home ×
Gadget

AirPods Apple Diledek Sana-sini, Tapi Bikin Tren Earphone Kekinian

19 December 2019 By
AirPods Apple Diledek Sana-sini, Tapi Bikin Tren Earphone Kekinian
Share
Share
Share
Share

(AirPods/Foto: Harpal Singh/Unsplash)

Uzone.id -- Siapa yang masih ingat pertama kali Apple merilis earphone nirkabel AirPods di tahun 2016? Bentuknya yang janggal tanpa kabel (namanya juga wireless) dan harga yang terbilang tinggi, banyak yang meledek AirPods.

Bukan apa-apa. Apple itu ‘kan dikenal sebagai perusahaan yang sering menjadi trendsetter. Dulu sih memang trendsetter soal teknologi dan inovasi, tapi hal yang ternyata membuktikan bahwa Apple menjadi trendsetter desain yang kekal bisa dilihat dari produk AirPods ini.

Dari kritikus, pemerhati teknologi, sampai netizen kala itu berbondong-bondong meledek AirPods. Kebanyakan sih memang meledek soal tampilan yang seperti earphone buntung, hingga bentuk yang menyerupai pengering rambut (hairdryer).

Hebatnya, AirPods membuktikan eksistensinya bukan cuma buat diledek di sana-sini, tapi berhasil menjadi tren headphone masa kini.

Pertama, AirPods seakan membuka ‘jalan’ bagi teknologi True Wireless Headphone. 

Baca juga: Advan Rilis Earphone Bluetooth Mirip Airpods, StartGo TWS

Konsep True Wireless Headphone padahal sudah ada sebelum AirPods lahir, lihat saja beberapa brand seperti Jabra, JBL, dan lain-lain. Mereka sudah dirilis lebih dulu.

Istilah True Wireless Headphone sendiri memiliki makna perangkat earbuds Bluetooth yang gak punya kabel dan kawat yang menghubungkan keduanya ke sumber audio atau suara seperti smartphone, pemutar MP3, tablet, dan lain-lain.

Karena semuanya sendiri-sendiri tanpa ada penghubung kabel, maka mikrofon dan baterai ditanam ke ‘rumah’ atau case si earbuds tersebut.

(Dok. CNET)

Ini adalah hal yang dibawa oleh AirPods sejak awal.

Seiring berjalannya waktu, AirPods malah menjadi ikon headphone kekinian, tak terkecuali jadi penanda status milenial tingkat tinggi. Di manapun orang pakai AirPods, pasti langsung menambah kesan kalau mereka memang melek teknologi, melek fesyen, dan lain sebagainya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Earphone Wireless Enco Free Oppo

Tak lama, brand teknologi mulai ikut-ikut merilis True Wireless Headphone bikinan sendiri. Dari yang desainnya sengaja tampil beda seperti Galaxy Buds dari Samsung yang sangat mungil, Mi True Wireless Earbud Basic dari Xiaomi, sampai beberapa produk yang secara gamblang meniru desain AirPods.

Sebut saja seri Freebuds dari Huawei, Enco Free Oppo, dan StartGo TWS dari Advan.

Sama-sama menyajikan headphone nirkabel masa kini dengan teknologi canggih seperti kendali dari sentuhan, teknologi noise canceling lebih maksimal, hingga baterai minimalis serta charging case, rasanya semua harus berterima kasih kepada Apple yang, lagi-lagi, membuktikan masih menjadi trendsetter urusan desain.

AirPods sendiri bagi Apple dilaporkan menjadi produk yang diramal akan membawa keuntungan besar sebesar US$8 miliar sampai akhir tahun 2019. Saking suksesnya, AirPods sudah hadir sampai generasi 3 meskipun banderolnya gak pernah murah, selalu di atas Rp2 juta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

8 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 12 January 2020 | 07:25:18

kalau gak mau punya yah sudah lah jangan di permasalahkan

andreanyp 04 January 2020 | 06:02:56

risiko jadi inovator banyak yg menjadikan trendsetter lucuan tapi its ok

pejuang 29 December 2019 | 20:29:27

meski di ledek tetapi banyak orang yang menggunakan nya

Batur Sadulur 20 December 2019 | 13:03:59

memang produk ini sangat bagus saya suka sekali

Syamsul Crash 19 December 2019 | 18:22:55

produk apple memang bagus tapi sayang nya harga nya mahal

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article