Gadget

70 Desa Terpencil yang Diselimuti 4G 3 Indonesia

  • 12 October 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Perusahaan telekomunikasi 3 Indonesia telah memperluas jangkauan layanan 4G untuk bisa dinikmati di beberapa daerah terpencil di Indonesia. Baru saja mereka mengklaim telah menyelesaikan penyebaran BTS 4G di 70 desa terpencil di tanah air.

    Rupanya penyebaran BTS 4G di 70 daerah terpencil di Indonesia ini lebih cepat ketimbang yang ditargetkan. Ini menunjukkan komitmen 3 Indonesia mendukung program pemerintah menyediakan konektivitas mobile broadband 4G di seluruh penjuru RI.

    Masyarakat di pelosok desa-desa kini dapat menikmati konektivitas internet yang menghubungkan mereka dengan dunia digital. Desa-desa tersebut tersebar di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

    Hal ini memungkinkan penduduk desa untuk mengakses informasi berlimpah yang tersedia di internet dan meningkatkan literasi digital mereka. Mereka juga dapat membuka lebih banyak peluang untuk menciptakan dan mengembangkan potensi ekonomi desa melalui ekonomi digital yang nantinya akan meningkatkan pendapatan desa.

    "3 Indonesia telah menyelesaikan pembangunan BTS 4G di 70 desa terpencil lebih cepat dari target kami pada tahun 2021. Kami akan terus menghadirkan jaringan 4G di lebih dari 300 desa terpencil lainnya pada tahun 2022. Hal ini akan membantu mempercepat transformasi digital untuk memberdayakan bangsa dan meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan." ujar Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia, seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa, 12 Oktober 2021.

    Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat dan Kabupaten Tapanuli Selatan di Sumatera Utara termasuk di antara kabupaten yang desa nya saat ini telah terhubung ke jaringan broadband 4G dari 3 Indonesia yang mencakup lebih dari 37.000 desa di seluruh Indonesia. Jumlah 70 Desa terpencil yang kini terjangkau jaringan 4G 3 Indonesia di 7 provinsi seperti 4 desa di Aceh, 30 desa di Kalimantan Barat, 6 desa di Kalimantan Selatan, 13 desa di Kalimantan Tengah, 4 desa di Kalimantan Timur, 1 desa di Kalimantan Utara, dan 12 desa di Sumatera Utara.