home ×
Gadget

Adu Spesifikasi: Samsung Galaxy S21 vs Xiaomi MI 11

09 February 2021 By
Adu Spesifikasi: Samsung Galaxy S21 vs Xiaomi MI 11
Share
Share
Share
Share

Xiaomi Mi 11 dan Galaxy S21 (Foto: Dok Samsung dan Xiaomi)

Uzone.id - Dua ponsel flagship terbaru di tahun 2021, yakni Samsung Galaxy S21 dan Xiaomi Mi 11 kini sudah hadir di pasaran dan siap diminati para konsumen. Keduanya bersaing untuk menarik perhatian dengan keunggulan masing-masing ponsel.

Untuk mengukur mana yang paling cocok bagi para pengguna, kami telah menyiapkan perbandingan antara kedua ponsel ini.

Setelah meluncur di China desember lalu, kini Xiaomi Mi 11 telah resmi hadir di pasar global pada awal Februari ini. Ponsel milik Xiaomi ini sudah siap dipajang di toko-toko digital di seluruh dunia.

Kami akan mengupas habis mulai dari spesifikasi, perkiraan harga yang sesuai dan ketersediaannya. Tentu hal ini bisa menjadi patokan apakah kualitasnya sesuai dengan harga yang dibanderol ponsel ini.

Bagi Samsung, Galaxy S21 merupakan andalan pertama mereka di tahun 2021 setelah resmi diluncurkan 14 januari lalu. Galaxy S21 merupakan ponsel paling terjangkau dibanding saudaranya, Galaxy 21 Plus dan Galaxy 21 Ultra.

Dua ponsel ini memiliki banyak kesamaan, diantaranya sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 888 (untuk versi global) dan layar dengan refresh rate yang tinggi.

Tak usah khawatir karena keduanya tentu memiliki banyak perbedaan juga, di sini pula kami akan menjelaskannya perbedaan ini secara lebih rinci.

Harga Samsung Galaxy S21 dan Xiaomi Mi 11

Untuk harga keduanya, Samsung Galaxy S21 dibanderol dengan harga yang masih bisa terjangkau, mulai dari USD799 atau Rp 11 jutaan untuk penyimpanan 128GB, dan USD849 atau Rp 12jutaan untuk memori 256GB.

Xiaomi sendiri belum memberikan harga di beberapa negara sehingga belum ada harga pasti. Namun dilihat dari harga di Eropa, konsumen bisa membayar di kisaran harga 749 euro atau Rp 12,5 juta untuk penyimpanan 128GB dan 799 euro atau Rp 13,5 juta untuk 256GB.

Kedua ponsel ini lebih terjangkau daripada para pendahulunya, yaitu Xiaomi Mi 10 dan Galaxy S20.

Untuk pengguna dari negara AS, pilihan akan jauh lebih mudah karena Xiaomi sendiri tidak dirilis di negara tersebut.

Desain dan Display

Dilihat dari ukurannya, Xiaomi Mi 11 berukuran lebih besar dibanding Galaxy S21. Mi 11 memiliki dimensi 164,3 x 74,6 x 8,1 mm dengan berat 196 gram, lebih bongsor dibanding Samsung yang berukuran 151,7 x 71,2 x 7,9 mm dengan berat 169 gram.

Keduanya memiliki kamera belakang di pojok kiri atas. Belakang ponsel Samsung terbuat dari ‘Glasstic’ atau plastik yang mirip seperti kaca sedangkan Xiaomi menggunakan jenis kaca baru yang disebut ‘Corning Gorilla Glass Victus’, bisa dikatakan kaca ini memiliki kekokohan yang mumpuni.

Xiaomi Mi 11 (Dok: Xiaomi)

Keduanya tak memiliki jack headphone 3,5mm dan ruang penyimpanan yang bisa di-upgrade. Masing-masing menggunakan standar USB-C untuk pengisian daya dan pemindai sidik jari in-display atau dalam layar.

Layar Xiaomi Mi 11 lebih besar dan lebih terlihat jelas dengan ukuran diagonal 6,81 inci atau 17cm, sementara layar Samsung Galaxy S21 lebih kecil karena hanya berukuran 6,2 inci atau 15,6 cm.

Layar AMOLED Mi 11 memiliki resolusi 1.440 x 3.200, dikenal juga sebagai 2K serta HDR10+, refresh rate 120Hz dan kecerahan maksimal 1.500 nits. Galaxy 21 memiliki spesifikasi yang sama tapi untuk layarnya, ponsel ini memiliki resolusi 1.080 x 2.400 dan refresh rate 1300 nits.

