home ×
Digilife

Ada Fitur Baru di Tokopedia, Jualan dan Belanja Makin Gampang

12 May 2020 By
Ada Fitur Baru di Tokopedia, Jualan dan Belanja Makin Gampang
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Dok. Tokopedia)

Uzone.id - Sebagai orang yang lebih rajin belanja online selama pandemi virus Corona atau Covid-19, gue agak terkejut dengan kehadiran fitur-fitur baru di Tokopedia. Ya! Beberapa waktu lalu, Tokopedia merilis fitur Beli Langsung dan fitur terbaru di Tokopedia Play.

Tokopedia mengatakan bahwa inovasi tersebut hadir untuk memudahkan masyarakat berbelanja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Karena penasaran, gue langsung mencoba kedua fitur tersebut.

Berikut pengalaman gue saat mengulik lebih jauh tentang Fitur Beli Langsung dan Tokopedia Play.

Fitur Beli Langsung

Madu dan multivitamin adalah dua barang barang yang wajib gue beli selama pandemi Covid-19. Menjaga kesehatan di masa-masa sulit seperti sekarang sangat penting. Karena itu, gue rutin membeli madu dan multivitamin tiga minggu sekali.

Beberapa waktu lalu, gue baru sadar ada fitur baru di Tokopedia yang bisa bikin belanja jadi lebih mudah dan cepat. Nama fiturnya ‘Beli Langsung’. Kenapa lebih cepat? Karena fitur ini menggabungkan detail barang, pengiriman, dan pembayaran dalam satu halaman. Semua detail tersebut akan terisi secara otomatis sesuai preferensi atau kebiasaan belanja gue.

Dalam menggunakan fitur ini, gue hanya perlu memilih barang yang diinginkan, lalu klik Beli Langsung. Kemudian, gue mengecek rekomendasi pengiriman dan pembayaran yang sudah dirangkum dalam satu halaman.

Setelah itu, gue menyimpan dua variasi metode pengiriman dan pembayaran. Tokopedia sebenarnya menyediakan lima pilihan pengiriman dan pembayaran, tapi dua variasi ini sudah cukup.

Untuk pilihan pertama yang utama, gue mencantumkan alamat rumah dengan metode pembayaran menggunakan bank virtual account. Di pilihan kedua, gue menyematkan alamat kantor dan dompet digital sebagai metode pembayaran.

Langkah selanjutnya, gue tinggal klik Bayar dan menunggu pembayaran terverifikasi. Jujur, fitur ‘Beli Langsung’ sangat cocok buat gue yang suka khawatir kehabisan stok barang. Semakin cepat proses pembelian, semakin cepat mendapatkan produk yang gue mau.

Sedikit catatan, fitur Beli Langsung tidak menggantikan alur pembelian regular. Fitur ini hanya sebagai alternatif yang menyesuaikan dengan preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli.

Dengan begitu, gue masih bisa membeli barang dengan pengiriman misal ke alamat rumah orangtua, saudara, atau teman dan memakai metode pembayaran sesuai keinginan.

Tokopedia Play

Fitur Tokopedia Play. (Foto: Dok. Tokopedia)

Di Tokopedia, gue juga sering memanfaatkan Tokopedia Play untuk live stream dan nonton berbagai macam video tutorial dari influencers. Untuk mengakses Tokopedia Play hanya dengan shake-shake smartphone ketika di dalam aplikasi Tokopedia. Fitur ini juga bisa didapat melalui search bar aplikasi.

Kalau foto atau deskripsi produk terasa kurang cukup, Tokopedia Play bisa membantu gue mengenal produk lebih dalam melalui video. Gue bisa melihat suatu produk dijelaskan langsung oleh penjual atau influencer via video.

Lebih interaktif lagi, gue bisa bertanya ke konten kreator dan membeli langsung produk yang sedang didemokan. Ada banyak video berisi berbagai tutorial, mulai dari memasak, berolahraga, berkreasi di rumah, dan sebagainya di laman Tokopedia Play.

