icon-category Technology

Akankah Kamera Smartphone Menggeser Kamera Digital?

  • 15 Nov 2017 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Perkembangan teknologi kamera di ponsel pintar saat ini bisa dibilang sangat pesat.

    Dari awalnya hanya berfungsi sebagai pelengkap, kini keunggulan fungsi kamera menjadi fitur utama saat ponsel hendak diluncurkan ke pasaran.

    Belakangan, dibenamkannya teknologi paling mutakhir memang membuat kamera di smarthphone menjadi begitu powerful, bahkan hasil fotonya mampu mengalahkan kamera digital.

    Hasil jepretan mumpuni inilah yang membuat fotografi smartphone kini tak lagi bisa diremehkan.

    Oscar Matuloh, salah seorang fotojurnalis senior mengakui bahwa hasil foto dari kamera handphone saat ini sudah begitu bagus dari segi kualitas.

    “Kalau skill memang balik lagi ke orang di belakang kamera, tapi kamera handphone sekarang sudah pakai lensa bagus-bagus!” Ujar Oscar saat menjadi pembicara di acara “Smartphone Photography Made Easy” di Menteng (14/11).

    Acara workshop yang digagas Samsung Mobile ini memang bertujuan untuk unjuk performa kamera Samsung Galaxy Note 8 terbaru mereka.

    Dengan dual camera beresolusi 12MP yang masing-masing sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), kamera Samsung Galaxy Note 8 memang menjanjikan jaminan kualitas untuk foto yang dihasilkan.

    “Kalau dulu reporter pakai kamera poket aja kita tolak, sekarang kamera handphone bisa kita terima kualitasnya,” ujar Oscar sambil menunjukan hasil foto menggunakan Galaxy Note 8 miliknya.

    Oscar menambahkan, bahkan saking cemerlangnya foto hasil jepretan kamera ponsel, majalah ternama macam Elle pernah menggunakan foto dari handphone sebagai cover depan majalah mereka.

     

    Kelebihan Lain

    Sepaham dengan Oscar, di kesempatan yang sama, David Soong seorang fotografer dan pendiri Axioo Photography justru punya pandangan lain tentang fotografi ponsel.

    Menurutnya, ada sisi psikologis positif yang mengikuti penggunaan ponsel saat memotret klien-kliennya.

    “Banyak orang yang merasa terintimidasi saat berhadapan dengan kamera besar, nah dengan handphone mereka justru lebih merasa rileks,” ujar David kepada para peserta workshop.

    David menambahkan ukuran ponsel pintar yang bisa masuk kantong memberikan keuntungan saat harus mengambil foto di tempat-tempat yang “sensitif” terhadap kamera profesional.

    Pria berkaca mata ini bahkan punya keinginan untuk bereksperimen suatu saat nanti memotret atau merekam video acara pernikahan kliennya menggunakan smartphone.

    “Saya kebayang pasti angle-angle yang gak mampu diambil kamera besar bisa diambil pakai handphone, dan hasilnya pasti lebih menarik,” ujarnya dengan mata berbinar.

    Sebagai penutup Oscar dan David bersepakat bahwa fungsi kamera ponsel pintar ke depannya sangat bisa menggeser peran kamera digital sebagai pilihan untuk memfoto baik dari sisi jurnalistik maupun dari segi komersial.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini