icon-category Auto

Airbag Takata Makan Korban Lagi, Kali Ini Mazda Indonesia Harus Recall

  • 23 Oct 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Mega skandal airbag Takata masih berlanjut. Korban terbaru, karena masalah airbag Takata ini, pabrikan Mazda di Indonesia harus melakukan recall.

Namun, Mazda melakukannya secara diam-diam dan mengandalkan inisiatif sendiri dari para pemilik mobil untuk mengetahui apakah mobilnya terkena dampak recall atau tidak.

Konsumen diharapkan mengecek sendiri nomor rangka kendaraannya (VIN) di situs yang sudah mereka sediakan.

"Telepon ke konsumen, pasti. Program servis dari dulu-dulu sudah ada. Cuma yang sekarang ada medianya. Gratis," kata Igor Panjaitan, Costumer Service Director Mazda Indonesia.

Jadi, sebenarnya konsumen bisa mendapat pemberitahuan juga saat mengunjungi bengkel resmi Mazda.

"Kalau dia datang servis, pasti akan dicek VIN-nya apa yang perlu di-update,” tambahnya.

Dia kemudian menganalogikan hal ini dengan garansi kendaraan yang didasari pada kewajiban servis berkala supaya layanan tersebut tidak hangus.

"Contoh garansi, itu kan bisa gugur kalau tidak mengikuti histori. Dia harus servis 1.000 km, 3.000 km, 10.000 km. 30.000 km, tetapi tiba-tiba, maaf, setelah servis 1.000 km, selanjutnya dia servis di luar atau lupa servis, pasti itu gugur. Jadi harus ada kerja sama, antara konsumen dan kita," tambahnya lagi.

Sejauh ini, Mazda menyebut kalau 70-80 persen mobil konsumennya sudah diperbaiki.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini