home ×
Digilife

Mengenal Robot Xavier yang Dikirim untuk Cegah Kerumunan Saat Pandemi

08 September 2021 By
Mengenal Robot Xavier yang Dikirim untuk Cegah Kerumunan Saat Pandemi
Share
Share
Share
Share

Robot Xavier (Foto: ZDNet)

Uzone.id - Robot milik Home Team Science and Technology Agency (HTC) Singapura diturunkan ke sejumlah ruas jalan di Toa Payoh Central sebagai bagian dari uji coba petugas publik dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Robot bernama Xavier ini dikembangkan bersama oleh HTX, Agency for Science, dan Technology and Research Itu dilengkapi dengan beragam sensor dan fungsi.

Beberapa diantaranya sensor untuk navigasi otonom,  video 360 derajat yang terhubung ke pusat komando dan kendali, penginderaan dan analisis realtime, dan dasbor interaktif tempat petugas publik dapat menerima informasi waktu nyata dari dan dapat memantau dan mengontrol beberapa robot secara bersamaan.

Baca juga: Hyundai Bawa Robot ke Indonesia

“Robot penjelajah HTX sangat serbaguna dan dapat disesuaikan untuk berbagai bidang dan lingkungan operasional," kata direktur Pusat Keahlian Robotika, Otomasi, dan Sistem Tak Berawak HTX, Cheng Wee Kiang, seperti dikutip dari ZDnet, Rabu (8/9).

Selama masa percobaan tiga minggu, Xavier akan mendeteksi "perilaku sosial yang tidak diinginkan" termasuk merokok di area terlarang, menjajakan barang ilegal, sepeda yang diparkir dengan tidak semestinya, berkumpul lebih dari lima orang sesuai dengan langkah-langkah jarak sosial yang ada, dan perangkat mobilitas aktif bermotor dan sepeda motor.

Jika salah satu dari perilaku tersebut terdeteksi, Xavier akan memicu peringatan real-time ke pusat komando dan kendali, dan menampilkan pesan yang sesuai untuk mendidik publik dan mencegah perilaku tersebut.

Baca juga: Cyberdog, Robot Anjing Buatan Xiaomi

Melihat robot yang digunakan di Singapura bukanlah hal yang aneh. Tahun lalu, Singapura  mengerahkan droid berkaki empat Boston Dynamics , dijuluki Spot, ke taman, kebun, dan cagar alamnya untuk mengingatkan orang tentang jarak sosial.

Armada  robot Lightstrike  kemudian diluncurkan di salah satu rumah sakit umum Singapura dalam upaya untuk mendisinfeksi kamar rumah sakit secara menyeluruh.

Baru-baru ini pada bulan Mei, pemerintah Singapura meluncurkan uji coba satu tahun menggunakan robot otonom untuk memfasilitasi pengiriman makanan dan bahan makanan sesuai permintaan .



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id