Samsung Galaxy S21

Meski Xiaomi Mi 11 memiliki resolusi lebih tinggi, namun karena ukuran layarnya yang lebih besar, jumlah piksel per incinya tidak terlalu jauh bedanya.

Kedua ponsel ini memiliki beberapa lubang kamera depan, untuk Xiaomi berada di kiri atas sedangkan untuk handset Samsung berada di tengah atas. Dua-duanya menggunakan Corning Gorilla Glass Victus, sehingga takkan mudah tergores.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan, Xiaomi Mi 11 memiliki tampilan melengkung sedangkan Samsung Galaxy S21 memiliki tampilan datar.

Kamera dan Baterai

Samsung dan Xiaomi sama-sama memiliki 4 kamera yang berbeda.

Galaxy S21 memiliki kamera utama 12MP, ultra-wide 12MP, telephoto 64MP ( dengan 3x hybrid zoom) dan kamera selfie 10MP.

Sementara Xiaomi Mi 11 memiliki kamera utama 108MP, ultra-wide 13MP, telemacro 5MP dan kamera selfie 20MP. Tentu dengan kamera seperti ini, bidikan foto anda akan memiliki resolusi lebih tinggi.

Meski tak unggul di pertarungan megapiksel, sensor yang digunakan Samsung Galaxy S21 berukuran lebih besar sehingga gambar memiliki cahaya lebih banyak. Begitu pun lensa telemakro Mi 11 masih kalah dibanding telephoto Samsung yang memiliki megapiksel lebih tinggi.

Xiaomi Mi 11 (Dok: Xiaomi)

 

Keduanya memiliki pengoptimalan artificial intelegence (AI) untuk meningkatkan bidikan kamera, namun yang menjadi perbandingan lainnya adalah mode kamera yang dimiliki, berbagai mode ini dapat meningkatkan hasil fotografi dan videografi.

Samsung Galaxy S21 memiliki 'Single Take' yang bisa mengambil foto hanya dengan menekan tombol sekali saja, tool canggih untuk menghasilkan bidikan fantastis. Ponsel ini juga miliki Director’s View, yang bisa merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Mi 11 memiliki latter mode sebaik video pada malam hari, dan fotografi pada malam hari di kamera utamanya, ultra-wide, dan kamera depan. Ada pula fitur AI Erase yang bisa menghapus latar belakang foto, dan banyak lagi fitur lain untuk mereka video.

Galaxy S21

Kapasitas baterai Xiaomi Mi 11 memiliki daya lebih besar yaitu 4.600mAh dibandingkan dengan Samsung Galaxy S21 yang berukuran 4.000mAh. Namun, karena layar Xiaomi lebih besar, maka daya pakainya pun takkan jauh berbeda dengan Samsung.

Samsung Galaxy S21 memiliki pengisian kabel 25W, wireless 15W dan pengisian wireless reverse 4,5W yang membuat ponsel kalian bisa menyalakan perangkat lain secara wireless.

Samsung kalah telak dalam spesifikasi ini karena Xiaomi unggul dari semua papan dengan masing-masing 55W, 50W, dan 10W.

Keduanya menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 888 top-end sehingga dalam hal kinerja keduanya seimbang. Di Eropa sendiri meski Samsung Galaxy S21 menggunakan Chipset Exynos 2100 sebagai gantinya, namun masih memiliki kekuatan yang setara dengan Snapdragon 888.

Masing-masing memiliki RAM 8GB dan Android 11, tetapi memiliki sistem operasi modifikasi yang berbeda. Galaxy S21 menggunakan One UI dan Mi 11 menggunakan MIUI. Perbedaan ini terlihat di tampilan dan fitur khususnya. Keduanya juga merupakan ponsel 5G dengan konektivitas sesuai jaringan di lokasi anda.

Kesimpulan

Kedua ponsel ini memiliki harga yang hampir sama sehingga sulit untuk menentukan siapa pemenangnya. Namun dilihat dari layar besarnya dan resolusi yang tinggi, Xiaomi Mi 11 sangat cocok untuk bermain game dan nonton film, ditambah dengan prosesor kelas atas.

Bagi para penggemar fotografi, tentu Samsung Galaxy S21 adalah pilihan yang lebih baik karena berbagai fitur dan mode fotografi didalamnya termasuk fitur Single Take yang menjadi game changer pada fotografi ponsel ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id