Gue pun penasaran dengan banner ‘Kelas Olahraga Setiap Hari’ pada tampilan atas Tokopedia Play. Saat diklik, halaman berikutnya membawa gue pada beragam video olahraga via aplikasi Tokopedia.

Alhasil tertarik pada video latihan yoga untuk pemula. Ketika gue klik, halaman akan beralih ke video pengenalan yoga dari Active Barn.

Ada pula bar untuk pembelian barang pilihan dalam video berdurasi sekitar 30 menit. Jadi, gue bisa menyaksikan video tutorial yoga sekaligus melihat atau membeli barang untuk yoga, seperti matras, bola yoga, dan lainnya.

Dengan tambahan visual dalam bentuk video di fitur Tokopedia Play, ini sangat membantu gue sebagai pembeli untuk melihat barang dambaan secara lebih detail. Selain itu, gue bisa menyaksikan berbagai konten berfaedah sambil berbelanja hanya dalam satu layar.

Transformasi Aplikasi Tokopedia Seller

Aplikasi Tokopedia Seller. (Foto: Dok. Tokopedia)

Selain fokus pada pembeli, Tokopedia juga memperhatikan para pebisnis lokal dengan menghadirkan aplikasi khusus, Aplikasi Tokopedia Seller — atau Tokopedia Seller App. Ini adalah aplikasi khusus bagi penjual di Tokopedia yang saat ini tersedia bagi pengguna Android. Para penjual menyebutnya Top Seller.

Aplikasi ini mengedepankan mobile-first technology, mengingat lebih dari setengah dari 7,8 juta penjual Tokopedia mengoperasikan tokonya via mobile. Lewat aplikasi ini, Tokopedia berharap pebisnis lokal bisa mengelola aktivitas dengan efisien, memproses pesanan lebih cepat, dan meningkatkan kepuasan pembeli.

Para penjual juga mengamini hal itu. Ignatius Robert pemilik toko Topmotoroid di Tokopedia, misalnya. Ia mengatakan, “TopSeller sangat membantu buat orang kayak gue yang mobile banget. Semua jadi serba mudah.”

Yopie pemiliki toko Sabangonline di Tokopedia juga menyatakan, “Sekarang, mantau TopAds lebih mudah dengan aplikasi TopSeller. Kita jadi tau traffic produk kita seperti apa. Tidak perlu buka laptop lagi, cukup dari smartphone."

Buat kalian yang penasaran, berikut ini beberapa fitur-fitur terbaru di aplikasi Tokopedia Seller.

Pertama, fitur Dashboard. Fitur ini memungkinkan penjual untuk memantau seluruh aktivitasnya dan info terbaru dalam satu layar, mulai dari ringkasan penjualan 7 hari terakhir, performa toko, informasi produk stok kosong, pesanan baru, komplain pesanan hingga diskusi dan chat yang belum dibaca.

Kedua, fitur Navigasi. Melalui Navigasi, penjual bisa lebih mudah mengakses fitur-fitur penting. Ada tiga fitur penting yang bisa diakses dengan navigasi baru ini yaitu fitur mengelola produk, pesan dan pesanan, fitur pengembangan toko (statistik, iklan, dan promosi) dan fitur untuk menjaga kepuasan pelanggan (diskusi, review, dan komplain).

Ketiga, fitur Quick Reply Chat. Tujuan dari fitur ini agar penjual bisa lebih cepat lagi merespons pelanggan dan mengurangi kemungkinan kehilangan calon pembeli. Supaya kepuasan para pelanggan tetap terjaga, penjual bisa membalas chat via fitur Quick Reply Chat tanpa membuka aplikasi.

Nah, itu tadi pengalaman gue menggunakan sejumlah fitur baru di aplikasi Tokopedia. Gimana menurut kalian?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 22:18:07

fiture yang sangat bermanfaat sekali

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article