icon-category Gadget

Adu Gengsi 4 Smartphone Flagship di Uzone Choice Award 2023

Bagikan :

Uzone.id - Uzone Choice Award 2023 menjadi ajang adu gengsi dari beberapa smartphone flagship yang resmi diluncurkan di Indonesia sepanjang tahun ini. Dari total 18 penghargaan yang dipersembahkan Uzone Indonesia, ada nominasi ‘Best Flagship Smartphone’ yang diperebutkan empat ponsel pintar paling canggih tahun ini.

Keempat ponsel tersebut adalah Samsung Galaxy S23 Ultra, ponsel lipat Oppo Find N3, Asus Zenfone 10, dan iPhone 15 Pro Max. Semua ponsel ini mengusung semua fitur dan spesifikasi tertinggi yang kebanyakan difavoritkan oleh para gadget enthusiast atau techjunkies.

Seperti desain premium dengan build quality jempolan, teknologi layar yang advanced, prosesor kencang, sampai inovasi kamera yang berbeda dari lainnya. 

Seperti Samsung Galaxy S23 Ultra. Kesan premium langsung bisa dirasakan, lantaran Galaxy S23 Ultra dibangun menggunakan material armor aluminium yang solid dan tahan banting. Belum lagi rating IP68 tahan air dan debu, memberikan worry free kepada pengguna saat memakai di skenario apapun.

alt-img

Samsung Galaxy S23 Ultra juga sudah dilapisi Gorilla Glass Victus 2 pada bodi depan dan belakangnya, pertama di dunia bisa dibilang. Lapisan kaca ini diklaim tak akan bergeming walau jatuh dari ketinggian ke permukaan kasar, seperti beton misalnya.

Bicara spesifikasi, Samsung Galaxy S23 Ultra mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi QHD+ dan menyuguhkan refresh rate yang adaptif dari 1Hz sampai 120Hz. Intensitas cahayanya juga mencapai 1.750 nits, salah satu yang tertinggi saat ini.

Dapur pacunya juga spesial, Samsung menggandeng Qualcomm untuk menciptakan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan clock-speed yang lebih cepat. Dipadukan dengan RAM LPDDR5X hingga 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 dengan kapasitas sampai 1 TB.

Samsung Galaxy S23 Ultra juga jadi yang pertama di dunia dengan kamera utama bersensor 200 MP ISOCELL HP2. Kamera ini bisa merekam video Super HDR beresolusi 4K pada 60 FPS, memotret foto RAW beresolusi 50 MP, ataupun mengambil gambar beresolusi 200 MP.

Kemudian Oppo Find N3, smartphone foldable pertama dari Oppo di Indonesia. Smartphone ini diklaim mendefinisikan ulang ponsel lipat, dimana banyak inovasi yang ditaruh Oppo pada Find N3.

alt-img

Dari desain saja, Oppo Find N3 menjadi smartphone foldable yang tipis dan ringkas dengan bobot yang setara dengan beberapa ponsel flagship Android yang hanya mempunyai satu layar. 

Menariknya, form factor ponsel ini dibikin seperti ponsel candybar, sehingga mudah dioperasikan dengan satu tangan ketika dilipat. Serta, user interface (UI) yang ditampilkan juga gak bikin penggunanya harus membiasakan diri kembali dengan format yang baru.

Engsel Oppo Find N3 juga jadi salah satu yang terkuat saat ini. Berbekal Flexion Hinge, engsel generasi ketiga yang terbuat dari logam cair berbahan zirconium dan aircraft-grade steel, engsel ini bisa bertahan hingga 1 juta kali siklus buka-tutup.

Oppo Find N3 punya layar LTPO3 OLED seluas 6,31 inci di bagian luar, serta panel 7,82 inci yang ada di bagian dalam. Resolusinya tinggi, sudah mendukung refresh rate 120Hz, HDR10+, Dolby Vision, sampai intensitas cahaya yang menyentuh 2.800 nits.

