icon-category Telco

Ada Komponen ‘Made in Indonesia’ di iPhone Terbaru Kalian, Apa Tuh?

Bagikan :

Uzone.id - iPhone terbaru yang dijual di Indonesia diimpor sepenuhnya dari China. Kendati begitu, ada satu komponen ‘made in Indonesia ‘ yang nyantol di iPhone generasi terbaru. Apa itu?

Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Budi Arie Setiadi saat ditemui usai kunjungannya ke Apple Developer Academy di BSD, Tangerang Selatan, Selasa (26/3/2024).

"Satu iPhone ini ada 280 komponen, dari mulai lensanya, casingnya, kamera. Buatan Indonesia cuma satu komponen dari 280 komponen," ujarnya bernada kecewa.

alt-img

Ia mengatakan, komponen iPhone yang dibuat di Indonesia adalah transistor untuk port charger. Ia pun menegaskan, minimnya jumlah komponen buatan Indonesia di iPhone menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi kalangan industri.

Walau bukan ranah kementerian yang dipimpinnya, Budi sangat mendorong agar pabrik atau pemasok komponen iPhone bisa membuka pabriknya di Indonesia.

“Ini kan challenge. Kita harus bicara soal industri kita, nanti kementerian lain yang bicara, kita harus bisa menjadi supply chain global. Harapan kita bisa banyak-banyak, tapi kita harus fokus, Indonesia bisa apa yang kuat," tegas Budi.

"Semua negara berlomba-lomba untuk menarik, kita harus sadari punya apa untuk melengkapi supply chain global iPhone," pungkasnya.

Budi tak menyebutkan di mana atau siapa yang memasok komponen transistor charger dari Indonesia untuk iPhone.

Namun, dari pantauan tim Uzone.id dari data Laporan Pemasok Apple Tahun 2022, hanya ada dua perusahaan asal Indonesia dari ratusan perusahaan yang ditampilkan yang menyuplai komponen untuk perangkat Apple, termasuk iPhone.

alt-img

Adalah Panasonic Corporation yang berlokasi di Jawa Barat dan Yageo Corporation yang berada di Batam, Kepulauan Riau.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini