home ×
Startup

Nutrimart Jangkau Pasar Lebih Luas Lewat TokoCabang

09 September 2020 By
Nutrimart Jangkau Pasar Lebih Luas Lewat TokoCabang
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di Indonesia dengan 17 ribu pulau. Ini merupakan keuntungan sekaligus tantangan bagi pebisnis untuk mengembangkan pangsa pasarnya.

Belum meratanya infrastruktur, membuat tingginya urbanisasi karena penjual banyak yang pindah ke kota besar-pasar yang lebih baik- menggiring kebutuhan terkumpul di sana. Terkadang membuat konsumen terbatas mendapatkan kebutuhan. 

Menjawab tantangan tersebut, agar konsumen Indonesia yang besar bisa digapai dengan baik, Tokopedia tahun lalu, meluncurkan layanan gudang pintar TokoCabang.

Layanan ini ditawarkan bagi para penjual di Tokopedia. Dengan layanan ini, penjual seolah mempunyai cabang toko di daerah lain. Lewat TokoCabang, penjual bisa menitipkan produknya di berbagai daerah di Indonesia dan tim TokoCabang akan membantu mengurus pesanan yang masuk, pengemasan, pengiriman ke kurir pengiriman hingga membalas pertanyaan atau chat dari pembeli.

Baca juga: Selamat Ulang Tahun ke-11 Tokopedia

Salah satu seller yang memanfaatkan layanan TokoCabang adalah Nutrimart. Perusahaan ini memang dikenal memproduksi makanan dan minuman kesehatan seperti Tropicana Slim, HiLo, NutriSari dan L-Men.

Belakangan Nutrimart berjualan langsung via digital dengan menjadi Official Store bersama Tokopedia.

Secara umum, Nutrimart berorientasi terhadap kepuasan konsumen dengan memudahkan konsumen mendapatkan produk-produknya. Dengan kondisi pasar e-commerce yang semakin menggeliat, maka Nutrimart pun beradaptasi dengan menjual produk lewat Tokopedia sejak tahun 2017.

Memilih Tokopedia tentu bukan tanpa alasan bagi Nutrimart.

“Tokopedia itu salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan kami percaya konsumen kami akan merujuk untuk pencarian produk kami ke Tokopedia. Itu sebabnya kami bergabung dengan Tokopedia,” tutur Ignasius Dwi Sagita (Gita), eCommerce & Performance Marketing Manager saat diwawancara Uzone.id secara virtual.

Nutrimart pun memanfaatkan TokoCabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bergabung dengan TokoCabang, Nutrimart dimudahkan membuka akses dengan konsumen yang ingin membeli produk-produk Nutrifood. 

Nutrimart juga bisa lebih cepat mengirim produk kepada konsumen dengan adanya TokoCabang. 

Kepuasan konsumen

Untuk kepuasan konsumen, keberadaan TokoCabang membuat jam operasional Nutrimart menjadi lebih panjang dari jam operasional milik Nutrimart sendiri. Otomatis waktu proses untuk mengejar orderan lebih panjang, kemudian waktu terima orderan oleh konsumen bisa lebih cepat.

Keuntungan lainnya, Nutrimart bisa memangkas biaya operasional gudang milik perusahaan. 

Gita mengakui, kalau dilihat dari sisi penjualan, memang ada pertumbuhan signifikan setelah bergabung dengan Tokopedia. Terutama ketika awal-awal masa pandemi di bulan Maret-April. 

“Masa pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan masyarakat untuk lebih sering berbelanja secara online, dan keberadaan TokoCabang berkontribusi besar bagi kami untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi kebutuhan konsumen kami,” tambah Gita.

Novita Vidianti, E-Commerce Executive Nutrifood, menambahkan, “Untuk bergabung dengan TokoCabang cukup simple. Cukup hubungi tim TokoCabang, kemudian melihat langsung lokasi gudangnya. Langkah berikutnya tinggal menyetujui "Term and Condition" yang ada di situs web saja,” ujarnya.

“Setelah itu kita siapkan barang untuk mulai proses inbond ke TokoCabang. Jadi simple sih untuk bisa masuk ke TokoCabang,” tambahnya.

Fitur TokoCabang

Menurut Novi, salah satu fitur favorit dari TokoCabang adalah fitur ‘Mass Upload’ yang memungkinkan penjual untuk mengunggah produk secara massal dalam sekali waktu, dan juga fitur ‘Product Aging’ di mana penjual melihat sudah berapa lama produk mereka berada di TokoCabang. 

“Fitur Mass Upload dan Product Aging membantu banget sih, kita jadi bisa memperkirakan produk mana yang perlu di-push oleh tim Marketing lewat promo, dan produk mana yang perlu ditarik atau diganti,” lanjut dia.

Kemudahan lain yang ditawarkan TokoCabang, kata Novi, adalah tim TokoCabang bisa seakan memindahkan operasional gudang mereka ke TokoCabang. Tim Marketing Nutrimart sering membuat promo dalam bentuk bundling, dengan adanya TokoCabang, Nutrimart bisa melakukan proses bundling, di mana proses pengemasan, pengiriman, hingga membalas chat dari calon pembeli dapat dibantu oleh tim TokoCabang.

Nutrimart percaya Tokopedia akan terus berinovasi untuk memperkuat teknologi yang dimilikinya. Sehingga, ke depannya, TokoCabang bisa meningkatkan fitur-fitur untuk mempermudah kegiatan perjalanan pembelian di Tokopedia.

Sebagai tambahan informasi, saat ini TokoCabang tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, dan segera hadir di Medan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article