Lipatan pada layar bagian dalamnya juga nyaris gak kelihatan, lebih landai dari kompetitor maupun generasi sebelumnya. Inovasi juga dihadirkan Oppo pada sektor audio, dimana Oppo Find N3 memiliki tiga speaker dengan teknologi Spatial Audio.

Ini yang menarik dari Oppo Find N3. Ponsel ini membawa konfigurasi kamera setara ponsel flagship berkat tiga kamera yang mendapatkan tuning dari Hasselblad.

Kamera utamanya menggunakan sensor 52 MP Sony LYTIA-T808, dipadukan dengan kamera ultrawide 48 MP Sony IMX581, serta kamera telephoto periscope 64 MP dengan sensor OmniVision OV64B yang bisa melakukan perbesaran gambar sampai 3 kali atau 6 kali menggunakan in-sensor zoom, serta 120x digital-zoom.

Next, ada Asus Zenfone 10, ponsel flagship paling ringkas di antara semua nominator. Smartphone ini menyuguhkan performa gahar dalam form factor yang begitu ringkas. 

alt-img

Dimensinya ringkas, sangat pas di genggaman. Bobotnya juga sangat ringan, tapi tetap memiliki rating IP68 tahan air dan debu.

Layarnya OLED seluas 5,9 inci dengan resolusi Full HD+, refresh rate 144Hz, HDR10+, dan intensitas cahaya mencapai 1.100 nits. Sistem operasinya seperti Android murni, walau masih berbalut Zen UI khas Asus.

Bayangin, ponsel kecil tapi tenaganya besar. Asus Zenfone 10 ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang menawarkan RAM sampai 16 GB berjenis LPDDR5X dan memori seluas 512 GB berjenis UFS 4.0. Baterainya juga terbilang jumbo, yakni 4.300 mAh dengan dukungan fast charging 30W.

Sektor kamera dari Asus Zenfone 10 juga menarik. Smartphone ini mengusung dua kamera, dimana salah satunya adalah sensor 50 MP Sony IMX766 dengan stabilisasi ala aksesoris gimbal. Gimbal Stabilization 2.0 namanya, penstabil gambar berbasis software yang membuat fokus kamera utama lebih cepat dari biasanya.

Last but not least, iPhone 15 Pro Max. Cukup signifikan peningkatan yang diberikan Apple untuk ponsel flagship-nya. 

alt-img

Untuk pertama kalinya, Apple menggantikan port Lightning dengan USB-C di semua model, termasuk iPhone 15 Pro Max. Khusus untuk seri ini, port USB-C yang digunakan juga gak main-main, yakni USB 3.0 dengan kecepatan transfer data mencapai 10 Gbps.

Bodi iPhone 15 Pro Max juga dibuat dari bahan titanium grade 5 yang kokoh tapi lebih ringan. Penggunaan ini diprediksi langsung jadi tren, beberapa model ponsel Android di tahun depan kabarnya menggunakan material yang serupa.

Selain itu, iPhone 15 Pro Max juga ditenagai prosesor Apple A17 Pro, chipset 3nm pertama di dunia sekaligus salah satu yang terkencang sekarang ini. Dengan chipset ini, iPhone 15 Pro Max mampu menjalankan game konsol dengan lancar, dan Apple pun bekerja sama dengan beberapa studio game terkenal untuk menghadirkan game konsol ke ponselnya.

Terakhir, iPhone 15 Pro Max punya kamera dengan lensa periskop. Kamera utamanya menggunakan sensor 48 MP, dipadukan dengan kamera telephoto 12 MP dengan 5x optical-zoom berkat teknologi tetra prism. Lalu ada kamera ultrawide 12 MP juga dengan dukungan autofocus

Kira-kira, siapa nih yang bakal merengkuh gelar ‘Best Flagship Smartphone’ di Uzone Choice Award 2023?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini