home ×
Digilife

8 Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi, dari QR Code Sampai Teledokter

13 June 2020 By
8 Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi, dari QR Code Sampai Teledokter
Share
Share
Share
Share

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id — Aplikasi pemantau pandemi Covid-19, PeduliLindungi hadir dalam tampilan baru. Di dalamnya kini ada berbagai fitur anyar yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Tidak seperti saat pertama kali aplikasi ini diluncurkan, PeduliLindungi sudah tampak memiliki ragam fitur yang berkaitan dengan penyebaran pandemi. Informasi yang disajikan aplikasi ini disesuaikan dengan lokasi pengguna.

Berikut deretan fitur baru yang sudah ada dan akan hadir di dalam aplikasi PeduliLindungi.

1. Informasi zona terdampak
Aplikasi PeduliLindungi menggunakan teknologi GPS untuk memantau lokasi tiap pengguna. Dari sini aplikasi dapat memberikan informasi apakah daerah pengguna berada di zona hijau, kuning, atau merah.

Di kolom ini juga pengguna akan mendapat informasi lebih rinci terkait kondisi di tiap zona, seperti himbauan swakarantina, jaga jarak, hingga memeriksakan diri.

2. Tracking lokasi sekitar
Di kolom ini pengguna bisa melihat detail sejumlah area di sekitar yang terdampak berdasarkan tingkat kelurahan, apakah sudah memasuki zona kuning atau merah.

Tak cuma itu, di kolom ini pengguna juga bisa menemukan rumah sakit dan apotek terdekat.

Baca juga: Diunduh Nyaris 4 Juta Orang, PeduliLindungi Adopsi Face Recognition dan QR Code

3. Notifikasi untuk pengguna
PeduliLindungi akan memberikan notifikasi kepada pengguna jika teridentifikasi berada di keramaian. Arti nya jika pengguna berada di tempat yang sama dengan beberapa pengguna lain yang aktif yang memakai PeduliLindungi, maka notifikasi akan muncul. Cara kerjanya melalui koneksi bluetooth yang selalu aktif.

Selain keramaian, notifikasi ini juga akan muncul apabila pengguna masuk ke zona tertentu, serta ketika pengguna berstatus dalam karantina mandiri, namun keluar dari zona isolasi.

4. Teledokter
Kolom ini menyajikan layanan pemeriksaan kesehatan mandiri dan telekonsultasi dokter. Semua layanan ini difasilitasi oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk periksa kesehatan mandiri, PeduliLindungi merangkul Perixa dan BPPT. Sementara untuk layanan konsultasi dokter, tersedia aplikasi Halodoc dan Prosehat.

(Tampilan aplikasi PeduliLindungi. Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Baca juga: Pakar Keamanan Siber Pastikan PeduliLindungi Aman

5. QR Code
PeduliLindungi menghadirkan QR Code untuk WNI dan WNA yang akan memasuki wilayah yurisdiksi di 7 pintu, yang secara langsung telah ditetapkan sebagai ODP.
Fitur QR Code juga akan digunakan untuk digital diary. Kemungkinan akan diperkenalkan pada pekan ketiga Juni.

6. Registrasi hasil rapid test dan swab test
Aplikasi ini akan menghadirkan opsi registrasi untuk hasil rapid test dan swab yang diharapkan rampung pada awal Juli. Rencananya hasil tes tersebut bisa dijadikan paspor untuk masa relaksasi dan new normal.

7. Face recognition
Teknologi pengenalan wajah (Face Recognition) akan dimanfaatkan untuk cek suhu tubuh dan kewajiban memakai masker di area publik. Fitur ini akan hadir pada minggu kedua bulan Juli.

8. Kolom tips
Di kolom ini, pengguna bisa membaca sejumlah tips penting terkait pandemi Covid-19.

Beberapa tips penting tersebut diantaranya cara mencegah penyebaran virus, cara jaga jarak, tips menggunakan masker, hingga panduan ibadah.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article