icon-category Digilife

Ada 52 Juta Gamers di RI Pada 2021, Kebanyakan Millennial dari Jakarta

  • 05 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Tahun 2021 ini ternyata Indonesia memiliki cukup banyak gamers. Para pemain game itu rata-rata bermain dengan smartphone alias memainkan game mobile. Mereka kebanyakan adalah millennial yang berasal dari kota, khususnya Jakarta.

    Hal ini diungkap oleh agensi komunikasi ASEAN Vero yang bekerja sama dengan Decision Lab untuk menjelajahi lanskap esports di Indonesia saat ini. Menurut data Vero, ada 52 juta gamers di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun.

    “Kami melihat besarnya potensi esport di Indonesia merupakan peluang besar bagi brand dan entitas bisnis untuk menciptakan sinergi yang dapat mendukung mereka dalam berkomunikasi dengan target konsumen dan meraih pangsa pasar yang lebih luas bagi perkembangan bisnis mereka,” ungkap Sasha Alwani, Strategic Planning Director Vero, dalam keterangan resminya, Rabu, 5 Januari 2022.

    Baca juga: Si Buta dari Goa Hantu Jadi Jagoan Baru di Lokapala

    Lebih lanjut dia menambahkan bahwa penting bagi brand untuk senantiasa update dengan tren esport terbaru menerapkan strategi komunikasi dan kreatif menjadi untuk dapat diterima oleh komunitas gaming di Indonesia. Hal ini mengingat bahwa mayoritas mereka merupakan kalangan muda yang cenderung menyukai ide-ide segar dan pendekatan komunikasi yang unik.

    Hasil riset ini dilakukan terhadap 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer. Secara umum, komunitas E-sports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun.

    Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre E-sports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Meski ada sedikit perbedaan dalam preferensi antara Pemain dan Penonton/Streamer karena gamer lebih menyukai game olahraga, sedangkan watcher/streamer tampaknya lebih menikmati game strategi kehidupan nyata. Adapun Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

    Baca juga: Lokapala Resmi Hadir di iOS

    Saat ini, brand E-sports yang paling popular di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori publisher game ternama dengan prosentase sebesar 78 persen, Dunia Games sebagai platform berita game terpopuler dengan prosentase sebanyak 72 persen & Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84 persen) dan watching (91 persen) paling banyak digunakan. Adapun dalam hal selebriti Esports, responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul RRQ diperingkat 2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini