tips Hindari Salah Kostum Saat Traveling Menggunakan Pesawat

Traveling menggunakan pesawat adalah cara termudah dan terbaik untuk melakukan perjalanan panjang ketika hendak berlibur. Wajar saja, dengan pesawat perjalanan yang jauh dapat dihemat jadi beberapa jam saja, jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi lainnya.

Nah, untuk itu sebelum melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan pesawat, kamu mesti tahu pakaian apa yang pantas dan tidak pantas untuk digunakan dalam pesawat. Supaya nantinya kamu tidak salah kostum dan jadi tidak merasa nyaman saat terbang di udara. 

Dari pada kesulitan dan tidak nyaman hanya karena ingin bergaya, lebih baik biasa saja tapi aman dan selamat, kan? Karena tanpa kondisi yang fit dan mood yang baik, tidak akan ada perjalanan yang memuaskan. 

Untuk itu, kali ini kumparanTRAVEL hadirkan tujuh tips hindari salah kostum saat traveling dengan pesawat. Simak ulasannya, ya.

1. Gunakan Pakaian Berwarna Gelap

Warna gelap terbukti dapat menyerap kalor (panas) dengan lebih baik, dengan menggunakan warna gelap, kamu bisa menyerap udara panas lebih banyak saat berada di pesawat. Selain itu, warna gelap juga akan melindungimu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya saja saat pakaianmu ketumpahan jus, terciprat sambal, atau mungkin kusut karena terlipat-lipat. 

2. Hindari Lensa Kontak

Udara dalam kabin pesawat sangat kering, kelembabannya hanya sekitar 20 persen saja, sehingga bisa menimbulkan efek kering pada bibir, kulit, dan perih pada mata. Untuk itu bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam jarak pandang atau terbiasa menggunakan lensa kontak harus 'sedikit' berkompromi dengan tampilan. 

Solusinya, kamu bisa menggunakan kacamata untuk membantu penglihatanmu. Agar kedua matamu dapat tetap merasa nyaman selama penerbangan.

3. Jangan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu heels atau sepatu hak tinggi bersifat restriktif dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, heels juga kurang nyaman untuk kakimu apabila digunakan dalam penerbangan, karena tumitmu secara tidak langsung diharuskan bertahan dalam posisi yang lebih tinggi dibandingkan telapak kaki bagian depan.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan sepatu beralas datar seperti flat shoes, sepatu hiking. atau sepatu olahraga. Tak hanya masalah kenyamanan saja, masalah keamanan juga.

Dengan sepatu hak tinggi, kamu akan kesulitan melakukan evakuasi apabila terjadi pendaratan darurat, terutama jika emergency landing yang kamu hadapi berada di laut. 

4. Pilih Pakaian yang Longgar dan Menyerap Keringat

Menggunakan pakaian ketat dalam pesawat tanpa kamu sadari dapat menyebabkan kematian. Hal ini terjadi pada penyanyi populer Lady Gaga yang mengalami penyumbatan pada pembuluh darahnya saat menggunakan pakaian yang terlalu ketat dalam perjalananna di pesawat.

Sebab kulit kekurangan ruang untuk bernafas dan mesti berhadapan dengan tekanan rendah dalam kabin, tingkat kelembaban yang minim, dehidrasi, dan imobilitas selama perjalanan. Menggunakan pakaian ketat juga akan menyulitkanmu untuk bernafas saat berada dalam perjalanan.

Lebih baik lagi jika kamu menggunakan pakaian longgar berlengan panjang yang berbahan dasar katun. Karena katun dapat menyerap keringat dengan baik. Lengan panjang juga terbukti dapat melindungimu dari kobaran api lebih lama apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dalam pesawat.

5. Pewangi Pakaian Lebih Baik dari pada Parfum

 

 

Selera parfum setiap orang berbeda-beda, untuk itu dari pada mengganggu indera penciuman orang lain, akan lebih baik jika kamu menggunakan pakaian bersih yang telah diberi sedikit pewangi dari pada menggunakan parfum.

Jika kamu takut kehabisan baju, sebisa mungkin sisakan sepotong pakaian bersih yang bisa kamu gunakan saat perjalanan di pesawat. Sehingga orang lain tak mesti 'mabuk' hanya karena bau tubuhmu yang tidak sedap akibat cucuran parfum.

6. Pakai Pakaian yang Sopan

Ingat, selama kamu menggunakan maskapai penerbangan komersial, kamu akan duduk bersama dengan orang lain, baik yang kamu kenal maupun yang tidak dikenal. Mulai dari laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja hingga orang dewasa. 

Karenanya, akan lebih baik bila kamu menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup. Bukan hanya akan menghindarkanmu dari pandangan, tingkah buruk orang lain atau kondisi kabin yang dingin, menggunakan pakaian yang sopan juga akan membuatmu lebih dihargai.

Sebab ada sebuah kasus di Amerika Serikat tentang penumpang yang dikeluarkan oleh awak kabin karena berbusana terlalu terbuka. Bagi kamu para wanita, usahakan sebisa mungkin menggunakan celana ketimbang rok, agar kamu lebih mudah bergerak saat berada di pesawat, terutama saat berada di perjalanan.

7. Jangan Gunakan Pakaian yang Tebal

Dari pada menggunakan pakaian berbahan tebal, saat traveling dengan pesawat lebih baik kamu menggunakan pakaian yang bisa berlapis atau bisa ditumpuk. Apalagi jika kamu mesti melalui perjalanan yang panjang dan 'mampir' di berbagai tempat berbeda.

Karena kamu tak mesti mengganti baju jika cuaca di tempat yang kamu kunjungi lebih hangat dari perkiraanmu. Kamu bisa melepaskan tumpukan pakaian yang kamu gunakan, dan menambahkannya kembali jika cuacanya terlalu dingin. Cara ini juga akan membantu kamu menghemat ruang dalam bagasi, lho.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
855 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Annisa Nur Andien 19 November 2018 | 12:44:48

berguna bagi yang mau traveling

Wahyu Lailur 19 November 2018 | 12:25:25

itinya mah pakek pakaian yang rapi dan sopan itu aja aih

Anton Ibnu Mahiru 19 November 2018 | 10:53:58

info ny good banget buat travelling

Muhammad Fikray 19 November 2018 | 09:07:22

bisa juga ini sebagai pedoman untuk traveling

Ogik Ogik 19 November 2018 | 08:57:20

belum pernah traveling jadi aku kurang ngerti

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top