icon-category Travel

AirAsia 'Bete', Ini Kata Traveloka

  • 05 Mar 2019 WIB
  • Bagikan :

    Aplikasi Traveloka di ponsel. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

    Uzone.id - Ada yang berbeda dalam penelusuran ketersediaan tiket pesawat di Traveloka. Untuk pilihan penerbangan Jakarta - Medan pada 17 Juni 2019, misalnya, tidak ada lagi maskapai penerbangan AirAsia di dalam daftar.

    Maskapai penerbangan AirAsia memang telah menarik penjualan tiketnya secara permanen dari online travel agent Traveloka. Penarikan itu meliputi seluruh rute penerbangan di semua jaringan AirAsia.

    Dalam siaran pers yang Uzone terima, keputusan tersebut didasari hilangnya tiket AirAsia secara misterius di Traveloka untuk kedua kalinya dalam dua minggu terakhir.

    Baca juga: 5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan di Kamar Hotel

    Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, “Hilangnya penerbangan kami tentunya mencederai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka. Pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik. Traveloka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi."

    Hilangnya tiket AirAsia dari Traveloka untuk pertama kalinya terjadi tanggal 14-17 Februari 2019, yang bertepatan dengan masa peningkatan taraf (upgrade) sistem pemesanan pada tanggal 16 Februari 2019 yang berlangsung selama 13 jam.

    Traveloka kemudian merujuk pada 13 jam masa perbaikan ini sebagai alasan hilangnya penerbangan AirAsia dari situs mereka ketika menjawab pertanyaan pelanggan.

    Baca juga: Penutupan Taman Nasional Komodo Baru Sebatas Wacana?

    Namun, penerbangan AirAsia kembali hilang untuk yang kedua kalinya dari Traveloka tanpa penjelasan pada 2 Maret 2019 jauh setelah upgrade sistem AirAsia selesai.

    Menanggapi keputusan tersebut, Sufintri Rahayu, PR Director Traveloka menyatakan bahwa sebagai perusahaan teknologi di bidang travel dan lifestyle terbesar di Asia Tenggara, kami sangat memprioritaskan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh stakeholders kami termasuk para mitra.

    "Untuk itu, Traveloka menyayangkan keputusan salah satu mitra maskapai kami, yaitu AirAsia, untuk menarik penjualan tiket di platform kami," ujar Sufintri dalam pernyataan resminya.

    Baca juga: Danau Toba Bakal Masuk Daftar Unesco Global Geopark?

    Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa komitmen Traveloka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, saat ini kami terus berupaya agar pelanggan dapat kembali menikmati pilihan maskapai yang selama ini tersedia.

    "Pada saat yang bersamaan, kami telah meminta waktu untuk berdialog dengan AirAsia sejak akhir pekan ini agar mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak," tutup Sufintri.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini