icon-category Lifestyle

7 Trik Restoran yang Selalu Dipakai supaya Kamu Mengeluarkan Lebih Banyak Uang

  • 24 Nov 2018 WIB
Bagikan :

Nggak cuma toko baju atau sepatu aja loh yang punya trik rahasia biar pelanggan belanja lebih banyak dari yang direncanakan. Setiap restoran atau cafe juga selalu menerapkan berbagai trik jitu biar kamu makan lebih atau mengeluarkan uang lebih. 

Selama ini kamu mungkin nggak nyadar karena trik ini dilakukan dengan sangat mulus biar nggak begitu mencolok di hadapan pelanggan. Berikut ini adalah 7 trik restoran yang selalu dipakai supaya kamu mengeluarkan lebih banyak uang.

1 Meja di restoran biasanya sangat nyaman dan menggugah selera makan.

Meja di restoran biasanya sangat nyaman dan menggugah selera makan.

Sebagian besar restoran memiliki banyak tempat duduk yang dibuat agak tersembunyi tapi nyaman. Hal ini bukan tanpa tujuan loh. Menurut penelitian, pelanggan cenderung memesan makanan dengan porsi yang banyak saat mereka duduk di tempat yang nggak banyak dilihat pengunjung lain. Dengan begitu, jumlah pendapatan resto bakal bertambah.

2 Daftar menu udah disusun dengan penuh trik. 

Daftar menu udah disusun dengan penuh trik. 

Menurut penelitian yang dilakukan Bournemouth University, restoran mendapat keuntungan tambahan berdasarkan susunan menu. Menu yang harganya paling mahal harus ditulis di tengah. Itu karena pelanggan cenderung memilih menu yang ada di tengah. 

3 Bahan mahal diletakkan di piring dalam jumlah minimal. 

Bahan mahal diletakkan di piring dalam jumlah minimal. 

Presiden Assiciation of National Restaurant Consultant, David Kincheloe, menjelaskan bahwa pelanggan sering dapat bahan mahal dengan jumlah minim. Prinsipnya, yang penting bahan mahal itu ada di piring meski cuma dikit. Hal ini dilakukan demi menaikkan harga tapi tetap memuaskan pelanggan. Baca Juga:Yuk Camping di 5 Pantai Eksotis di Gunung Kidul yang Masih Sepi Pengunjung5 Tempat Wisata di Jakarta yang Belom Terlalu Rame Buat Melepas Stres

4 Makanan diberi nama yang aneh dan nggak biasa untuk menarik minat pelanggan.

Makanan diberi nama yang aneh dan nggak biasa untuk menarik minat pelanggan.

Menurut The Guardian, tim marketing percaya bahwa nama dan deskripsi makanan pada menu akan menjadi sumber penghasilan tambahan. Dengan nama yang kedengaran unik dan menggugah selera, orang akan penasaran lalu memesannya. 

5 Piring dan porsi dikurangi tapi harga tetap sama. 

Piring dan porsi dikurangi tapi harga tetap sama. 

Mungkin kamu sadar kalo ada banyak resto yang mengurangi jumlah makanan yang disajikan tapi nggak ngurangin harganya. Buat menyamarkan secara lebih mulus, biasanya piring yang dipakai juga diperkecil. Ini akan menciptakan ilusi seolah-olah porsi makanannya nggak berkurang. 

6 Foto makanan dan dihilangkannya lambang mata uang.

Foto makanan dan dihilangkannya lambang mata uang.

Menurut seorang ahli menu restoran, Gregg Rapp, foto dan ilustrasi akan membuat pelanggan memesan lebih banyak makanan. Peningkatan penjualannya bisa mencapai 3x lipat loh. Selain itu simbol mata uang, misalnya aja dolar, dihilangkan biar pelanggan bisa pesan lebih banyak. Ini udah berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Corneell University. 

7 Musik pilihan diputar di restoran.

Musik pilihan diputar di restoran.

Menurut Charle Spence, mendengarkan musik bisa mempengaruhi psikis maupun emosi seseorang apalagi saat ada makanan. Restoran mahal biasanya memilih musik klasik biar pelanggannya membeli lebih banyak makanan. Kenapa bisa? Soalnya musik ini membuat pelanggan ngerasa lebih kaya. Itulah tadi 7 trik restoran yang selalu dipakai supaya kamu mengeluarkan lebih banyak uang .Karena udah tahu sama trik-trik itu, kamu harusnya bisa berhati-hati. Kamu harus beneran paham mana makanan yang pengen kamu makan dan cocok sama budget kamu. Jangan sampai nyesel pas makanan udah habis dan duit juga udah habis. Baca Juga:Inilah Alasan Kenapa Meja Warteg Biasanya Didesain Kayak Huruf LBukannya Bersih dan Sehat, Mandi Terlalu Lama Bisa Ngasih Efek Negatif Bagi Tubuh5 Tempat yang Sebaiknya Nggak Kamu Kunjungi Saat Lagi Bad Mood

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini