8 Bukti Jokowi Presiden Milenial: Nge-Vlog hingga Pecinta Sneakers

06 March 2018 by
8 Bukti Jokowi Presiden Milenial: Nge-Vlog hingga Pecinta Sneakers

Presiden Joko Widodo layak didaulat sebagai presiden milenial. Gaya kepemimpinan yang luwes hingga cara berpakaian kasual, membuat Jokowi presiden yang mudah berbaur dengan generasi muda.

Ya, milenial memang tak melulu soal usia, tapi soal gaya hidup dan cara berpikir. Tak hanya berpakaian, hobi Jokowi juga tak berbeda jauh dari kebanyakan generasi Y. Mulai dari aktif di media sosial hingga hobi nonton konser musik. 

Berikut kumparan (kumparan.com) merangkum 8 hal yang membuat Jokowi layak disebut presiden milenial: 

1. Aktif di Media Sosial

Media sosial menjadi karakter paling khas dari generasi milenial. Jokowi sejak menjabat sudah menyadari pentingnya media sosial ini sebagai sarana berkomunikasi. Ada empat media sosial yang dimiliki Jokowi, yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. 

Jokowi kerap mengunggah aktivitasnya di platform media sosial tersebut. Melalui Instagram, misalnya, sesekali ia membagikan foto-foto saat sedang kunjungan kerja. Namun, tak jarang Jokowi juga membagikan momen saat sedang bersama keluarga. 

Sementara melalui akun Twitter dan Facebooknya, Jokowi lebih sering menuangkan opini atau pengalamannya saat melakukan kunjungan kerja. Saat ini, akun Instagram Jokowi sudah memiliki pengikut sebanyak 8,3 juta, akun Twitter 9,71 juta, akun Facebook sebanyak 8,1 juta pengikut dan Youtube 488.063 pengikut. 

2. Hobi Nge-Vlog

Tren vlogging di Indonesia mulai menjamur mulai sekitar tahun 2014. Sejak saat itu, banyak youtubers yang membuat video blog (vlog), mulai dari daily vlog hingga beauty vlog

Jokowi sendiri mulai aktif menggunakan Youtube sejak tahun 6 Mei 2015. Hingga saat ini, video yang dihasilkan di channel Joko Widodo sudah mencapai 400 lebih. Sementara untuk vlog, sudah ada 22 video yang dibuat jokowi. 

Vlog yang ditulis dengan hashtag #JkwVlog itu isinya tak berbeda jauh dengan vlog-vlog yang dibuat oleh youtubers lain di Indonesia. Dalam #JkwVlog, mantan gubernur DKI itu membagikan pengalamannya mulai dari bermain bersama cucu hingga mencicipi kopi di beberapa kedai kopi. 

Video-video Jokowi di Youtube hingga saat ini sudah diputar sebanyak 21 juta kali. Sebanyak 487 ribu orang juga telah berlangganan video mantan Wali Kota Solo itu. 

3. Melek Teknologi

Salah satu bukti Jokowi melek terhadap kemajuan teknologi adalah saat ia melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (Pph) secara elektronik. Dengan menggunakan gawainya, Jokowi melakukan pelaporan SPT tersebut, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/2).

Jokowi menjelaskan, penyampaian SPT secara elektronik memberikan kemudahan kepada para pembayar pajak untuk melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, tidak perlu lagi pembayar pajak ke kantor pajak. 

Tak hanya itu, Jokowi juga sering menyinggung kemajuan teknologi dalam pidato-pidatonya. Dalam Sebelas Maret International Conference on Business, Economics and Social Sciences (SMICBES) di Best Western Premier Hotel, Solo, Rabu (8/8), Jokowi menceritakan pengalamannya yang memesan makanan dengan menggunakan aplikasi Go-Food. 

"Saya saja kalau beli sate atau gado-gado enggak pernah nyuruh orang, sudah pakai Go-Food 30 menit sudah sampai ke saya. Itu nanti akan merambah ke semua sektor, tidak hanya usaha gado-gado dan sate, usaha kecil-kecilan ganti orang tidak akan berhubungan langsung face to Face," ucap Jokowi.

4. Usul Jurusan Meme, Vlog, dan Toko Online

Ide ini sepertinya sepele dan tak mungkin, tapi Jokowi menyadari tuntutan zaman sudah berubah. Jokowi ingin sekolah maupun kampus tidak hanya mengajarkan tentang pedidikan yang sudah ada sejak lama, tapi jurusan baru seperti meme hingga vlog.

Salah satunya disampaikan saat berpidato di Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri, Jokowi menyinggung soal jurusan di SMK yang hanya berkutat dengan teknik listrik dan bangunan. Ia pun mengusulkan agar ada jurusan meme di SMK. 

