home ×
Gadget

70 Persen Pengguna ColorOS di Indonesia Menikmati Hyperboost

17 July 2020 By
70 Persen Pengguna ColorOS di Indonesia Menikmati Hyperboost
Share
Share
Share

 

Uzone.id - ColorOS yang dibesut Oppo memang menjadi perhatian serius perusahaan untuk terus dikembangkan. Setiap lini teknologi yang diusungnya dipastikan akan memberikan pengguna lebih nyaman mengoperasikan smartphonenya. Salah satunya adalah Hyperboost.

Rupanya, Hyperboost merupakan salah satu fitur ColorOS yang banyak dimanfaatkan oleh para pengguna Oppo, khususnya yang ingin lancar bermain game atau melakukan multitasking. Bahkan menurut pihak Oppo, saat ini ada sekitar 70 persen pengguna ColorOS yang sudah bisa menikmati Hyperboost.

"Saat ini ColorOS memiliki lebih dari 20 juta pengguna di Indonesia. Sementara, 70 persen di antaranya sudah menggunakan versi ColorOS 5.2 ke atas. Dengan kata lain, dari 20 juta lebih pengguna tersebut, 70 persen di antaranya sudah dapat menikmati Hyper Boost," ujar Kentas, Senior Software Manager, OPPO ColorOS, dalam virtual interview dengan Uzone.id kemarin.

Dikatakan Kentas, Hyperboost memang hanya bisa digunakan oleh pengguna Oppo berbasis ColorOS versi 5.2 dan di atasnya. Namun untuk bisa menikmatinya tak butuh aktivasi karena secara otomatis akan aktif dengan sendirinya saat mengerjakan aplikasi berat seperti bermain game atau menonton video.

Kentas juga menyebut, sudah ada beberapa aplikasi di PlayStore telah dioptimasi pakai Hyperboost. Hal ini dikarenakan para developer tersebut diklaim tertarik dengan kemampuan optimasinya. Keran kerja sama pun telah dibuka oleh ColorOS sejak bulan lalu sehingga belum terlalu banyak aplikasi yang teroptimasi.

"Walaupun begitu, kami telah berkolaborasi dengan berbagai game popular di Indonesia dan negara-negara lainnya seperti Arena of Valor dan PUBG Mobile. Ke depannya, kami akan berkolaborasi dengan lebih banyak game populer dan aplikasi third-party lainnya. ColorOS ingin menjangkau pasar yang lebih luas, oleh karena itu kami merangkul para developer dari berbagai negara melalui Hyper Boost SDK (Software Development Kit), yang membuka kesempatan untuk meningkatkan kinerja perangkat lunak aplikasi-aplikasi third-party," ujar Kentas.

Kentas juga menegaskan jika Hyperboost mampu memaksimalkan dan memberikan solusi pada ratusan skenario operasional ponsel. Di antaranya lebih dari 20 skenario software, 20 skenario perilaku pengguna dan lebih dari 50 skenario optimalisasi. Fungsi Hyperboost di antaranya adalah,

Mencegah freeze dan lagging selama gameplay yang disebabkan oleh frame rate yang tidak stabil
ColorOS menghadirkan peningkatan di seluruh sistemnya, termasuk Hyper Boost yang dapat dengan cerdas memprediksi sumber daya tinggi yang dikonsumsi oleh tipe skenario game yang berat dan mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke game tersebut sesuai kebutuhan. Sehingga, game tersebut tidak akan melambat ketika sedang dimainkan dan stabilitas frame rate-nya pun meningkat sebesar 38 persen.

Frame rate Hyper Boost yang lebih optimal dan stabil menjamin pengalaman gaming yang lebih mulus pada skenario game yang kompleks dan membutuhkan frame rate tinggi seperti PUBG Mobile, Arena of Valor dan seterusnya.

Mengoptimalkan kinerja layar sentuh untuk mengurangi keterlambatan respons
Hyper Boost mengatasi masalah ini dengan meningkatkan kecepatan kinerja layar sentuh hingga 16,2 persen, yang dapat mengurangi waktu tunggu dari panel touch screen (TSP) ketika menerima perintah atau click command dari pengguna.

Pengguna dapat merasakan tingkat respon layar sentuh yang lebih cepat dengan akurasi yang lebih detail. Sebagai contoh, pengguna dapat menggerakan kursor bidik atau shooting sight dengan lebih tepat ketika memainkan game shooting seperti PUBG Mobile.

Mengalokasikan sumber daya sistem untuk mengurangi konsumsi baterai
Hyper Boost dengan cerdas menyesuaikan sumber daya sistem, termasuk frame rate, kualitas gambar dan koneksi internet untuk menyeimbangkan konsumsi daya dan menstabilisasi performa game, guna mengutamakan pengalaman pengguna. Selain itu, Hyper Boost juga memastikan kelancaran koneksi internet selama gameplay.

Hyper Boost terbukti dapat mengurangi konsumsi daya hingga 10 persen. Dengan demikian, pengguna dapat menikmati waktu bermain yang lebih lama dengan konsumsi daya yang sama, bahkan untuk tipe-tipe game yang memakan banyak daya sekalipun.

Meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan
Hyper Boost meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan, termasuk frame rate pada video, kecepatan menyunting video dan konsumsi baterai. Hyper Boost mengurangi konsumsi daya pada aplikasi-aplikasi pihak ketiga, meningkatkan kecepatan rata-rata loading aplikasi sebesar 10 persen hingga 30 persen, sehingga kecepatan frame rate dan penyuntingan video akan teroptimalisasi secara komprehensif.

TikTok, sebagai salah satu aplikasi pihak ketiga yang saat ini bekerja bersama kami untuk mengintegrasikan Hyper Boost, telah membuktikan bahwa kecepatan dalam membuka, memainkan dan menyunting video secara keseluruhan dapat meningkat hingga 10 persen.

ColorOS juga bertujuan untuk memberi manfaat pada skala industri yang lebih besar. Bersama para developer pihak ketiga, Hyper Boost SDK (Software Development Kit) membuka seluruh potensi kemampuan untuk meningkatkan ekosistem Android, dengan membantu meningkatkan kinerja perangkat lunak mereka.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
riyadijokosampurno 20 July 2020 | 07:01:53

hyperboost itu artinya apa ? dan colorOS itu apaan si?

Jaso Jhonson 17 July 2020 | 15:21:59

wihh mantao saya juga pake hyperboost loh

anas fitra 17 July 2020 | 14:38:23

keren banget berita2 di uzone ini rekomendasi banget.

oki puntoro 17 July 2020 | 13:12:42

hyperboost itu untuk apa kegunaanya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article