home ×
Technology

Agar Bisa Jual iPhone di Indonesia, Apple Gandeng Foxconn

28 December 2016 By
Agar Bisa Jual iPhone di Indonesia, Apple Gandeng Foxconn
Share
Share
Share
Share

Apple tampaknya akan serius menggarap pasar Indonesia. Setelah dikabarkan akan berinvestasi senilai Rp536 miliar  di Tanah Air, kini produsen iPhone itu disebut telah menggandeng Foxconn Electronics untuk menancapkan cakarnya di pasar ponsel pintar Indonesia.

Apple, seperti diulas Digitimes, akan mulai membangun pusat risetnya di Indonesia tahun 2017 nanti. Adapun Foxconn telah beroperasi di Indonesia dan telah memproduksi smartphone Luna dan Huawei untuk pasar Indonesia.

Pabrik-pabrik Foxconn di Cina, Brasil, dan Eropa sendiri telah merakit produk-produk Apple untuk dipasarkan di dunia.

Sayangnya, baik Apple maupun Foxconn belum mengonfirmasi laporan tersebut.

Langkah Apple ini memang masuk akal, karena untuk menjual produknya di Tanah Air perusahaan asal Amerika Serikat itu harus memenuhi regulasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, dan Alat Transportasi Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan bahwa sertifikasi TKDN minimal 30 persen telah diterima oleh Apple pada November kemarin.

"Apple telah berkomitmen untuk investasi 44 juta dollar AS selama tiga tahun. Karena itu, mereka sudah bisa mendistribusikan semua perangkat komunikasi seharga Rp6 juta ke atas. Artinya, semua iPhone bisa didistribusikan," kata Putu seperti diulas Reuters.

 

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article