"Atau buat saja jurusan yang lain, jurusan animasi, spesialisnya buat meme misalnya, harus ada. Kita harus berani masuk ke situ. Jurusan logistik yang juga sangat dibutuhkan," ucap Jokowi.

Atau, pada kesempatan lain, Jokowi juga mengusulkan agar ada jurusan vlog. 

"Membuat video blog, buat aplikasi, jurusan animasi, yang ini gitu. Di universitas juga mulai berubah. Kenapa nggak ada jurusan logistik yang itu sangat dibutuhkan?" tanya mantan Gubernur DKI itu.

5. Gaya Berpakaian Kasual

Meski menjabat sebagai kepala negara, Jokowi tak selalu tampil dengan pakaian formal. Pada momen-momen tertentu, gaya pakainnya justru terlihat kasual dengan memakai kaus, celana jeans, dan sepatu kets. 

Pada peresmian kereta Bandara Soekarno-Hatta (1/1) misalnya, Jokowi justru tampil dengan mengenakan kaus merah, celana training hitam, dan sepatu merah. Padahal para menteri yang hadir mendampingi Jokowi seperti Menkopolhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Rini Soemarno, terlihat tampil dengan pakaian formal. 

Begitu juga saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Jokowi memakai mengenakan kaos putih lengan panjang yang digulung, serta celana jeans biru. Ia juga mengenakan sepatu kets berwarna abu-abu. 

6. Pecinta Sneakers

Jokowi juga dikenal sebagai pecinta sneakers. Saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung pada Senin (4/12), Jokowi sempat mampir ke sebuah mal di Bandung untuk membeli sneakers berwarna biru dengan tali dan alas berwarna coeklat. 

Kecintaan Jokowi pada sepatu kasual itu juga ditunjukkan saat ia datang ke Jakarta Sneakers Day, di Senayan City, pada Sabtu (3/3). Tidak hanya melihat-lihat, nyatanya, Jokowi juga mengaku membeli sepasang sneaker dari brand asal Bandung, Saint Barkley.

“Buatan dari Bandung. Bagus banget. Harganya Rp 380 ribu ini,” ujar Jokowi.

7. Hadiri Konser Musik

Kecintaan Jokowi terhadap dunia musik terutama metal tak bisa diragukan lagi. Selama menjabat sebagai presiden, Jokowi beberapa kali muncul dalam festival-festival musik, yang digandrungi milenial. 

Pada 11 Agustus 2017 misalnya, Jokowi datang ke acara We The Fest yang digelar di Kemayoran Jakarta Pusat. Ia hadir dengan mengenakan kaus abu-abu dan hitam bertulisan 'We The Fest'.

Jokowi di WTF Stage menyaksikan penampilan Charlie XCX dan penyanyi asal Inggris, Shura. 

Tak hanya itu, Jokowi juga sempat hadir dalam acara perhelatan festival musik lintas genre dan generasi, Sychronize Fest 2017 pada hari kedua, Sabtu (7/10/2017). 

Jokowi hadir bersama ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, dengan dikawal sejumlah paspampres yang mengenakan kemeja motif batik lengan panjang.

8. Nongkrong di Kedai Kopi

Generasi milenial kerap diidentikkan juga dengan hobinya yang nongkrong di kedai kopi. Rupanya, Jokowi juga punya hobi serupa. Setidaknya, Jokowi sudah beberapa kali terlihat menyambangi kedai kopi kekinian baik di Jakarta maupun luar Jakarta. 

Salah satu kedai yang pernah dikunjungi Jokowi adalah Kedai Kopi Tuku, di Cipete, Jakarta Selatan. Dia menyampaikan, kedatangannya ke Kopi Tuku karena warung kopi ini memakai biji kopi lokal.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jokowi juga sempat mampir ke warung kopi "Sejiwa" di Bandung. Dikutip dari akun Instagram Jokowi, Senin (4/12), di warung kopi itu, ia memesan coffee latte. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
22 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
KATAK BERSAYAP 22 September 2018 | 15:31:33

sehat selalu bapak jokowi semoga bisa terus memimpin indonesia jadi lebih baik

vicky mora 22 September 2018 | 11:50:12

haha ada ada aja pak jokowi ni ya. mau gimana ya presiden mah bebas

Adi Santoso 22 September 2018 | 11:30:16

selamat siang bapak presiden kami tercinta Jokowi

fiqqri ackerman 22 September 2018 | 10:10:04

mantap pak jokowi ,ayo truskan Ngevlognya mantap lah keren sekali jadi pengen

Anjas Moeslim 22 September 2018 | 10:06:56

sehat selalu buat pak presiden

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top