home ×
Digilife

Ada 533 Juta Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dicuri, Punya Kalian Juga?

07 April 2021 By
Ada 533 Juta Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dicuri, Punya Kalian Juga?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Sebanyak 533 juta data pengguna Facebook dicuri dan ditempatkan di forum peretasan pada Sabtu (3/4). Data tersebut termasuk nama, alamat email, dan nomor telepon pengguna.

Menariknya, situs web keamanan siber “Have I been pwned” telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetahui apakah nomor ponsel mereka termasuk yang dibobol kasus pencurian 533 juta data pengguna Facebook.

Seperti dikutip Uzone.id dari Business Insider, “Have I been pwned” telah lama memberikan fitur kepada pengguna untuk mencari tahu apakah email atau password mereka diretas dalam beberapa fenomena pelanggaran data.

Baca juga: Bocor Lagi, 533 Juta Nomor Ponsel dan Informasi Data Pengguna Facebook Dicuri

Kemudian, kasus pencurian 533 juta data pengguna Facebook mendorong Troy Hunt, analis keamanan sekaligus yang menjalankan situs tersebut, untuk menghadirkan pembaruan yang memungkinan orang mencari nomor telepon juga.

Hal ini merujuk pada fakta bahwa kumpulan data yang bocor dalam kasus Facebook berisi lebih banyak nomor telepon, daripada alamat email.

Hunt mengatakan dalam sebuah unggahan di blog bahwa pembaruan itu hanya berlaku untuk nomor telepon yang bocor dalam pelanggaran Facebook, dan bukan peretasan yang terjadi sebelumnya.

Untuk mengecek nomor telepon, pengguna harus menggunakan format internasional, yaitu dengan kode negara dan area mereka.

VIDEO: Review Realme C25 Indonesia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id