home ×
Digilife

Cerita Korban Pelecehan Seksual Digital, Pamer Alat Kelamin via Video Call Misterius

29 July 2021 By
Cerita Korban Pelecehan Seksual Digital,  Pamer Alat Kelamin via Video Call Misterius
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Aarn Giri / Unsplash)

Uzone.id - Perkembangan digitalisasi menunjukkan semakin majunya teknologi tetap saja memberi celah negatif bagi para penjahat dunia maya untuk melancarkan aksinya, termasuk hadirnya pelecehan seksual lewat online.

Pelecehan seksual melalui online juga disebut dengan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Peristiwa ini menimpa pada pengguna WhatsApp - sebut saja namanya NN - pada Rabu siang (28/7/2021).

NN mengaku mendapat panggilan video WhatsApp dari nomor tidak dikenal. Meski tidak dikenal, NN memutuskan menerima panggilan karena kemungkinan itu nomor dari keluarga sendiri.

BACA JUGA: TikTokers Juy Putri Disidang Gara-gara Pesta Ultah di Hotel Bekasi

Foto: Uzone.id

“Tumben banget ada nomor gak dikenal ngehubungin, video call pula. Khawatirnya, ini panggilan keluarga karena lagi dalam nuansa duka cita terus lagi covid begini,” tutur NN menceritakan kejadian itu kepada Uzone.id.

Menurut NN, saat video WhatsApp, pelaku tidak menampakkan wajah dan tidak bersuara. Tiba-tiba pelaku menyorotkan kamera smartphone ke kemaluannya.

NN mengaku kalau kejadian ini membuat dirinya khawatir dan takut. Apalagi jika kejadian ini menimpa anak perempuan akan meninggalkan trauma.

“Pas aku cari di aplikasi Get Contact, ternyata sepi banget tags-nya. Gak ada satupun yang simpan nomornya, atau bisa jadi nomor ini nomor baru,” kata NN.

NN lalu menghimbau jika orang-orang mengalami hal yang sama, nomor pelaku jangan diblokir dulu. Simpan nomor pelaku dan diberi nama khusus sebagai peringatan agar bisa dilacak.

Bisa juga dengan melacaknya pakai Get Contact untuk mencari tahu jejak digital pelaku.

Menurut NN, kejadian ini tak hanya menimpa dirinya, kerabat korban juga mengalami hal serupa dan terjadi di masa masa pandemi ini.

Jika kalian mendapati sebuah panggilan video dari nomor tak dikenal, alangkah baiknya untuk memeriksa dan memastikan dahulu apakah panggilan tersebut aman atau tidak, dan apakah kalian mengenal pemilik akun tersebut atau tidak.

NN juga menghimbau para perempuan khususnya untuk berhati-hati, apalagi ketika mendapat panggilan video dari nomor tidak dikenal.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id